Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Black Screen di Windows 10

Cara Mengatasi Black Screen di Windows 10

Cara Mengatasi Black Screen di Windows 10 - Sudah pernahkah kamu mengalami black screen atau layar hitam di Windows 10? Umumnya, beberapa pengguna akan melihat layar yang warna hitam dan hanya ada kursor saja yang diperlihatkan saat mengalami permasalahan itu. 

Tetapi, kalian tidak boleh perlu cemas. Masalahnya ada cara-cara untuk mengatasi black screen di Windows 10 agar bisa normal kembali. Kamu tak perlu membawa ke tempat servis dahulu, karena permasalahan ini bisa kamu tangani sendiri.

Cara Mengatasi Black Screen di Windows 10

Tak perlu cemas saat Windows 10 mengalami black screen. Kamu bisa masih bisa mengatasinya sendiri. Black Screen Sebelum Masuk Lockscreen. Saat laptop maupun PC di hidupkan, perangkat akan mengalami booting dan diarahkan ke lockscreen untuk masukkan sandi atau pin. Nah, ketika booting itu umumnya permasalahan black screen bisa terjadi ke para penggunanya.

Tentu saja pengguna tidak dapat mengakses lockscreen karena layar masih tetap hitam. Untuk mengatasinya kalian perlu memakai cara-cara di bawah ini :

1. Cek keadaan layar

Cara pertama untuk mengatasi black screen di Windows 10 dengan memeriksa keadaan layar kalian lebih dulu. Lihat statusnya sesudah menekan tombol Power apa lampunya menyala atau tidak. Jika lampunya menyala tetapi layarnya masih hitam, kamu pencet tombol gabungan Windows + Ctrl + Shift + B.

Jika merespon, pertanda kamu akan mendengar suara "bip", lalu layarnya akan meredup atau berkedip-kedip saat Windows coba me-refresh layar. Berbeda jika lampu status power tidak menyala, kamu harus pencet terus tombol Power selama 10 detik untuk mematikannya. Kemudian, cabut adaptornya dan diamkan 30 detik. Kamu dapat memasangkannya kembali dan memulai ulang perangkat.

2. Hapus Antivirus melalui "safe mode"

Jika permasalahan layar hitam masih terjadi, cara yang lain mengatasi black screen di Windows 10 ialah hapus antivirus pihak ke-3 . Umumnya software antivirus mengakibatkan Windows 10 mengalami layar hitam.

Untuk menghapusnya, masuk ke Windows lewat Safe Mode, lalu pilih "Dari Layar Hitam atau Kosong". Kemudian klik Mulai > Pengaturan > Aplikasi/Sistem > Aplikasi dan Fitur Baru.

Pilih antivirus yang ingin dihapus dan re-start laptop atau PC kamu.

3. Lakukan Clean Boot

Belum juga berhasil ? Tenang saja, kemungkinan kamu wajib melakukan clean boot. Tetapi, untuk lakukan cara ini kamu akan kehilangan sementara beberapa fungsi perangkat.

Masuk ke perangkat sebagai Administrator. Jika belum mempunyai akunnya, kamu perlu membuat dahulu. Kemudian, di kolom penelusuran di taskbar cari "msconfig".Lalu pilih "Konfigurasi Sistem" dan membuka tab "Service" > klik "Hide all Microsoft service" > "Disable all".

Selanjutnya buka tab "Startup" > klik "Non-aktifkan". Setelah semuanya sudah dilaksanakan, tutup Task Manager dan click OK.

4. Latar hitam sesudah masuk ke Windows 10

Keadaan lainnya Windows 10 mengalami black screen ialah saat masuk ke desktop. Langkah pertama kali yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi black screen di Windows 10 saat keadaan ini ialah mengikuti langkah-langkah di atas lebih dulu. Jika belum juga berhasil, ikuti langkah berikut ini.

5. Restart Explorer.exe

Pencet tombol gabungan Ctrl + Alt + Del untuk membuka Task Manager. Membuka tab Process, lalu mencari Windows Explorer. Klik kanan di Windows Explorer, tentukan Mulai Ulang.

6. Tunda pembaruan driver Display Adapter

Jika belum juga berhasil, kamu coba rollback up-date driver kartu grafis kalian. Masuk ke Windows lewat safe mode, lalu pilih "From black or blank screen". Ketikkan Device Manager di kolom penelusuran, lalu pilih Display Adapter, click kanan dan pilih "Property". Membuka tab Driver, pilih Rollback Driver, click Ok.

7. Hapus instalan driver Display Adapter

Umumnya up-date driver secara otomatis dilaksanakan di Windows 10 jika pemakainya memperbarui sistem operasi itu. Jika cara mengatasi black screen di Windows 10 di atas masih tidak bisa, berarti kamu harus hapus instalan driver Display Adapter-nya. Setelah driver-nya di hapus, matikan perangkatnya lebih dulu, lalu hidupkan kembali.

Penutup

Kamu yang sudah ikuti cara-cara mengatasi black screen di Windows 10 yang di jelaskan, semestinya perangkat kamu dapat normal kembali. Jika belum bisa masuk ke layar desktop, coba periksa hardware yang di pasang apa keadaannya bagus atau tidak. Kadang permasalahan layar hitam bisa juga di sebabkan dari hardware yang mulai rusak.


Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Black Screen di Windows 10"