Widget HTML Atas

7 Fitur di Smartphone yang Jarang Diketahui Kegunaannya, Apa Saja?

Fitur di Smartphone

7 Fitur di Smartphone yang Jarang Diketahui Kegunaannya, Apa Saja? - Teknologi yang sudah semakin canggih sekarang ini, membuat banyak inovasi yang dihadirkan untuk memudahkan kebutuhan para penggunanya. Salah satunya yaitu smartphone yang dianggap multifungsi. Selain bisa untuk berkomunikasi, smartphone juga bisa diandalkan untuk hal lainnya. Bahkan, tidak sedikit para produsen gadget yang menghadirkan fitur-fitur canggih yang membuatnya menjadi lebih mudah digunakan dan bermanfaat bagi kehidupan banyak orang. 

Oleh karena itu, kalau kamu punya smartphone, manfaatkan fitur-fitur yang ada di smartphone sebaik mungkin agar kamu juga bisa menjadi lebih “smart” dalam menggunakan HP. Namun sayangnya, masih ada beberapa fitur smartphone yang jarang diketahui kegunaannya, oleh banyak orang. 

Ingin tahu apa saja fitur-fitur tersebut dan fungsinya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Asisten Digital

Fitur di Smartphone

Ada beberapa smartphone yang dilengkapi aplikasi asisten digital, seperti Siri pada iPhone, Bixby milik Samsung, dan Google Now di Android. Fungsi fitur ini dianggap dapat memudahkan kegiatan kita dalam menggunakan ponsel. Karena hanya cukup membuka fitur dan berbicara pada Asisten Digital, aplikasi ini otomatis akan melaksanakan apa yang kamu perintahkan, misalnya mencari suara, informasi dan mengingatkan jadwal yang dinilai penting. 

2. VPN (Virtual Private Network)

Fitur di Smartphone

VPN atau Virtual Private Network adalah layanan koneksi yang bisa memberikan penggunanya mengakses apa saja di internet secara aman, tanpa diketahui orang lain. 

Fitur ini juga mampu membuat performa jadi lebih baik dan membuka website yang telah diblokir oleh pemerintah. Meski begitu, kamu harus tetap bijak dalam membuka website-website yang memang berbahaya, ya!

3. Mode Multi-Window

Fitur di Smartphone

Buat kamu yang ingin membaca e-book sambil mendengarkan lagu di YouTube, kamu bisa memanfaatkan mode multi-window. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu smartphone. Namun, untuk sekarang ini, tidak semua smartphone mempunyai fitur mode ini. 

4. Sensor Detak Jantung

Fitur di Smartphone

Kini, sudah banyak smartphone yang dibekali dengan fitur sensor detak jantung. Namun, masih banyak orang yang belum tahu dan jarang menggunakan fitur satu ini. Padahal, fitur ini mampu mengumpulkan data detak jantung pengguna di smartphone, sehingga pengguna bisa memantau kesehatan jantungnya setiap saat.

Dengan fitur sensor detak jantung, kamu juga bisa bikin rencana kedepan agar kesehatan jantung kamu tetap terjaga. 

Baca juga : Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot

5. Battery Saver

Fitur di Smartphone

Berikutnya, ada fitur battery saver. Kalau kamu sedang tidak membutuhkan ponsel dalam waktu yang lama,  ada baiknya aktifkan fitur battery saver untuk menghemat pemakaian baterai smartphone kesayanganmu. 

6. Mode Malam

Fitur di Smartphone

Fitur yang satu ini berguna untuk mengurangi efek cahaya biru yang dihasilkan oleh alat elektronik seperti smartphone. Cahaya biru itu dinilai sebagai sinar paling berbahaya bagi retina. Saat menembus bagian luar mata, cahaya tersebut akan mencapai retina dan dapat mengakibatkan efek jangka panjang yang berupa kerusakan mata. 

Jadi, fungsi mode malam ini berguna sekali untuk mengurangi efek cahaya biru pada smartphone kamu, sehingga dengan mengaktifkan mode malam, kesehatan mata kamu akan tetap terjaga. 

7. Proximity Sensor

Fitur di Smartphone

Beberapa produsen gadget biasanya melengkapi produk smartphone-nya dengan proximity sensor. Proximity sensor memiliki fungsi untuk melindungi layar sentuh dari gesekan atau sentuhan yang tidak disengaja.

Umumnya, fitur ini ditempatkan di dekat lubang suara atas pada smartphone. Nantinya, sistem akan mengetahui ketika kamu melakukan panggilan telepon, dan layar otomatis akan mati sementara untuk menghemat pemakaian daya baterai, walau dipakai menelepon. 

Kini, sudah tahu kan apa saja fitur-fitur di smartphone yang jarang diketahui kegunaannya. Dari tujuh fitur di atas, mana nih fitur yang belum pernah kamu coba? 


Tidak ada komentar untuk " 7 Fitur di Smartphone yang Jarang Diketahui Kegunaannya, Apa Saja?"