Widget HTML Atas

Cara Rekam Layar (Screen Record) di Laptop dan PC

 

Cara Rekam Layar (Screen Record) di Laptop dan PC dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Cara Rekam Layar (Screen Record) di Laptop dan PC dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi - Dengan meningkatnya pembuat konten pemula seperti di Instagram, Youtube, TikTok dan sosial media yang lain. Membuat pencarian tentang bagaimana cara merekam layar laptop dan PC cukup meningkat tajam.

Biasanya pembuat konten yang memakai media rekam layar yaitu pembuat konten seperti gaming, tutorial, review produk digital dan masih banyak lagi.

Tetapi, selain di pakai oleh para pembuat konten, kenyataannya cara merekam layar laptop dan PC juga bisa di gunakan untuk berbagai hal lain. Seperti record meeting online dan juga record video call dengan keluarga. Bisa juga setelah Anda memasang aplikasi Photoshop dan menggunakan media rekam layar untuk merekam tutorial Photoshop secara mudah.

Cara Rekam Layar (Screen Record) di Laptop dan PC dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Untuk kalian yang belum juga mengetahui bagaimana cara merekam layar laptop dan PC. Berikut akan kami berikan beberapa cara untuk rekam layar dengan mudah.

1. Cara Screen Record Laptop atau PC Tanpa Aplikasi

Cara merekam layar laptop atau PC tanpa aplikasi ini hanya dapat dipakai pada laptop atau PC yang memakai OS Windows 10. Tetapi cara ini hanya bisa anda gunakan hanya untuk Windows 10 build 15019 dan di atasnya (Creators Update) saja. Maknanya tidak semua Windows 10 mempunyai fitur ini, maka dari itu sebaiknya untuk mengecek versi Windows kalian lebih dahulu.

Caranya dengan memakai Game Bar. Game Bar sebagai fitur baru yang dihadirkan untuk para gamer. Saat komputer mengaktifkan fitur ini karena itu kerja komputer menjadi lebih maksimal.

Nama fitur ini adalah Game Bar, bukan hanya di gunakan untuk mengoptimasi komputer saja, tetapi salah satu fitur dari Games Bar dapat di pakai juga untuk rekam layar laptop atau PC. Berikut caranya :

  1. Aktifkan fitur Game Bar. Caranya adalah dengan masuk ke menu settings, pilih gaming dan hidupkan fitur Game Bar.
  2. Jika sudah aktif selanjutnya tinggal tekan WinKey + G. WinKey ini tombol yang berlambang Windows di samping CTRL. Perlu kalian ketahui jika perintah WinKey+G ini cuma dapat dilaksanakan saat kita sedang membuka sebuah aplikasi.
  3. Kemudian kalian tinggal menekan tombol record yang berbentuk bundar merah.
  4. Layar laptop atau PC kalian otomatis akan terekam.
  5. Apabila sudah selesai, tinggal tekan tombol Stop Recording.
  6. File hasil rekaman akan disimpan di folder Capture, dalam Videos. Folder Videos berada di folder "This PC". Pola file yang terekam adalah mp4.

2. Cara Screen Record Laptop atau PC dengan Aplikasi VLC

Selain memakai aplikasi bawaan Anda bisa juga memakai aplikasi rekam layar laptop atau PC dari pihak ke 3 . Aplikasi yang dapat kalian pakai ialah VLC Player. Ini cara merekam layar laptop atau PC memakai VLC Player :

  1. Install lebih dulu aplikasinya. Apabila sudah, buka VLC Player.
  2. Pilih Media.
  3. Pilih Open Capture Device.
  4. Mencari bagian capture mode, lalu pilih Desktop.
  5. Click tanda panah ke bawah yang berada di samping tombol Play dan pilih Convert.
  6. Mengatur destinasi file rekaman kalian itu. 
  7. Klik Start untuk memulai merekam.
  8. Apabila sudah selesai hanya klik Stop Recording.
  9. File rekaman juga telah disimpan di destinasi yang kalian tentukan barusan

Penutup

Demikian Cara Rekam Layar (Screen Record) di Laptop dan PC dengan Aplikasi dan tanpa Aplikasi. Anda tinggal mengikuti langkah di atas dan semoga berhasil. Jika ada kesalahan mohon maaf dan sekian terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Cara Rekam Layar (Screen Record) di Laptop dan PC"