Widget HTML Atas

Video Conference : Pengertian, fungsi dan contoh aplikasi

Video Conference : Pengertian, fungsi dan contoh aplikasi

Video Conference : Pengertian, fungsi dan contoh aplikasi – Pada tahun 2020 kemarin adalah tahun di mana pandemi mulai menyebar di Indonesia. Akibatnya banyak perusahaan yang meniadakan kegiatan di dalam kantor. Hampir seluruh kegiatan perkantoran di kerjakan di rumah. Hal ini juga yang membuat  aplikasi teleconference menjadi terkenal. Karena banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi meeting online untuk bisa tetap terhubung.

Pengertian Video Conference

Video Conference adalah suatu teknologi telekomunikasi yang mampu menghubungkan 2 orang atau lebih, yang berada di lokasi berbeda untuk melakukan komunikasi tatap muka. Teknologi ini sangat efektif bagi para pengguna yang memiliki pekerjaan di bidang bisnis, perusahaan dari berbagai kota atau daerah yang berbeda.

Teknologi Video Conference ini tentunya sangat berguna di masa pandemi seperti ini. Para pekerja di perusahaan juga bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya. Biasanya di masa pandemi perusahaan akan mengadakan rapat dan pertemuan rutin melalui teknologi video conference ini. 

Baca Juga : Pengertian Web Conference dan Manfaatnya

Fungsi Video Conference

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari video conference :

1. Sektor bisnis

Pada bidang bisnis, video conference memiliki fungsi untuk memudahkan membentuk koneksi tatap muka dan berkomunikasi dengan beberapa mitra maupun pelanggan dari beberapa daerah yang berbeda. Sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan menghemat pengeluaran biaya transportasi dari kedua belah pihak.

2. Penggunaan pribadi

Untuk penggunaan pribadi, video conference memiliki fungsi untuk memudahkan berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga yang berada di daerah berbeda. Serta mampu membantu pribadi untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri dan memperlancar komunikasi dengan seseorang.

3. Masyarakat

Pada masyarakat, video conference memiliki fungsi untuk memudahkan melakukan kegiatan yang sering di adakan. Contohnya seperti pengajian maupun kajian, dengan itu kegiatan tersebut tetap bisa di laksanakan secara online dengan video conference.

4. Bidang pendidikan

Pada bidang pendidikan, video conference memiliki fungsi untuk memudahkan kegiatan belajar siswa saat masa pandemi. Sekarang semua kelas melakukan kegiatan tatap muka yang di akses secara online.

5. Bidang kesehatan

Pada bidang kesehatan video conference memiliki fungsi untuk menanggapi semua masalah kesehatan dengan cara online. Jadi pasien tidak perlu mendatangi klinik atau rumah sakit karena sekarang ada aplikasi telemedicine seperti halodoc.

Baca JugaPengertian Web Programmer : Tugas dan Pekerjaan nya

Contoh Aplikasi

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi video conference yang banyak di gunakan :

1. Zoom

Aplikasi video conference zoom ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki pengguna terbesar sejak adanya pandemi. Zoom ini memiliki penawaran banyak kemudahan dan fitur yang bisa di coba secara gratis maupun paket premium. Video conference zoom ini  bisa mengundang hingga 100 peserta meeting dengan dukungan video,text,audio, dan lainnya.

2. Google Meet

Selain Google Classroom yang menyediakan fitur kelas secara online, google juga memiliki google meet yang bisa melakukan konferensi online. Untuk memakai aplikasi ini, memerlukan akun GSuite yang nantinya memudahkan untuk mengundang lebih banyak peserta. Juga tersedia paket premium apabila ingin mendapatkan lebih banyak fitur.

3. Go To Meeting

Go To Meeting merupakan web conferencing software yang juga bisa anda coba. Software ini memiliki beberapa fitur andalan yaitu mengatur ruang pertemuan/meeting dengan url, real time desktop, dan menyimpan semua rekaman pertemuan online di cloud computing. 

Penutup

Demikian artikel tentang Video Conference : Pengertian, fungsi dan contoh aplikasi. Jadi Video Conference adalah suatu teknologi telekomunikasi yang mampu menghubungkan 2 orang atau lebih, yang berada di lokasi berbeda untuk melakukan komunikasi tatap muka. Sekian Terima kasih!


Tidak ada komentar untuk " Video Conference : Pengertian, fungsi dan contoh aplikasi"