Widget HTML Atas

Berikut 11 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Berikut 11 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan -Untuk memulai usaha ternak tentunya harus memikirkan modal dan juga untung. Nah pada kesempatan kali ini aldianweb.com akan memberikan contoh usaha ternak modal 300 ribu yang menguntungkan.

Di masa seperti saat ini, usaha ternak memang cukup menarik minat masyarakat indonesia. Banyak orang mulai merintis usaha peternakan ini, salah satunya adalah mencoba memulai usaha ternak modal 300 ribu.

Usaha ternak cukup ramai peminatnya, karena di rasa sangat menguntungkan. Hal ini di karenakan hanya dengan trend masa kini yaitu memulai usaha ternak rumahan dengan modal kecil, keuntungan yang di dapat juga tak main-main.

Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan

Sebentar lagi aldianweb.com akan membahas tentang beberapa contoh usaha ternak. Anda bisa mencoba salah satu usaha ternak di bawah sesuai dengan minat. Berikut ini adalah contoh usaha ternak modal 300 ribu yang menguntungkan :

1. Usaha Ternak Lele Modal 300 Ribu 

Usaha peternakan modal 300 ribu yang pertama ini merupakan bisnis ternak yang paling banyak menarik perhatian dari berbagai usia. Bagaimana tidak, permintaan pasar terhadap ikan lele ini jarang pernah surut.

Selain itu, lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup di gemari masyarakat indonesia karena harganya yang relatif murah.

Sebagai usaha ternak, ikan ini pun termasuk murah karena daya tahan lele terhadap penyakit termasuk cukup kuat. Hal ini dapat mengurangi biaya perawatan terhadap ikan.

Bahkan, hanya dengan modal usaha ternak 300 ribu saja, Anda sudah bisa memulai ternak ikan lele. Dengan modal kolam terpal maupun drum berukuran sedang, Anda bisa mulai usaha ternak bibit lele dengan jumlah sedikit.

Masa panen ikan lele ini terbilang cepat dan permintaan pasar juga cukup stabil, sehingga hanya dengan usaha ternak modal kecil kamu bisa mendapat keuntungan cukup besar.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele dengan Mudah dan Benar

2. Usaha Ternak Kambing

Membuka usaha ternak kambing dengan modal 300 ribu. Untuk merintis usaha ternak kambing modal kecil, Anda bisa mencoba bekerja sama dengan penjual kambing. Coba sampaikan penawaran dengan cara bagi hasil.

Anda bisa menawarkan diri menjadi orang yang merawat kambing tersebut. Sedangkan, penjual hanya bertugas untuk memasarkan usaha ternak kambing tersebut.

Dengan cara seperti itu, Anda tidak perlu repot membuat kandang untuk memulai usaha ternak karena sudah di sediakan penjual. Hal ini bisa mengurangi modal awal dalam usaha ternak kambing.

Baca Juga : 10 Cara Memulai Usaha Ternak Kambing yang Baik dan Benar

3. Usaha Ternak Jangkrik

Usaha ternak ini menjadi pilihan usaha ternak modal 300 ribu yang harus Anda pertimbangkan. Karena usaha ini sangat menjanjikan, rata-rata peminat jangkrik ini adalah orang yang memelihara burung, ikan dan lainnya.

Hewan yang dulunya sering kita jumpai di mana saja, kini berubah menjadi salah satu peluang usaha ternak yang termasuk cukup mahal harganya.

Salah satu penyebab mahalnya harga jangkrik ini karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Masyarakat, terutama penggemar burung dan juga ikan hias, percaya bahwa jangkrik merupakan makanan berkualitas untuk hewan tersebut.

Yang perlu Anda siapkan adalah kotak jangkrik paling sedikit 3 buah, wadah bekas telur ayam, voer ayam, sayuran dan juga telur jangkrik.

Hanya dengan bekal modal kecil, Anda bisa mulai membuka usaha ternak modal kecil dan juga lahan sempit untuk jangkrik dengan skala yang kecil.

Seiring berjalannya waktu, jangkrik yang Anda ternak akan berkembang biak cukup pesat dan akan bisa segera balik modal dan mendapatkan untung.

Untung tersebut bisa Anda gunakan untuk mengembangkan skala usaha ternak Anda menjadi lebih besar.

Baca Juga : Cara Usaha Ternak Jangkrik dengan Mudah dan Benar, Bisa dengan Modal Kecil

4. Usaha Ternak Ayam

Hanya dengan usaha ternak modal 300 ribu, Anda sudah bisa memulai usaha ternak ayam ini. Misalnya usaha ayam kampung dalam skala kecil.

Untuk kandang, Anda cukup membangun semi kandang dengan jaring atau pagar bambu kecil untuk menjaga ayam agar tidak kabur. Bagi Anda yang memiliki halaman luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai usaha ternak ayam. Anda juga bisa membiarkan ayam tersebut berkeliaran.

