Widget HTML Atas

11 Peluang Usaha Pertanian Menguntungkan

Peluang Usaha Pertanian Menguntungkan


Peluang Usaha Pertanian Menguntungkan - Usaha Pertanian cukup terkenal di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang di kenal sebagai negara agraris. Negara yang mayoritas warganya mempunyai mata pencarian bertani atau berkebun. Keadaan ini membuat sektor pertanian dan perkebunan selalu menjadi peluang usaha bagu masyarakat Indonesia. Sektor ini juga dapat di jadikan sebuah usaha yang sangat menguntungkan. Juga ada beberapa usaha di bidang pertanian yang hanya membutuhkan modal kecil.

Semua orang tentu ingin mempunyai usaha yang memberikan keuntungan yang sangat besar. Apabila anda telah mempunyai pengetahuan dasar pada sektor pertanian, mengapa kamu tidak berusaha untuk memulai usaha pertanian ini ?. Untuk anda yang mempunyai hoby di bagian pertanian dan mempunyai spirit menjalankan bisnis. Saya memiliki beberapa rekomendasi usaha di bidang pertanian

Baca Juga : 6 Cara Agar Usaha Sukses dan Lancar

11 Contoh Usaha Pertanian Menguntungkan 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi dan contoh usaha pertanian yang menguntungkan. Juga ada beberapa usaha yang hanya membutuhkan modal kecil :

1. Usaha Pertanian Berjualan Bibit Tanaman

Menanam merupakan aktivitas yang asik sekaligus melatih kesabaran. Aktivitas ini bisa juga menjadi media orangtua untuk mengajarkan anaknya di rumah. Anda dapat berjualan bibit tanaman yang umum dan terkenal, seperti bibit kangkung, bayam, cabe, jagung, kentang, dan sebagainya. Jualan bibit tanaman cukup menguntungkan, karena bibit tanaman mempunyai nilai harga jual yang lumayan tinggi.


2. Usaha Pertanian Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik tidak kalah menarik untuk di jadikan sebagai peluang usaha saat ini. Apa lagi untuk mereka yang tidak mempunyai halaman luas untuk berkebun. Selain bisnis berjualan tanaman hidroponik, anda bisa juga melangsungkan evaluasi langkah menanam tanaman hidroponik. Sehingga anda bisa juga menjual perlengkapan yang di perlukan untuk menanam dan mengajak warga agar dapat menanam tanaman hidroponik sendiri.

Baca Juga : Usaha Franchise Makanan Terlaris

3. Usaha Pertanian Berjualan Pupuk

Berjualan pupuk dapat hasilkan keuntungan yang sangat besar. Karena pupuk mempunyai harga jual yang cukup mahal. Tetapi modal untuk membuatnya tidak mahal. Anda juga bisa membeli pupuk dari produsen dengan harga beli yang cukup murah. 

Anda juga bisa memproses pupuk sendiri dengan mesin yang kamu miliki. Oleh karena itu kamu dapat mendapatkan beberapa keuntungan dari pupuk yang kamu olah sendiri. Tetapi kamu harus mempelajari beberapa cara memproses pupuk dan jenis-jenis pupuk yang ada. Karena ada banyak macam pupuk yang dipakai untuk tipe tanaman yang berbeda.


4. Usaha Pertanian Berjualan Tanaman Organik

Meskipun harga lebih mahal, tanaman organik masih di cari oleh beberapa orang yang inginkan bahan baku untuk kebutuhan makanan yang sehat. Anda juga dapat menjual tanaman organik yang di tanam sendiri dan mengarah ke beberapa ibu rumah-tangga. Anda dapat menjual di harga yang lebih murah ketimbang sayur organik yang berada di supermarket.


5. Usaha Pertanian Berjualan Bahan Obat Herbal

Obat medis sudah terbukti klinis untuk mengobati bermacam penyakit. tetapi sebagian orang banyak yang lebih memilih beberapa obat herbal untuk dikonsumsi. Jangan salah, rupanya beberapa bahan yang digunakan untuk obat herbal harganya bisa sangatlah mahal. Bahkan juga ada yang harganya capai juta-an rupiah untuk beberapa gram saja.

