Widget HTML Atas

Cara Membuat Pivotable di Microsoft Excel

Cara Membuat Pivotable di Microsoft Excel


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat pivotable di MsExcel. Untuk membuat pivotable sebenarnya cukup mudah. Anda hanya cukup menyorot atau klik satu sel pada table project, yang akan di gunakan untuk pivotable. Nantinya Microsoft Excel akan otomatis melakukan analisis terhadap sel yang di sorot pada table tersebut.

Menggunakan Pivotable untuk Menghitung Jumlah

Menggunakan Pivotable untuk Menghitung Jumlah

1. Buka project table pada MsExcel yang akan di hitung jumlah

2. Kemudian Klik salah satu sel dari tabel (misalkan A3 dari range A2:D15)

3. Setelah itu Klik  Insert -> pilih PivotTable

4. Nanti akan terbuka jendela Create PivotTable

5. Di bawah Tulisan Create Pivotable akan ada opsi Choose the data that you want to analyze.

6. Pilih Select Table Range, nantinya MsExcel secara otomotasi memilih sel dan range yang sesuai missal (Sheet1!$A$2:$D$15). Anda juga dapat mengganti sel dan range yang nantinya akan di hitung jumlah.

7. Pada opsi Choose where you want the PivotTable report to be placed, di pakai untuk menentukan lokasi Pivot Table yang di buat. Terdapat 2 pilihan : 

  • New Worksheet - Ms Excel akan membuat sheet baru untuk PivotTable.
  • Existing Worksheet - Menempatkan PivotTable pada sheet yang aktif. Saran saya gunakan Existing Worksheet, karena penggunaannya lebih mudah. Anda tinggal memasukkan nama sel yang kosong untuk penempatan PivotTable missal ( E1 ).

8. Kemudian Klik OK

9. Setelah itu Anda dapat melakukan centang pada PivotTable Fields, untuk analisis mencari jumlah pada table project. Tabel Pivot yang di bentuk, berdasarkan urutan anda mencentang fields.

Baca Juga : Pengertian Basis Data dan Manfaatnya

Penutup

Demikian artikel tentang Cara Membuat Pivotable. Anda bisa mencari referensi lain semisal di Yt untuk lebih tau berbagai tutorial MsExcel. TerimaKasih!


Tidak ada komentar untuk " Cara Membuat Pivotable di Microsoft Excel"