Widget HTML Atas

Pengertian Web Developer : Jenis, Tugas dan Pekerjaan nya

Pengertian Web Developer : Jenis, Tugas dan Pekerjaan nya


Pengertian Web Developer : Jenis, Tugas dan Pekerjaan nya. Apa itu Web Developer, Bagaimana tugasnya dan apa pekerjaan nya. Nah disini kita akan membahas lebih dalam tentang pengertian web developer , tugas web developer dan apa pekerjaan nya.

Pengertian Web Developer

Web Developer adalah Pembangun Website yang bekerja untuk menyusun, membuat, dan menjaga situs web dan perangkat lunak website. Jadi bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website. Tugas utama seorang web developer adalah harus selalu menciptakan aplikasi dan layanan web yang konsisten dan efisien. Seorang Web Developer wajib berusaha memberikan dan memenuhi kebutuhan pembeli mereka.

Jenis Web Developer


  • Front-end Developer

Yang bertanggung jawab untuk membuat halaman web yang responsif secara menarik. Mereka bertanggung jawab atas tata letak situs web, untuk penerapan semua fitur desain, dan untuk cara pengunjung akan berinteraksi dengan sebuah situs. Pengembang front-end membutuhkan keahlian HTML, CSS, dan JavaScript.

  • Back-end Developer

Umum nya bekerja di dalam server sebuah situs website. jadi seorang web developer biasanya membuat sebuah perangkat lunak,menyusun kode pemograman untuk mengumpulkan dan save data dari pembeli, dan membuat situs web agar bisa dibaca oleh server.

  • Full stack Developer 

Umumnya mempunyai pengalaman yang lama, dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang pengembangan front dan back-end. Kelompok pembangun full-stack umumnya menjadi pengarah tim pengembang dan melihat aktivitas seorang web developer yang memiliki pengalaman rata-rata.

Tugas Web Developer

Sebagai Web Developer, Tugas yang seharusnya dikerjakan contoh nya sebagai berikut :

  • Merancang, mendesain, mengembangkan dan memodifikasi situs web. 
  • Mencari yang dibutuhkan user untuk di praktekan di konten, desain grafis, work fitur, dan capacity dalam sebuah situs Web internet/intranet/extranet.
  • Menginteraksikan situs website pada perangkat lunak komputer lainnya.
  • Menggabungkan komponen teks, gambar, suara, dan video kepada format yang kompatibel untuk situs web dengan menggunakan perangkat lunak  khusus dibuat untuk memfasilitas pembangunan situs web dan konten digital multimedia.



Pekerjaan Web Developer

Apa sih Pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh seorang Web Developer,

Berikut contoh pekerjaan seorang Web Developer :

  • Membuat situs 

Secara umum, tugas utama pengembang web adalah membangun situs melalui satu atau lebih bahasa pemrograman. Secara khusus, tugas mereka tak terkalahkan dengan peran masing-masing, seperti frontend , backend , atau database .

Frontend umumnya mengerjakan XP! Hidup XP Antarmuka Dan MENGGUNAKAN HTML Dan CSS. Lalu, backend mengerjakan tampilan belakang layar agar lebih efisien dan menggunakan PHP atau Python.

  • Membuat rencana pembuatan situs

Rencana pembuatan situs yang dibangun untuk melihat apa saja yang ada di dalamnya. Hal ini juga digunakan untuk menimbang bobot setiap halaman di dalam sebuah isu agar tidak ada permasalahan nantinya.

Rencana yang sudah dibuat akan diserahkan kepada seluruh orang dalam tim. Pembagian tugas akan dilakukan berdasarkan aplikasi masing-masing orang.

  • Melakukan pengetesan situs

Apabila situs sudah diluncurkan, bukan berarti tugas berakhir. Meski secara umum dikerjakan oleh jaminan kualitas tim , situs tes juga kerap dilakukan oleh orang-orang di peringkat ini.

Pengecekan ini dilakukan untuk melihat apakah ada masalah saat situs digunakan. Ada sedikit perusahaan,sering melakukan pengecekan dan dilakukan oleh beberapa orang agar masalah dapat ditemukan lebih cepat.

  • Membuat dan mengetes API

Antarmuka pemrograman aplikasi (API) adalah protokol komunikasi antara berbagai bagian yang rumit untuk menyederhanakan implementasi dan pemeliharaan perangkat lunak.

API biasanya digunakan sebagai perpustakaan dari sebuah situs yang dibangun.

Setelah dibuat, API akan langsung didokumentasikan. Hal ini karena API sangat penting untuk pengembangan dan pemeliharaan situs. 

  • Membuat dan bertanggung jawab atas dokumentasi 

Dalam posisi ini, dokumentasi pengerjaan adalah keharusan. Dokumentasi membantu memantau semua aspek dan meningkatkan kualitas situs.

Fokus utama adalah pengembangan, pemeliharaan, dan juga sebagai alat transfer ilmu ke orang lain.


Mungkin cukup sampai disini penjabaran tentang " Pengertian Web Developer, Tugas , dan Pekerjaan nya " ,semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Terima Kasih


Tidak ada komentar untuk "Pengertian Web Developer : Jenis, Tugas dan Pekerjaan nya "