Widget HTML Atas

4 Cara Mendinginkan Laptop yang Panas

4 Cara Mendinginkan Laptop yang Panas

4 Cara Mendinginkan Laptop yang Panas - Laptop biasanya mengalami panas berlebihan, hal ini di karenakan ruang untuk aliran udara di dalamnya sangat terbatas. Nah untuk Anda yang sering mengalami hal ini dan masih bingung bagaimana cara mendinginkan laptop yang panas. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendinginkan laptop yang panas.

Cara Mendinginkan Laptop yang Panas

Saat laptop Anda mulai panas, itu tanda jika ada permasalahan pada laptop. Coba lakukan hal berikut untuk membantu menurunkan suhunya. Berikut adalah beberapa cara mendinginkan laptop yang panas :

1. Biarkan Laptop Beristirahat

Cara paling simpel yang dapat anda kerjakan yaitu dengan mematikan laptop. Matikan laptop dan diamkan selama beberapa saat sampai suhu laptop yang panas tadi turun, dan jika di sentuh laptop benar-benar dingin atau tidak panas. Tetapi bila tidak memungkinkan untuk mematikan laptop, kamu dapat lakukan cara yang ke-2  sampai ke-4.

2. Kurangi Beban pada Processor

Saat kamu sering jalankan program yang membutuhkan banyak pemrosesan, karena itu komponen yang berkaitan harus bekerja lebih keras. Itu adalah sebab laptop kamu jadi panas. Ini dapat terjadi bila kamu jalankan beberapa aplikasi dalam saat yang bersamaan. Bila hal tersebut terjadi, lakukan langkah-langkah berikut ini: 

  • Tutup semua aplikasi dan browser yang tidak kamu pakai
  • Putuskan sambungan semua perangkat USB yang tersambung
  • Turunkan resolusi layar pada laptop

3. Periksa Pengaturan Daya

Periksa konfigurasi pengaturan daya pada laptop anda. Kerjakan konfigurasi daya hingga daya yang digunakan sesuai keperluan laptop anda. Sehingga laptop anda tak perlu memakai kecepatan processor maksimum. Untuk mengkonfigurasinya di Windows 10, ini yang perlu kamu kerjakan :

  1. Pilih opsi Power di start menu.
  2. Pada pilihan Power dan sleep pilih Pengaturan daya tambahan (additional power settings).
  3. Pilih Balanced (recommended).
  4. Selanjutnya tentukan Ubah pengaturan paket (Change rencana settings)
  5. Pilih setelan ‘On battery' dan ‘Plugged in', samakan dengan laptop kamu
  6. Selanjutnya tentukan ‘Change advanced power settings'
  7. Arahkan cursor ke atas Pengaturan daya untuk melihat deskripsinya. Saat mengatur daya, samakan tiap pengaturan supaya sesuai penggunaan laptop anda.
  8. Selanjutnya klik Apply and OK, selanjutnya Save changes.

4. Membersihkan Ventilasi Laptop Anda

Saat kotoran atau debu menyumbat ventilasi udara laptop anda, ini dapat jadi salah satu penyebab laptop anda jadi panas. Ini karena kotoran atau debu yang menyumbat menghalangi saluran udara internal dan memerangkap panas.Ventilasi laptop umumnya ada di samping, belakang, dan di bawah laptop. Sesudah kamu mendapati sirkulasi laptop coba cek apa ada kotoran atau debu. Bila iya segera matikan laptop dan membersihkan ventilasi memakai kuas.

Untuk permasalahan sirkulasi, kamu harus rajin memeriksanya. Karena kotoran atau debu yang menyumbat ventilasi ialah pemicu umum laptop jadi panas. Lantas untuk perawatannya kamu dapat memakai penghisap debu komputer atau kuas untuk membersihkan. Dan jangan lupa pastikan laptop kamu ditempatkan di lokasi yang betul. Tidak disarankan untuk menempatkan laptop di permukaan yang halus seperti selimut.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai 4 Cara Mendinginkan Laptop yang Panas. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "4 Cara Mendinginkan Laptop yang Panas"