Sebagai pemilik usaha ternak, kondisi kesehatan hewan ternak bergantung pada pakan serta lingkungan kandang. Hal inilah yang wajib selalu Anda perhatikan.

Jika Anda memperhatikan kebersihan lingkungan dan kualitas pakan ayam, akan terhidar dari bahaya penyakit. Maka usaha ternak ayam kampung Anda akan bisa cepat balik modal dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Modal 1 Juta

5. Usaha Ternak Burung Puyuh

Jika sudah memiliki lahan sendiri, Anda sudah bisa memulai usaha ternak modal 300 ribu. Anda bisa mulai merintis usaha ternak burung puyuh skala kecil.

Sekalipun kebutuhan pasar akan telur puyuh tidak sebanyak telur ayam, tetapi usaha ternak telur puyuh di masa sekarang juga tidak kalah menguntungkan.

Permintaan telur puyuh tidak hanya pada usaha warung makan saja. Tetapi juga dari ibu rumah tangga untuk di masak menjadi makanan rumahan.

Baca Juga : Cara Usaha Ternak Burung Puyuh yang Menguntungkan bagi Pemula

6. Usaha Ternak Udang

Permintaan terhadap seafood di berbagai restoran maupun rumah makan yang khusus menyediakan makanan laut juga cukup tinggi.

Inilah yang menjadi alasan mengapa usaha ternak udang merupakan salah satu usaha ternak modal 300 ribu yang masih menjanjikan di masa saat ini.

Selain di gunakan untuk memenuhi permintaan pemilik usaha restoran makanan laut. Udang juga banyak di masak menjadi makanan lain contohnya peyek udang, terasi dan juga kerupuk.

7. Usaha Ternak Kelinci

Ternak kelinci juga termasuk usaha ternak modal 300 ribu yang juga mampu memberikan keuntungan besar. Apalagi daging kelinci banyak di olah menjadi makanan seperti nugget, sate, abon maupun olahan lain. 

Jenis makanan berbahan utama kelinci ini juga banyak di ekspor ke luar negeri. Dengan adanya bisnis ekspor ini, keuntungan bisa milyaran jika sudah di ekspor ke berbagai negara.

Dengan usaha ternak modal 300 ribu, Anda bisa mendapatkan sepasang kelinci yang dapat bisa menjadi modal awal untuk usaha ternak Anda di rumah.

Usaha ternak kelinci ini cukup mudah untuk di lakukan dan tidak membutuhkan lahan ternak luas. Anda bisa membuat kandang usaha ternak kelinci ini di sekitar rumah.

 Hal paling terpenting adalah menjaga kebersihan kandang harus agar kelinci selalu sehat. Pastikan kelinci bebas dari polusi udara dan suara bising.

8. Usaha Ternak Ayam Broiler

Memulai usaha ternak ayam potong memang bisa di bilang menggiurkan. Ini di sebabkan karena kebutuhan pasar yang sering meningkat setiap hari dan banyak yang mencarinya.

Tidak perlu khawatir dengan modal yang Anda miliki sekarang. Karena jika Anda memilki rencana bisnis yang tepat dan matang, tidak menutup kemungkinan bisa untuk memulai usaha ternak dari nol.

Memulai usaha ternak ayam broiler atau biasa di sebut ayam potong, Anda bisa lakukan dalam skala yang kecil lebih dahulu. Anda bisa memulai usaha ternak ini dengan modal 300 ribu. 

Anda bisa memulai usaha ternak ini dengan membeli bibit ayam unggul dan menempatkannya pada kandang. Kandang untuk usaha ternak ayam bisa dibuat dari jaring atau pagar dari kayu-kayu kecil selama ayam tersebut tetap aman.

Sangat menguntungkan jika Anda memiliki wilayah pekarangan rumah yang luas. Dengan ini Anda tidak perlu khawatir, pekarangan itu bisa di manfaatkan sebagai tempat usaha ternak ayam broiler ini.

Hampir sama dengan perawatan ayam pada umumnya, Anda harus menjaga intensitas pemberian pakan dan perhatikan juga kondisi kesehatan ayam.

9. Usaha Ternak Ayam Petelur

Peluang usaha ternak ayam petelur saat ini semakin luas. Penyebabnya karena hasil dari ayam ini sebagai bahan baku utama dari memasak, pembuatan kue dan masih banyak lagi lainnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba usaha ternak modal 300 ribu yang satu ini. Anda harus bisa memanfaatkan modal yang di miliki sekarang dengan sebaik-baiknya.

Perlu Anda ingat, jenis ayam petelur ini tergolong berbeda daripada usaha ternak ayam jenis lainnya. Karena, yang menjadi hasil produk dari ayam jenis ini adalah telurnya. Jadi yang di manfaatkan bukan ayamnya, sehingga Anda harus sangat memperhatikan proses dan hasil ternak ini.

