Widget HTML Atas

Pengertian Teks Eksplanasi : Struktur, Ciri - Ciri dan Contoh Singkat

Pengertian Teks Eksplanasi : Struktur, Ciri - Ciri dan Contoh Singkat


Pengertian Teks Eksplanasi : Struktur, Ciri - Ciri dan Contoh Singkat | Mungkin dari kalian disini masih belum mengetahui tentang Teks Eksplanasi, setelah ini saya akan memberikan informasi kepada anda tentang apa pengertian teks eksplanasi, dan beserta informasi lain nya pada teks eksplanasi. Berikut ini adalah artikel tentang teks eksplanasi :


Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu ilmu pengetahuan, peristiwa alam, budaya, sosial dan lain nya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik itu peristiwa alam ataupun sosial yang bisa terjadi di lingkungan sekitar kita, pasti selalu memiliki keterikatan atau hubungan sebab akibat dan proses nya.

Peristiwa alam maupun sosial yang terjadi di sekitar lingkungan kita, harus nya tidak hanya kita lihat dan rasakan saja, tetapi sekaligus kita gunakan untuk pembelajaran. Kenapa peristiwa ini dapat terjadi dan bagaimana bisa terjadi peristiwa seperti ini.

Baca juga : Pengertian teks prosedur : Struktur, Ciri - ciri, Tujuan dan contoh nya


Struktur Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi sudah saya jelas kan diatas, dan berikut ini saya tuliskan tentang apa saja struktur dari teks eksplanasi itu. Teks ini memiliki 3 struktur pembangun agar menjadi teks yang utuh, Struktur teks eksplanasi yaitu :

  • Pernyataan Umum : berisi pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan proses terjadinya / proses keberadaan nya.
  • Urutan sebab akibat : berisi mengenai detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  • Interpretasi : berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan.


Ciri - Ciri Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah ciri - ciri dari teks eksplanasi, antara lain yaitu :

  • Struktur nya adalah pernyataan umum, sebab akibat, dan interpretasi.
  • Informasi yang ada didalam teks eksplanasi berupa informasi fakta.
  • Informasi fakta tersebut biasa nya memuat informasi tentang ilmu / pengetahuan seperti ilmu sains.
  • Memiliki sifat informatif / hanya memberi informasi saja dan tidak memiliki tujuan untuk mempengaruhi seseorang agar percaya oleh informasi tersebut.
  • Menggunakan sequence markes.


Contoh Teks Eksplanasi

 Banjir

Banjir adalah salah satu bencana alam yang sering terjadi di sebagian daerah di Indonesia . Cuaca hujan yang sering terjadi mengakibat kan bendungan meluap sehingga mengakibat kan banjir. Biasa nya banjir sering terjadi pada daerah yang dekat dengan penampung air / pun sungai - sungai.


Banjir bisa disebab kan oleh 2 kemungkinan atau faktor. Yaitu faktor sosial dan faktor alam. Faktor alam contohnya adalah hujan yang sering terjadi dalam waktu yang cukup lama. Sementara faktor sosial adalah perilaku masyarakat yang tidak menjaga kebersihan alam sekitar nya, contohnya membuang sampah di sungai, menebang hutan liar. Namun, faktor sosial adalah faktor utama yang menyebabkan banjir.

Baca juga : Pengertian teks prosedur : Struktur, Ciri - ciri, Tujuan dan contoh nya

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari artikel yang saya tulis diatas mengenai Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu ilmu pengetahuan, peristiwa alam, budaya, sosial dan lain nya bisa terjadi.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Teks Eksplanasi : Struktur, Ciri - Ciri dan Contoh Singkat "