Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Memory HP Samsung J2 Prime Cepat Habis

Mengatasi Memory HP Samsung J2 Prime Cepat Habis


Cara Mengatasi Memory HP Samsung J2 Prime Cepat Habis - Kemungkinan anda pengguna HP Samsung J2 Prime banyak yang mengeluhkan memory internal cepat habis walau sebenarnya aplikasi yang diinstal masih sedikit. rencanakan instal game favorite menjadi gara-gara memory tidak mencukupi. Lantas apa yang perlu dilakukan, apa ada trik supaya memory perangkat di J2 Prime itu dapat dibuat lega?, silakan baca penjelasannya berikut ini.

Adapun permasalahan internal memory yang penuh walau masih sedikit memasang aplikasi seperti WA, BBM, Facebook, Telegram dan sedikit aplikasi lain, tetapi belum memenuhi kembali untuk mengunduh yang lain.

Harus dipahami bahwasanya di spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime kemampuan memory internalnya tertulis 8 GB. Sebetulnya itu bukan memory internal murni tetapi ROM, yang salah satu ruangnya dipakai untuk sistem dan firmware Handphone.

Jadi 8 GB yang berada di memory galaxy J2 tidak dapat kita gunakan semua, kita dapat melihat jika di saat pertama beli, walau sebenarnya J2 Prime belum memasang aplikasi apa saja apapun memory perangkat cuman sisa kurang lebih 3,5 GB saja dan yang lain telah terpakai oleh sistem.

Belum juga jika kita ingin lakukan selfie atau record video dari HP J2 Prime, tentu saja akan membuat memory internalnya cepat habis.

Ditambahkan lagi jika kita sering mengirim video dan foto dnegan teman di Whatsapp, click file video atau gambar akan otomatis masuk ke folder whatsApp di galeri dan mengurangi ruang memory perangkat (internal memory).

Cara membuat memory internal J2 Prime longgar

Oleh karena itu, memory HP samsung galaxy J2 Prime yang kita punyai harus di maksimalkan secara khusus, supaya kita bisa memperoleh kapasitas memory internal yang lega dan cukup buat memasangkan aplikasi yang lain kita inginkan.

Karena itu silahkan baca tips longgarkan memory perangkat di HP J2 Prime berikut: 

1. Ganti penyimpanan Kamera

Panduan pertama untuk memperlonggar kapasitas memory interal J2 Prime yaitu memindah ruangan penyimpanan default untuk menu camera.

Pada settingan bawaan HP, aplikasi camera memakai ruang penyimpanan internal untuk menyimpan hasil jepretan photo atau video.

Pada HP J2 Prime hal itu gampang untuk disiasati yaitu dengan memasangkan kartu eksternal yaitu MicroSD dan mengubah runag penyimpanan camera ke kartu SD itu. 

2. Pindah aplikasi ke Kartu SD

Sama dengan aplikasi camera, pindahkan instalasi dan data aplikasi yang awalnya ada di intern ke external memori (MicroSD).

Yang harus diingat, tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke kartu SD, apa lagi untuk aplikasi bawaan HP Samsung, tidak bisa dipindahkan semua letaknya tanpa akses root di dalamnya.

3. Pakai fitur Pengoptimal Perangkat

Pada HP samsung galaxy J2 Prime disediakan fitur yang menurut termasuk canggih dan instant untuk membersihkan file sampah, sehingga menambahkan ruang memory perangkat dan membersihkan RAM dari file yang tidak diperlukan sistem.

4. Pindah Data ke kartu MicroSD

Pindahlah data dalam HP J2 Prime, baik itu photo, video, document dan yang lain ke kartu memory eksternal.

Untuk mengetahui data apa yang berada di memory internal J2 Prime dapat memakai aplikasi 'file saya' atau file manager bawaan HP selanjutnya mengubahnya ke memory eksternal.

5. Hentikan Aplikasi Bawaan HP tidak terpakai

Admin percaya tidak seluruhnya aplikasi bawaan HP Samsung J2 Prime kita pakai. Lebih bagus matikan proses aplikasi sehingga tidak makan resource memory karena datanya yang tetap jalan.

Seperti contoh, di HP J2 Prime ada aplikasi punya Microsoft seumpama Excel, Word, Powerpoint dan aplikasi yang lain dan tak pernah anda pakai, kerjakan penonaktifan aplikasi.

Untuk aktifkan aplikasi mudah sekali dilaksanakan, silakan ke menu Pengaturan, selanjutnya ke pilihan Aplikasi, lalu tentukan salah satunya aplikasi yang ingin mengaktifkan dan tekan saja tombol Non-aktifkan.

6. Tidak perlu menginstal antivirus

Sebetulnya sistem di android J2 Prime telah mempunyai tingkat keamanan tinggi . Maka tidak boleh paksa meng-install antivirus yang justru akan menambahkan beban memory dan beban sistem.

Intinya, supaya terbebas dari Virus, jangan sampai dipakai karena dipasang tidak dari play-store yang rawan malware atau virus.

7. Lepas aplikasi yang tak perlu

Hilangkan atau hapus aplikasi yang sudah anda instal tetapi tak pernah atau jarang dipakai. Dapat dibayangkan bila tiap aplikasi mempunyai file sejumlah 50 MB maka sepuluh aplikasi saja telah makan memory intern 500 MB.

Jadi seleksi aplikasi mana di HP J2 Prime yang tidak mau dibuang karena jarang-jarang dijalankan. Toh kelak jika ingin memakainya kembali dapat dengan mudah mengunduhnya dari Play-store

8. Setting Letak Download data Aplikasi

Kadang terjadi, pemakai aplikasi WhatsApp dan FB di HP Samsung J2 Prime merasa memorinya cepat penuh walau yang terinstall hanya sedikit dan yang sering dimainkan cuman WhatsAPP dan Facebook.

Harus diingat, jika pada aplikasi WhatsApp, pengaturan penyimpanan data saat ada pesan masuk berbentuk gambar atau video karena itu secara otomatis akan disimpan di memory internal HP.

Begitupun untuk aplikasi Facebook, saat Anda mendapatkan pesan masuk atau suka video di time line teman, karena itu aplikasi akan membuat file cache yang tidak memiliki ukuran kecil dan disimpan di memory internal J2 Prime.

Jalan keluarnya, untuk Anda pengguna Whatsapp, mengatur penyimpanan ke mode manual, tidak otomatis diunduh saat ada di jaringan WiFi atau data.

Begitupun untuk pengguna Facebook, sering-seringlah bersihkan cache handphone atau aplikasi supaya file sampah tidak menumpuk dan penuhi memory perangkat samsung J2 Prime.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Memory HP Samsung J2 Prime Cepat Habis"