Lantas, bagaimana cara memilih bibit unggul ayam petelur ? Ini dia langkah - langkah memilih bibit unggul ayam petelur :

  • Ayam dalam kondisi sehat dan juga tidak cacat.
  • Merupakan hasil anakan dari induk yang memilki kualitas baik.
  • Pertumbuhan pada fisik ayam yang normal.
  • Tidak memiliki kekurangan pada bagian bulu ayam.
  • Berat bibit ayam ideal dan juga memiliki nafsu makan yang baik.

Anda harus memperhatikan dalam hal pemilihan bibit ini. Agar nantinya telur yang di hasilkan oleh usaha ternak ayam juga berkualitas. Ayam petelur ini terbagi menjadi dua ras, yaitu ayam ras putih dan ayam cokelat. Anda bisa memilih jenis ras ayam mana yang akan di jadikan usaha ternak.

10. Usaha Ternak Belut

Usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya Anda bisa menjadikan belut sebagai salah satu pilihan ternak Anda. Selain harga belut sendiri yang terbilang murah, belut juga sehat dan aman untuk di jadikan sebagai bahan makanan.

Untuk pertama kali memulai usaha ternak ini, Anda harus merencanakan lokasi pembibitan dan tempat budidaya. Usahakan tempat usaha ternak mampu untuk menampung sekitar 50-100 belut dalam ukuran bak 1 meter persegi.

Belut sendiri bisa berkembang biak pada tempat yang berlumpur dan juga minim air. Oleh karena itu Anda tidak perlu repot menggunakan pengairan dan sanitasi air yang deras seperti budidaya ikan lele atau lainnya.

Media untuk kolam yang dapat Anda gunakan untuk usaha ternak belut ini umumnya dengan kolam terpal. Setelah persiapan tempat atau kolam untuk usaha ternak belut sudah siap. Selanjutnya Anda mempersiapkan bibit belut yang murah namun dengan kualitas yang unggul.

Lantas, bagaimana cara memilih bibit unggul belut ? Ini dia langkah - langkah memilih bibit unggul belut : 

  • Pilih belut yang berukuran 10-12 cm. Lalu menempatkan belut pada kolam dengan ukuran yang sama, mengingat sifat kanibal belut satu sama lain. 
  • Pergerakan pada bibit belut yang lincah.
  • Bibit belut sehat dan tidak memiliki cacat pada tubuh.

Untuk perawatannya Anda memerlukan pakan yang berkualitas dan juga bergizi. Hal ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan si belut. Anda juga bisa menggunakan pakan alami berupa belatung, ikan, bekicot maupun katak. Sementara untuk belut berukuran kecil Anda bisa memberikan makanan berupa kecebong, kutu air, larva dan cacing.

11. Usaha Ternak Ikan Cupang

Anda tentunya tidak asing dengan usaha ternak yang satu ini. Ikan cupang selain memiliki fisik yang menarik, ikan ini juga memiliki banyak peminat. Anda bisa memulai usaha yang satu ini karena cukup banyak orang yang hobi mengoleksi cupang.

Ikan hias yang satu ini memiliki nama lain Siamese Fighting Fish atau Betta Splendens. Ikan ini adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari bagian negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam dan negara lainnya.

Tubuh ikan ini yang memiliki warna indah dan juga mencolok sering menjadi daya tarik  bagi banyak masyarakat untuk mengoleksinya.

Dalam tahapan usaha ternak sama seperti ternak hewan yang lainnya. Anda harus menyiapkan kondisi tempat usaha ternak yang nyaman namun dari segi budget tetap terjangkau. Karena tujuan kita di sini untuk memulai usaha ternak modal 300 ribu.

Anda bisa menyiapkan aquarium kecil sebagai lokasi usaha ternak ikan cupang. Sementara ketika memilih bibit ikan, Anda tidak perlu bingung menentukan jenis apa. Karena Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu jenis ikan cupang apa yang sedang tren saat ini.

Lantas, bagaimana cara memilih bibit unggul ikan cupang ? Ini dia langkah - langkah memilih bibit unggul ikan cupang : 

  • Pastikan Ikan cupang sehat.
  • Tidak memiliki cacat pada bagian tubuh ikan.
  • Berumur dewasa yaitu sekitar umur 4 bulan.
  • Memiliki corak warna yang menarik.

Untuk pemberian pakan usaha ternak ikan cupang, Anda bisa menggunakan cacing sutra atau pelet ikan hias umumnya. Pemberian pakan bisa du lakukan 2× sehari pada pagi dan juga sore hari.

Anda harus memberikan pakan pelet sesuai takaran. Sehingga pakan yang di berikan langsung habis dan  tidak menimbulkan mengendap kemudian dapat mengotori kebersihan air dan juga bisa jadi racun.

Memulai usaha ternak udang juga tidak terlalu sulit. Anda bisa usaha ternak udang dengan menggunakan terpal saja.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Berikut 11 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan. Semoga bisa Anda pakai sebagai inspirasi.


Tidak ada komentar untuk "Berikut 11 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan"