Widget HTML Atas

Pengertian teks prosedur : Struktur, Ciri - ciri, Tujuan dan contoh nya


Pengertian teks prosedur : Struktur, Ciri - ciri, Tujuan dan contoh nya


Pengertian teks prosedur : Struktur, Ciri - ciri, Tujuan dan contoh nya | Mungkin disini masih banyak yang belum mengetahui apa sih Teks Prosedur itu?, nah maka dari itu anda tepat berada disini karena  disini kami akan membahas tentang Teks Prosedur lengkap dengan struktur, ciri, beserta contoh nya. Sebelum ke pembahasan utama nya saya akan menjelaskan secara singkat tentang teks prosedur. Teks prosedur umum nya berada didalam tulisan dan didalam nya berisi  tentang suatu langkah - langkah atau tutorial untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Jadi, disaat kita ingin melakukan atau menyelesaikan sesuatu pekerjaan atau aktivitas, harus mengikuti langkah yang ada secara urut. Tentunya bisa berakibat bahaya apabila tidak dilakukan sesuai petunjuk yang diberikan.

Berikut ini pembahasan tentang Teks Prosedur beserta struktur, ciri dan contoh nya, :


Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisi tentang cara dan tujuan untuk membuat, melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang telah di tentukan. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), prosedur berarti tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas.

Teks Prosedur dapat sangat mudah untuk dikenali, dikenali mulai dari isi nya ataupun segi kebahasaan dari teks prosedur itu sendiri. Tanpa kita sadari, sebenarnya banyak sekali contoh teks prosedur yang berada dilingkungan kita saat ini.


Ciri - Ciri Teks Prosedur

Teks prosedur dapat mudah dibedakan dengan teks lain nya. Berikut ini saya berikan ciri - ciri dari teks prosedur , yaitu :

  • Biasa nya menggunakan kalimat bisa berupa larangan / saran.
  • Berisi kalimat langkah - langkah secara runtut, baik itu disusun dengan angka ataupun paragraf.
  • Memiliki isi yang merujuk kepada suatu benda / objek.
  • Disusun dengan kalimat yang detail, dan urut atau sistematis.


Tujuan Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki tujuan agar memudah kan seorang pembaca ataupun pendengar agar dapat mengikuti langkah - langkah atau perintah yang telah ditulis pada teks dan akhir nya bisa sesuai dengan yang telah ditulis kan.


Struktur Teks Prosedur

  • Tujuan

Tujuan pada teks prosedur adalah pengantar umum sebagai penanda apa yang akan dibuat atau dilakukan dan motivasi dalam melakukan nya.

  • Bahan dan Alat

Berisi mengenai rincian bahan dan alat yang digunakan untuk melakukan kegiatan yang telah dituliskan

  • Langkah - langkah

Berisi tentang instruksi untuk melakukan sesuatu kegiatan dengan runtut dan bertahap, biasa nya ditulis dengan angka ataupun paragraf.

  • Penutup

Biasa nya berisi tentang kalimat keuntungan dari proses yang telah dituliskan, dan ucapan selamat karena sudah mengikuti langkah dengan benar.


Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Kopi Susu

Alat :

  1. Teko
  2. Sendok
  3. Gelas
  4. Kompor

Bahan :

  1. Bubuk Kopi
  2. Susu kental manis
  3. Gula
  4. Air

Langkah - langkah :

  1. Pertama rebus air menggunakan teko.
  2. Sambil menunggu air mendidih, masukan kopi , gula dan susu ke dalam gelas.
  3. Setelah air sudah mendidih, tuangkan kedalam gelas.
  4. Kopi susu siap untuk disajikan.



Kesimpulan


Jadi kesimpulan dari artikel diatas adalah Teks prosedur adalah teks yang berisi tentang cara dan tujuan untuk membuat, melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang telah di tentukan.


Tidak ada komentar untuk "Pengertian teks prosedur : Struktur, Ciri - ciri, Tujuan dan contoh nya"