Widget HTML Atas

Pengertian Web Server : Fungsi dan Contohnya

Pengertian Web Server :  Fungsi dan Contohnya

Pengertian Web Server :  Fungsi dan Contohnya. Pada era teknologi sekarang ini, banyak orang yang mulai mengerti akan pentingnya teknologi dan mencoba memahaminya. Salah satu contoh nya orang saat ini banyak yang mempelajari ilmu tentang Web Server. Di artikel kali ini saya akan menulis secara singkat tentang web server sekaligus dengan fungsinya.

Pengertian Web Server

Web server yaitu suatu perangkat lunak atau biasa disebut (software) yang memiliki fungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client atau (web browser) dan mengirim respon dari permintaan tersebut kepada client dalam bentuk halaman suatu web. 

Penjelasan singkat nya, definisi Web server adalah server yang memberikan layanan untuk client, dimana client tersebut meminta informasi yang ada hubungannya dengan halaman suatu web.

Fungsi Web Server

Fungsi Web server adalah untuk melakukan atau memberikan berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Situs halaman website yang diminta contohnya berkas teks, video, gambar, file dan lain-lain. Salah satu pemanfaatan Web server memiliki fungsi untuk mengirim seluruh aspek pemberkasan di dalam sebuah halaman web berupa teks, video, gambar dan lain-lain.

Jadi ketika kalian membuka suatu website, saat itulah kalian (sebagai client) meminta permintaan, kemudian jika alamat IP atau domain web sudah benar, web server akan merespon permintaan kalian dan selanjutnya akan memberikan file atau data yang tersimpan pada file storage atau database web tersebut.

Contoh Web Server

Ini merupakan salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache (Apache Web Server – The HTTP Web Server) adalah web server yang paling banyak digunakan di dalam Internet. Program ini dirancang untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache memiliki program mendukung yang sangat banyak. Hal ini memberikan banyak layanan yang lengkap untuk penggunanya.

Berikut contoh dari web server :

  • Apache Tomcat
  • Sun Java System Web Server 
  • Lighttpd
  • Microsoft windows Server 2003 Internet 
  • Information Services (IIS)
  • Zeus Web Server
  • Xitami Web Server

Contoh dukungan Apache :

• Control Akses

Control ini mampu dijalankan berdasarkan name host / nomer IP CGI (Common Gateway Interface) Salah satu yang paling banyak digunakan adalah PERL (Practical Extraction and Report Language), didukung oleh Apache,yaitu menempatkannya sebagai modul (mod_perl).

• PHP (Personal Home Page atau PHP Hypertext Processor)

Program dengan metode semacam CGI, yang memproses tulisan dan bekerja di server. Apache mendukung PHP dengan menempatkan sebagai modulnya (mod_php). Ini membuat kinerja PHP jadi lebih baik

• SSI (Server Side Includes)

Kesimpulan

Mungkin cukup Artikel yang saya tulis diatas, semoga Artikel mengenai " Pengertian web server, Fungsi ,dan Contoh nya " ,bisa bermanfaat untuk pembaca.

Terima Kasih.


Tidak ada komentar untuk "Pengertian Web Server : Fungsi dan Contohnya"