Widget HTML Atas

Pengertian Web Browser : Fungsi, Jenis dan Manfaat nya

Pengertian Web Browser : Fungsi, Jenis dan Manfaat nya


Pengertian Web Browser : Fungsi, Jenis dan Manfaat nya. Di artikel kali ini saya akan menulis secara singkat tentang Web Browser sekaligus dengan fungsinya

Pengertian Web Browser

Web browser adalah perangkat lunak (Aplikasi) yang dapat mencari, menyediakan, dan mengambil informasi yang ada di banyak sumber pada jaringan internet ataupun www. 

Pengertian dari web browser juga dapat disebut dengan suatu Aplikasi yang memiliki fungsi menerima, mengakses, menyajikan berbagai macam informasi di internet.

Web merupakan singkatan dari website, sedangkan browser adalah sebuah media untuk penjelajah. Jadi singkat nya web browser merupakan alat penjelajah berbagai macam situs halaman web yang ada di Internet. 

Disinlah pemakai internet mencari apa saja informasi serta berita yang mereka inginkan. Browser menjadi aplikasi dasar setiap pencarian informasi seluruh dunia sebagai tempat pertama yang menerima dan menampilkan semua pencarian yang diminta oleh pengguna. 




Fungsi Web Browser

Web browser memiliki fungsi sebagai gerbang penjelajah informasi bagi pengguna, khusus nya mereka yang tidak bisa lepas dari internet. 

Fungsi web browser sebagai berikut : 

  • Memudahkan mencari informasi 

Dengan memakai Web Browser, pengguna dapat mencari informasi apa saja yang pengguna butuhkan. Web Browser dapat memberikan informasi dari berbagai belahan dunia.

  • Menyimpan data pencarian di Internet

Bookmark memiliki fitur fungsi untuk penyimpan data di internet, maka pengguna dapat membuka lagi situs yang mereka cari sebelum nya tanpa harus menulis atau mengunjungi website di search engine.

  • Membuka file dengan ekstensi khusus

Contohnya, pengguna bisa membuka pdf dengan menggunakan web browser. Kemampuan yang dimiliki web browser bisa membaca, Html, CSS, JavaScript, PHP dan lain-lain.

  • Menjaga keamanan website

Melakukan proces verifikasi atau authentication sering dilakukan oleh web browser, agar situs website bisa memastikan  halaman website itu berbahaya atau tidak untuk dibuka / digunakan.

  • Mendukung pemakai mesin pencari (search engine)

Web browser tidak dapat dipisahkan dari search engine,karena search engine merupakan bagian peramban web yang dapat memudahkan pemakai untuk mencari informasi / data yang ada di internet.




Jenis Web Browser

  • Google Crome
  • Samsung Internet Browser
  • UC Browser
  • Mozilla Firefox
  • Opera Mini
  • Opera
  • Internet Explorer


Manfaat Web Browser

Melihat fungsi dari Web Browser yang ada diatas tadi, Web Browser memiliki manfaat sebagai berikut : 

  1. Memberi pengguna kemudahan saat mencari berbagai informasi yang berada di internet.
  2. Menolong pengguna untuk menyimpan berbagai informasi atau konten di Web Browser menuju ke dokumen di Komputer.
  3. Dapat dipakai untuk membuka banyak situs yang sangat bermanfaat bagi kegiatan pengguna / banyak orang.

Kesimpulan

Jadi Web browser adalah perangkat lunak (Aplikasi) yang dapat mencari, menyediakan, dan mengambil informasi yang ada di banyak sumber pada jaringan internet ataupun www. 

Mungkin cukup Artikel yang saya tulis diatas, semoga Artikel mengenai " Pengertian Web Browser, Fungsi, Jenis , dan Manfaat nya " , semoga bisa bermanfaat bagi si pembaca.

Terima Kasih.

 

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Web Browser : Fungsi, Jenis dan Manfaat nya"