Widget HTML Atas

Usaha Toko Kelontong Modal Kecil


Usaha Toko Kelontong Modal Kecil



Bisnis Toko Kelontong Modal Kecil - Tidak lama ini sudah hampir banyak masyarakat  indonesia yang kehilangan lapangan pekerjaannya. Jalan satu-satunya agar bisa tetap menyambung hidup mereka yaitu dengan cara membuka usaha kecil.Walaupun kecil, setidaknya bisa mencukupi kebutuhan ekonomi mereka untuk saat ini. Apabila usaha kecil ini bisa berjalan lancar, bisa saja mereka akan sukses ke depannya.

Sebenarnya banyak sekali contoh usaha rumahan yang sudah di jalankan oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan mandiri. Mulai dari usaha kuliner, reseller, dropshiper dan masih banyak lagi. Tak heran banyak pengusaha kecil baru yang muncul akhir-akhir ini. Bagi Anda yang juga ingin membuka peluang usaha. Saya ada beberapa contoh usaha yang memiliki penghasilan lumayan. Rekomendasi saya yaitu usaha toko kelontong modal kecil.

Di masa yang seperti ini, banyak bermunculan usaha toko kelontong. Alasan nya karena jelas semua orang dengan berbagai usia pasti membutuhkan barang yang di jual di toko tersebut. Seperti kebutuhan pokok sehari - hari yang sering di gunakan oleh banyak orang.

Tidak hanya memenuhi dan menyediakan kebutuhan dapur saja. Usaha Toko kelontong juga menjual barang-barang lain, seperti bensin,rokok dan makanan ringan. 

Walaupun sekarang banyak tersedia toko ritel modern, tetapi tidak juga membuat Usaha toko kelontong menjadi terpinggirkan. Masih banyak masyarakat yang lebih memilih untuk belanja di Toko Kelontong dan warung, terutama di wilayah pedesaan atau perkampungan.

Baca Juga : Franchise Minuman

Tentang Usaha Toko Kelontong


Apa Saja Yang dijual di Toko Kelontong?


Berikut ini adalah daftar barang yang bisa anda jual untuk membangun Usaha Toko Kelontong :

  1. Beras
  2. Minyak Goreng
  3. Gula
  4. Kopi (KG/Sachet)
  5. Telur
  6. Mie Instan
  7. Aneka Jajanan Snacks
  8. Berbagai Jenis Tepung
  9. Aneka Bumbu Penyedap
  10. Sabun Cuci ( Baju, Piring )
  11. Gas Elpiji
  12. Bensin
  13. Minuman Botol
  14. Rokok
  15. Alat Tulis (Buku,Pensil,Bolpoin)

Berapa Modal Membuka Usaha Toko Kelontong?


Untuk modal membuka Toko Kelonton sebenarnya tergantung berapa macam barang yang anda jual. Untuk membeli barang-barang yang saya sebutkan di atas, hanya membutuhkan modal kurang lebih 2 juta. Itupun juga sudah memenuhi toko kelontong anda. Yang terpenting telaten untuk memulai, pasti nanti toko anda akan berkembang.

Apa Manfaat Toko Kelontong?


Manfaatnya adalah memenuhi kebutuhan produk masyarakat dalam partai yang kecil. Biasanya masyarakat lebih senang dengan toko kelontong karena bersifat segera dan bisa membeli dengan jumlah kecil / sedikit.


Tips Agar Usaha Toko Kelontong Sukses


Bagi Anda yang sudah memiliki pikiran untuk membuka Usaha Toko Kelontong. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar Toko anda bisa sukses, berikut tips nya :

Mencari Tempat yang Strategis


Anda bisa membangun toko di tempat yang memiliki banyak orang. Lebih baik lagi jika membuka Usaha Toko Kelontong di depan rumah karena bisa lebih menghemat biaya. Usahakan di sekitar tempat tersebut masih minim orang yang membuka toko.

Sesuaikan Modal untuk Usaha Toko Kelontong


Setelah mendapat tempat yang cocok untuk membuka usaha, selanjutnya pikirkan dan catat terlebih dahulu apa saja barang yang hendak di jual. Baiknya jika membeli barang yang sering di butuhkan sehari-hari seperti sembako.

Untuk membeli peralatan di toko, anda membutuhkan meja, etalase, rak dan bisa anda tambahkan. Lebih baik anda mencicil untuk membeli beberapa barang saja, dan mulai hitung dan mengumpulkan untung. Selanjutnya anda bisa menambah dan mengembangkan Usaha Toko Kelontong tersebut.

Cari Tau Kebutuhan Pembeli di Sekitar Toko Kelontong


Anda bisa membaur ke masyarakat di sekitar tempat tersebut, dan tanyakan barang apa saja yang sulit di cari disana. Tampung semua keluhan dari mereka dan catat berapa modal yang harus anda keluarkan.

Setelah semua barang sudah di catat, selanjutnya cari tempat dimana anda bisa membeli barang tersebut yang paling termurah. Biasanya anda bisa membeli dengan harga grosir dan bisa mendapat untuk yang lebih banyak.

Persiapkan Tempat Penyimpanan Barang


Tips ini agar saat terjadi kenaikan harga barang, Usaha Toko Kelontong anda akan tetap mendapatkan keuntungan. Tentunya dengan stok yang tidak terlalu berlebihan, agar tidak menumpuk dan mencegah kerusakan barang dagangan. 

Cara ini di lakulan oleh setiap pengusaha pemula ataupun pengusaha lama agar mendapat keuntungan yang jauh lebih besar saat harga barang-barang naik. Simpan di tempat yang bersih agar kualitas barang tetap terjaga.

Berikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan


Mungkin Usaha Toko Kelontong di buka didepan rumah anda dan pembelinya juga tetangga sekitar. Tetapi anda harus memberikan pelayanan dengan baik, agar pembeli juga merasa senang belanja di Toko anda.

Pembeli juga tidak hanya merasa di layani dengan baik, tetapi juga akan timbul rasa kalau dirinya di hormati.

Tata Barang Dagangan agar terlihat rapi


Penataan mulai dari meja dan rak, tata sedemikian rupa agar terlihat bersih dan rapi. Juga tata barang dagangan anda sesuai jenisnya, agar mudah untuk mencari.

Pembeli akan merasa nyaman apabila belanja di tempat yang bersih. Ini adalah salah satu cara agar Usaha Toko Kelontong anda bisa sukses. 

Kesimpulan


Demikian artikel tentang Usaha Toko Kelontong Modal Kecil, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Jika kita melakukan suatu pekerjaan dengan telaten, kedepan nya kita pasti berhasil. Serta harus di sertai dengan doa dan usaha.

Tidak ada komentar untuk "Usaha Toko Kelontong Modal Kecil "