Widget HTML Atas

Pengertian Sistem Basis Data dan Komponen Basis Data

Pengertian Sistem Basis Data dan Komponen Basis Data

Pengertian Sistem Basis Data dan Komponen Basis Data. Di artikel kali ini saya akan menulis secara singkat tentang " Pengertian Sistem Basis Data dan Komponen Basis Data ".

Pengertian Sistem Basis Data 

Sistem ialah sebuah aturan (keterpaduan) yang terdiri dari beberapa komponen fungsional (dengan satuab fungsu dan pekerjaan khusus) yang sama-sama terkait dan secara bersama mempunyai tujuan untuk penuhi satu proses tertentu. Sebuah kendaraan bisa sebagai wakil sebuah sistem yang terdiri dari komponen pemantuk/starter (untuk memeulai pengapian), komponen pengapian (untuk pembakaran BBM yang membuat torak bekerja), komponen pendorong/torak (untuk gerakkan roda),

komponen pengereman (untuk perlambat dan hentikan pergerakan

torak dan roda), komponen perlistrikan (untuk aktifkan speedometer,

lampu, dan sebagainya) yang secara bersama melakukan peranan ken.

daraan pada umumnya, yaitu sebagai fasilitas transportasi.


Basis data hanya sebuah object yang pasif la ada karena ada pembikinnya. la tidak pernah bermanfaat bila tidak ada pengurus dan pendorongnya. Sebagai pengurus atau pendorongnya langsung ialah program/program (software). Kombinasi ke-2 nya (basis data dan pengurusnya) hasilkan sebuah Sistem Karenanya,pada umumnya sebuah Sistem Basis Data adalah sistem yang terdiri dari kelompok tabel data yang sama-sama terkait (dalam sebuah basis data dalam suatu sistem computer) dan beberapa kumpulan program (yang umum disebutkan DBMS/Data Base Management Sistem) yang memungkinkannya beberapa pengguna dan/atau program lain untuk terhubung dan merekayasa tabel- tabel data itu.


Lebih jauh kembali, dalam sebuah sistem basis data, selengkapnya akan ada beberapa komponen khusus sebagai berikut ini:

Perangkat Keras (Hardware)

2. Sistem Operasi (Operating System)

3. Basis Data (Database)

4. Sistem (Program/Perangkat Lunak) Pengurus Basis Data (DBMS)

5. Pengguna (User)

6. Program (Perangkat Lunak) yang lain memiliki sifat optional, maknanya tidak harus ada)


Komponen Sistem Basis Data

1. Perangkat Keras

Perangkat keras atau hardware yang biasanya ada dalam sistem basis data ialah computer, hard disk, memory sekunder off line (removable disk, fd), perangkat komunikasi jaringan.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi ialah program yang direncanakan untuk aktifkan sistem computer dan mengatur semua sumber daya yang ada didalamnya terhitung operasi- operasi landasan computer. seperti Windows, Unix dan Linux.

3. Basis Data

Komponen ialah beberapa kumpulan data yang terorganisir secara baik hingga data itu gampang tersimpan, dijangkau, dan dapat diakali. Sistem basis data bisa terbagi dalam beberapa basis data yang mempunyai data setiap.

4. Database Management Sistem atau DBMS

DBMS atau database management sistem ialah program program khusus yang direncanakan untuk bikin dan mengurus database yang ada. Sistem ini berisi koleksi data dan set program yang dipakai untuk terhubung database itu.

DBMS ialah software yang berperanan dalam mengurus, simpan, dan ambil data kembali. Adapun proses yang dipakai sebagai pendamping ialah pengaman data, stabilitas data dan pemakai data bersama.

Contoh dari DBMS ialah Microsoft Access, MySql, Oracle databse, Sybase, Borland-Interbasi, PostgreSQL dan lain-lain.

5. Pemakai atau User

User adalah komponen database yang berhubungan langsung dengan database. Ada banyak type pemakai, salah satunya, programmer program, Pemakai mengusai (kasual user), pemakai umum (pengguna akhir) dan pemakai khusus (specialized user)

6. Aplikasi atau Perangkat Lain

Aplikasi ini bergantung keperluan, pengguna basis data dapat dibuatkan program khusus untuk lakukan pengisian, perubahan atau ambil data yang gampang dalam penggunaanya. Program itu ada yang ada langsung dalam DBMS atau dibikin memakai program lain misalnya Visual Basic.


Tidak ada komentar untuk " Pengertian Sistem Basis Data dan Komponen Basis Data"