Baca Juga : Inspirasi Jualan Makanan Online

6. Usaha Pertanian Jualan Jus Buah

Jus buah memang segar dan menyehatkan,oleh karena itu jus buah begitu enak di konsumsi kapan saja. Anda dapat berjualan bermacam jus buah dan menginovasikan toppingnya. Tidak hanya menjual jus buah, anda bisa juga membuat jus dari buah yang di tanam sendiri. Sehingga tidak perlu membeli buah dari supplier atau dari pasar yang tidak anda kenali kualitasnya. Anda juga dapat meningkatkan usaha buah kamu, apa lagi kamu menanam buah secara organik.


7. Usaha Pertanian Jualan Makanan Sehat

Sebagian orang mulai memperhatikan masalah kesehatan tubuh mereka. hingga mereka lebih memilih makanan sehat untuk dimakan. Makanan sehat yang mereka perlukan harus memenuhi beberapa faktor, yakni bahan baku organik, kandungan nutrisi yang pas, dan jatah yang sesuai keperluan. Nah untuk bahan bakunya, anda dapat menanamnya sendiri. Anda juga dapat menanam sayur, bawang, cabe, buah, dan bahan baku yang lain.


8. Usaha Pertanian Tanaman Hias

Kemungkinan dalu mengumpulkan tanaman hias hanya di laksanakan oleh orangtua, tetapi sekarang hobi ini telah menyebar ke beberapa anak muda. Memang mengumpulkan tanaman hias mempunyai keasikan tertentu dan bisa mempercantik rumah.

Ada banyak tanaman hias yang mempunyai nilai begitu tinggi, sehingga akan menguntungkan untuk kamu. Cermati tanaman yang tengah trend dalam masyarakat dan usahakan kamu dapat menjualnya dengan lengkap. Usaha ini dapat kamu satukan dengan usaha jualan bibit tanaman dan jualan pupuk.

Baca Juga : Ide Bisnis di Masa Pandemi

9. Jadi Blogger Sektor Pertanian

Tentu beberapa orang yang terjun langsung ke lapangan membutuhkan tutorial untuk memulai usaha, hingga mereka pastinya membaca artikel atau jurnal berkenaan pertanian. Nach kamu menjadi beberapa orang yang membuat artikel atau jurnal.

Dengan pengetahuan usaha pertanian yang anda punya, anda dapat share pengetahuan kamu lewat website di internet atau basis online yang lain. Bila tulisan-tulisan anda telah banyak di baca orang, kamu dapat membuat suatu web pertanian dan memperoleh uang disana.

Baca Juga : Peluang Usaha Ternak Modal 1 Juta

10. Jualan Hasil Pertanian Melalui Marketplace

Masa sekarang apa saja dapat di pasarkan lewat cara online, bahkan hasil pertanian bisa juga. Anda juga harus menjual hasil pertanian anda melalui marketplace. karena marketplace akan mempermudah penjual dan pembeli untuk metode transaksinya. 


11. Usaha Pertanian Berjualan Rempah-rempah

Makanan asli Indonesia populer dengan bermacam jenis rempah-rempahan yang dipakai, hingga makanan Indonesia selalu mempunyai keunikan tertentu. Ini membuat rempah-rempah selalu di cari dan di pakai untuk bahan memasak. Coba kamu untuk pertimbangkan usaha rempah-rempah, karena modalnya tidak besar kok! Kamu hanya sediakan tempat dan dalami langkah menanamnya.

Baca Juga : Usaha Toko Kelontong Modal Kecil

Demikian pembahasan artikel tentang Peluang Usaha Pertanian Menguntungkan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dari saya, Terima Kasih.


Tidak ada komentar untuk "11 Peluang Usaha Pertanian Menguntungkan"