Widget HTML Atas

Pengertian Website : Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Website : Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Website : Fungsi dan Jenisnya. Perkembangan jaringan internet di Indonesia yang sangat pesat, membuat banyak orang yang mengenal website. Situs web banyak kalian kunjungi setiap bermain di internet.

Walaupun sudah banyak mengunjungi situs web setiap hari, mungkin masih banyak dari kalian yang masih belum mengetahui apa itu situs web. Melalui artikel ini saya akan membahas tentang Pengertian situs web beserta, Fungsi, dan Jenis - jenis nya.

Mari belajar tentang apa pengertian sebenarnya tentang Website.

Pengertian Website

Website adalah kumpulan-kumpulan halaman pada domain di internet yang dibuat untuk tujuan tertentu dan saling berhubungan dan bisa diakses secara meluas melalui halaman depan (front page)  dengan menggunakan sebuah browser dengan cara menuliskan URL/situs salah satu web.

Sebagai contoh, untuk alamat website AldianWeb : https://www.aldianweb.com/?m=1 , jika diklik akan menuju ke halaman depan web tersebut,seperti gambar dibawah ini :


Baca Juga : Pengertian Web Developer, Tugas , dan Pekerjaan nya 


Fungsi Website

Website memiliki banyak sekali Fungsi di kehidupan kita. Kalian dapat mengakses banyak media sosial menggunakan website. Sekarang Jual beli secara online juga banyak menggunakan Website. Ketika Kalian mencari suatu informasi atau berita penting, Kalian juga dapat mengaksesnya menggunakan situs website.

Fungsi Website tidak hanya itu, masih banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari Website ini . 

Fungsi Website dibawah ini :

  • Membangun Personal Branding

Fungsi atau manfaat website untuk diri pribadi, adalah website untuk personal branding. Dengan menggunakan situs web kalian bisa mendirikan personal branding yang kuat dan terpercaya.

Kalian juga dapat memberikan hasil karya dan portfolio kalian di website. Baik itu tulisan, foto, Lukisan, gambar, desain grafis, musik, dan video. Kalian juga bisa mendirikan personal branding dengan menggunakan web profesional.

  • Membagikan Cerita dan Informasi

Kalian pasti pernah membaca cerita tentang Raditya Dika Atau pernah membaca kisah perjalanan Trinity Traveler . Mereka berdua adalah salah satu dari sekian banyak blogger yang sukses hanya dengan berbagi cerita melalui website.

Kalian pun bisa seperti mereka hanya dengan terjun di dunia blogger. Dengan membuat blog, Anda juga bisa menuliskan cerita atau informasi tentang apa saja. Mulai dari travelling, parenting, teknologi, tempat wisata, bahkan kuliner.

  • Menghasilkan Sumber Uang

Banyak sekali cara agar dapat menghasilkan sumber uang dengan menggunakan website. Kalian juga dapat menjadi blogger atau influencer dan mendapatkan banyak pengikut atau tawaran kerja sama oleh salah satu brand terkenal. Kalian juga dapat memakai Website ke Google AdSense agar mendapatkan uang dari iklan Google.

Kalian juga dapat mengikuti program pemasaran afiliasi untuk mendapatkan penghasilan dari website. Tugas kalian hanya sebagai affiliate marketer untuk mengembangkan produk atau jasa dari perusahaan lain ke website kalian. Kemudian  kalian bisa mendapatkan gaji jika kalian membeli melalui Website kalian.


Baca Juga : Pengertian Web Programmer, Tugas ,dan Pekerjaan nya 


Jenis - Jenis Website

Disini saya akan memberikan apa saja sih jenis-jenis website, website memiliki 3 jenis yaitu website berdasarkan Sifat, Platform, dan Fungsinya :

  • Website berdasarkan Sifat

1. Web Statis

Secara singkat nya, website statis dapat dikatakan sebagai website yang isi dan konten nya tidak berubah. Setiap laman dibuat menggunakan kode pemograman HTML dan menampilkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung website. Hanya webmaster atau developer yang dapat melakukan pembaruan pada konten website statis ini.

2. Web Dinamis

Website dinamis yaitu website yang isinya selalu di perbarui secara berkala. Banyak website yang bersifat dinamis karena lebih mudah untuk dikelola daripada website statis. Website dinamis memaparkan kontennya dari database yang umumnya hanya bisa dijalankan oleh webmaster atau developer.

  • Website berdasarka Platform

1. CMS

Content Management System (CMS). CMS yaitu software atau sistem yang dipakai untuk membuat dan mengelola konten digital.

2. Website Builder

Website builder yaitu platform yang membantu kalian untuk membuat suatu website dengan mudah dan cepat, tanpa perlu pemahaman kode program atau kemampuan desain sama sekali.

3. HTML dan CSS

Metode membuat website yang terakhir ini menggunakan pengetahuan tentang bahasa pemograman yang menggunakan HTML dan CSS. Kalian bisa menulis kode program untuk website menggunakan perangkat lunak seperti Notepad++, Text Wrangler, dan Sublime.

  • Web berdasarkan Fungsinya

1. Blog atau Website Pribadi

2. Ecommerce/Toko Online

3. Website Perusahaan

4. Blog (Content Marketing)

5. Organisasi atau Instansi Pemerintah

6. Media Sharing

7. Komunitas Online, dan

8. Website Berita

Kesimpulan

Jadi Pengertian Website adalah kumpulan-kumpulan halaman pada domain di internet yang dibuat untuk tujuan tertentu dan saling berhubungan dan bisa diakses secara meluas melalui halaman depan (front page)  dengan menggunakan sebuah browser dengan cara menuliskan URL/situs salah satu web.

Semoga Informasi diatas tentang " Pengertian Website : Fungsi dan Jenisnya " bermanfaat untuk pembaca, Sekian Terima Kasih

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Website : Fungsi dan Jenisnya"