Widget HTML Atas

Pengertian Teks Deskripsi : Struktur, Ciri, Tujuan dan Contohnya

Pengertian Teks Deskripsi : Struktur, Ciri, Tujuan dan Contohnya


Pengertian Teks Deskripsi : Struktur, Ciri, Tujuan dan Contohnya  - Teks diskripsi masuk di dalam kelompok teks nonfiksi. Di mana teks nonfiksi ialah teks yang isinya memiliki sifat aktual.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi berarti penjabaran atau penggambaran kalimat yang pasti dan terperinci. 

Dari sisi istilah, deskripsi yaitu suatu bentuk karangan yang menggambarkan suatu hal sesuai kondisi yang sesungguhnya. Pembaca bisa lihat, dengar, mencium, dan merasakan apa yang di gambarkan itu sesuai citra penulisnya.


Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang mendeskripsikan atau menjelaskan suatu object dengan jelas dan terinci. Maka pembaca seakan-akan merasakan apa yang di tulis atau di gambarkan penulis. Isi dalam teks deskripsi menggambarkan object secara nyata.


Struktur Teks Deskripsi

Pasti banyak yang bertanya, sebutkan dan jelaskan struktur teks deskripsi, atau Tuliskan struktur teks deskripsi. Biasanya, teks deskripsi di susun oleh empat komponen dasar yakni:


  • Judul : untuk melihat apa isi dari deskripsi itu. 
  • Identifikasi : sebagai kalimat pengantar mengenai apa yang akan ada di teks deskripsi.
  • Klasifikasi : urutan posisi atau penggolongan dari topik yang akan diulas.
  • Deskripsi : keterangan secara rinci mengenai topik yang diulas.


Baca Juga : pengertian teks prosedur struktur dan cirinya

Ciri - Ciri Teks Deskripsi

Teks Deskripsi mempunyai sifat-sifat tertentu yang bisa dengan gampang di kenal oleh pembacanya. Tuliskan ciri-ciri teks deskripsi. Beberapa ciri dari teks deskripsi yaitu:


  1. Setiap paragraf berisi deskripsi atau penggambaran.
  2. Keterangan yang di ilustrasikan benar-benar detail dan mendalam.
  3. Mengikutsertakan kesan indra hingga pembaca turut membayangkan apa yang di bahas.
  4. Menerangkan ciri-ciri fisik atau psikis object


Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks deskripsi yaitu merinci atau menggambarkan objek dari pemikiran penulis agar pembaca bisa merasakan, melihat, dan dengar objek yang di jelaskan dengan terperinci.


Baca Juga : pengertian teks eksplanasi struktur

Contoh Teks Deskripsi

Gunung Bromo sebagai salah satu gunung sebagai tujuan rekreasi alam favorit di Jawa Timur. Terletak antara empat kabupaten, yakni Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, dan Malang. Ketinggian gunung Bromo kurang lebih 2.329 M. Ada kawah di tengah-tengah gunung ini. Untuk mendaki gunung dan menyaksikan kawah, pengunjung harus lewat padang pasir. Jika siang hari, cuaca akan terik tetapi udaranya masih dingin. Pasir kerap berterbangan, saat ada angin kencang. Tetapi kalau pada subuh atau pagi hari udaranya benar-benar dingin.


Kesimpulan

Demikian artikel tentang Pengertian Teks Deskripsi : Struktur, Ciri, Tujuan dan Contohnya. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Teks Deskripsi : Struktur, Ciri, Tujuan dan Contohnya"