Widget HTML Atas

Berikut 6 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Berikut 6 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan -Untuk memulai usaha ternak tentunya harus memikirkan modal dan juga untung. Nah pada kesempatan kali ini aldianweb.com akan memberikan contoh usaha ternak modal 300 ribu yang menguntungkan.

Di masa seperti saat ini, usaha ternak memang cukup menarik minat masyarakat indonesia. Banyak orang mulai merintis usaha peternakan ini, salah satunya adalah mencoba memulai usaha ternak modal 300 ribu.

Usaha ternak cukup ramai peminatnya, karena di rasa sangat menguntungkan. Hal ini di karenakan hanya dengan trend masa kini yaitu memulai usaha ternak rumahan dengan modal kecil, keuntungan yang di dapat juga tak main-main.

Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan

Sebentar lagi aldianweb.com akan membahas tentang beberapa contoh usaha ternak. Anda bisa mencoba salah satu usaha ternak di bawah sesuai dengan minat. Berikut ini adalah contoh usaha ternak modal 300 ribu yang menguntungkan :

1. Usaha Ternak Lele Modal 300 Ribu 

Usaha peternakan modal 300 ribu yang pertama ini merupakan bisnis ternak yang paling banyak menarik perhatian dari berbagai usia. Bagaimana tidak, permintaan pasar terhadap ikan lele ini jarang pernah surut.

Selain itu, lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup di gemari masyarakat indonesia karena harganya yang relatif murah.

Sebagai usaha ternak, ikan ini pun termasuk murah karena daya tahan lele terhadap penyakit termasuk cukup kuat. Hal ini dapat mengurangi biaya perawatan terhadap ikan.

Bahkan, hanya dengan modal usaha ternak 300 ribu saja, Anda sudah bisa memulai ternak ikan lele. Dengan modal kolam terpal maupun drum berukuran sedang, Anda bisa mulai usaha ternak bibit lele dengan jumlah sedikit.

Masa panen ikan lele ini terbilang cepat dan permintaan pasar juga cukup stabil, sehingga hanya dengan usaha ternak modal kecil kamu bisa mendapat keuntungan cukup besar.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele dengan Mudah dan Benar

2. Usaha Ternak Kambing

Membuka usaha ternak kambing dengan modal 300 ribu. Untuk merintis usaha ternak kambing modal kecil, Anda bisa mencoba bekerja sama dengan penjual kambing. Coba sampaikan penawaran dengan cara bagi hasil.

Anda bisa menawarkan diri menjadi orang yang merawat kambing tersebut. Sedangkan, penjual hanya bertugas untuk memasarkan usaha ternak kambing tersebut.

Dengan cara seperti itu, Anda tidak perlu repot membuat kandang untuk memulai usaha ternak karena sudah di sediakan penjual. Hal ini bisa mengurangi modal awal dalam usaha ternak kambing.

Baca Juga : 10 Cara Memulai Usaha Ternak Kambing yang Baik dan Benar

3. Usaha Ternak Jangkrik

Usaha ternak ini menjadi pilihan usaha ternak modal 300 ribu yang harus Anda pertimbangkan. Karena usaha ini sangat menjanjikan, rata-rata peminat jangkrik ini adalah orang yang memelihara burung, ikan dan lainnya.

Hewan yang dulunya sering kita jumpai di mana saja, kini berubah menjadi salah satu peluang usaha ternak yang termasuk cukup mahal harganya.

Salah satu penyebab mahalnya harga jangkrik ini karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Masyarakat, terutama penggemar burung dan juga ikan hias, percaya bahwa jangkrik merupakan makanan berkualitas untuk hewan tersebut.

Yang perlu Anda siapkan adalah kotak jangkrik paling sedikit 3 buah, wadah bekas telur ayam, voer ayam, sayuran dan juga telur jangkrik.

Hanya dengan bekal modal kecil, Anda bisa mulai membuka usaha ternak modal kecil dan juga lahan sempit untuk jangkrik dengan skala yang kecil.

Seiring berjalannya waktu, jangkrik yang Anda ternak akan berkembang biak cukup pesat dan akan bisa segera balik modal dan mendapatkan untung.

Untung tersebut bisa Anda gunakan untuk mengembangkan skala usaha ternak Anda menjadi lebih besar.

Baca Juga : Cara Usaha Ternak Jangkrik dengan Mudah dan Benar, Bisa dengan Modal Kecil

4. Usaha Ternak Ayam

Hanya dengan usaha ternak modal 300 ribu, Anda sudah bisa memulai usaha ternak ayam ini. Misalnya usaha ayam kampung dalam skala kecil.

Untuk kandang, Anda cukup membangun semi kandang dengan jaring atau pagar bambu kecil untuk menjaga ayam agar tidak kabur. Bagi Anda yang memiliki halaman luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai usaha ternak ayam. Anda juga bisa membiarkan ayam tersebut berkeliaran.

Sebagai pemilik usaha ternak, kondisi kesehatan hewan ternak bergantung pada pakan serta lingkungan kandang. Hal inilah yang wajib selalu Anda perhatikan.

Jika Anda memperhatikan kebersihan lingkungan dan kualitas pakan ayam, akan terhidar dari bahaya penyakit. Maka usaha ternak ayam kampung Anda akan bisa cepat balik modal dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Modal 1 Juta

5. Usaha Ternak Burung Puyuh

Jika sudah memiliki lahan sendiri, Anda sudah bisa memulai usaha ternak modal 300 ribu. Anda bisa mulai merintis usaha ternak burung puyuh skala kecil.

Sekalipun kebutuhan pasar akan telur puyuh tidak sebanyak telur ayam, tetapi usaha ternak telur puyuh di masa sekarang juga tidak kalah menguntungkan.

Permintaan telur puyuh tidak hanya pada usaha warung makan saja. Tetapi juga dari ibu rumah tangga untuk di masak menjadi makanan rumahan.

Baca Juga : Cara Usaha Ternak Burung Puyuh yang Menguntungkan bagi Pemula

6. Usaha Ternak Udang

Permintaan terhadap seafood di berbagai restoran maupun rumah makan yang khusus menyediakan makanan laut juga cukup tinggi.

Inilah yang menjadi alasan mengapa usaha ternak udang merupakan salah satu usaha ternak modal 300 ribu yang masih menjanjikan di masa saat ini.

Selain di gunakan untuk memenuhi permintaan pemilik usaha restoran makanan laut. Udang juga banyak di masak menjadi makanan lain contohnya peyek udang, terasi dan juga kerupuk.

Memulai usaha ternak udang juga tidak terlalu sulit. Anda bisa usaha ternak udang dengan menggunakan terpal saja.

Demikian artikel di atas mengenai Berikut 6 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan. Semoga bisa Anda pakai sebagai inspirasi.


Tidak ada komentar untuk "Berikut 6 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan"