Widget HTML Atas

Cara Budidaya Ikan Lele dengan Mudah dan Benar

Cara Budidaya Ikan Lele dengan Mudah dan Benar

Cara Budidaya Ikan Lele dengan Mudah dan Benar - Perikanan adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan ikan, termasuk juga memproduksi ikan, baik itu melalui penangkapan (perikanan tangkap) maupun bisa juga budidaya.

Budidaya ikan lele merupakan salah satu usaha perikanan yang di lakukan oleh cukup banyak masyarakat di Indonesia. Hal ini karena ikan lele adalah jenis ikan yang sering di konsumsi oleh kebanyakan masyarakat indonesia. Selain mempunyai rasa yang enak, ikan lele juga di jual dengan harga yang  cukup terjangkau daripada ikan jenis lain. Jadi tidaklah heran jika minat masyarakat akan ikan lele cukup tinggi.

Selain harganya yang cukup terjangkau dan mudah di dapat, ikan lele juga memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Mulai dari asam amino, protein, asam lemak omega-3, yodium, zat besi dan juga Vitamin A, D, B6, B12. Tidak salah jika ikan lele termasuk salah satu jenis makanan sehat yang baik untuk di konsumsi sehari-hari.

Dengan alasan tersebut, budidaya ikan lele menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan ke depannya. Bagi yang tertarik, tentu Anda penasaran bagaimana cara budidaya ikan lele dengan mudah dan bisa menghasilkan bibit yang memiliki kualitas tinggi.

Baca Juga : Berikut 6 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Cara Budidaya Ikan Lele yang Baik

Berikut ini aldianweb.com merangkum beberapa cara budidaya ikan lele yang mudah untuk menghasilkan bibit berkualitas yang perlu untuk di ketahui.

1. Menyiapkan Kolam untuk Budidaya Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele yang harus di perhatikan adalah menyiapkan kolam yang nantinya di gunakan. Dalam masalah ini, Anda bisa menggunakan kolam tanah, kolam semen maupun kolam buatan dari terpal plastik. Buatlah kolam yang memiliki ukuran cukup lebar dan dalam. Hal ini cukup penting dalam budidaya ikan lele, agar lele tidak gampang mati karena kekurangan oksigen.

Setelah menyiapkan kolam budidaya ikan lele yang telah berisi udara, tunggu beberapa hari agar lumut di dalam kolam mulai terbentuk. Selanjutnya, Anda bisa memasukkan bibit ikan lele ke dalam kolam.

Lumun dan fitoplankton ini berguna untuk menjaga air agar tidak cepat keruh. Umumnya perlu menunggu sekitar 3 sampai 7 hari agar pembentukan lumut dapat terjadi dengan sempurna.

2. Memilih Bibit Unggul untuk Budidaya Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele yang perlu di perhatikan adalah memilih bibit ikan lele yang unggul. Memilih bibit ikan lele yang unggul sangat penting agar ikan lele cepat tumbuh besar dan tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, memilih bibit ikan lele dengan kualitas yang baik untuk budidaya ikan lele juga akan menghasilkan ikan yang berwarna terang dan gesit saat di beri makan.

Untuk budidaya ikan lele, Anda bisa mencoba memilih bibit ikan lele jenis dumbo. Jenis ikan lele yang satu ini memiliki perawatan yang terbilang mudah.

Tak hanya itu, bibit lele dumbo memiliki kualitas daging yang baik dan juga cukup tahan terhadap penyakit. Bibit ikan lele dumbo juga dapat di kembangbiakan dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga : 10 Cara Memulai Usaha Ternak Kambing yang Baik dan Benar

3. Perhatikan Waktu yang Baik untuk Menebar Bibit Budidaya ikan lele

Cara budidaya ikan lele yang harus di lakukan selanjutnya yaitu memperhatikan waktu yang baik untuk menebar bibit ikan. Untuk cara ini Anda bisa menggunakan ember yang di isi bibit ikan lele sebagian. Kemudian masukkan ember ke kolam dengan perlahan hingga bibit dapat keluar dari ember dengan sendirinya.

Masukkan bibit ikan lele secara bersamaan ke dalam kolam. Sebab hal ini dapat membuat ikan lele menjadi stres lalu mati. Waktu yang baik untuk menebar bibit ikan lele adalah pagi atau bisa juga malam hari.

Pada waktu tersebut biasanya ikan lele akan lebih tenang dan stabil, sehingga aman jika di lakukan pemindahan ke dalam kolam budidaya ikan lele.

4. Pisahkan Ikan Lele sesuai Ukuran

Cara budidaya ikan lele dengan baik dan mudah juga harus memisahkan lele sesuai dengan ukurannya. Terutama ikan lele yang memiliki tubuh kecil, harus di pisahkan dari ikan lele yang sudah dewasa.

Hal ini penting di lakukan agar ikan lele dewasa tidak memakan ikan lele berukuran kecil. Cara budidaya ikan lele yang satu ini biasanya di lakukan setelah bibit lele berusia 20 hari. Ini menjadi salah satu cara yang perlu di lakukan agar ikan lele tetap memiliki kualitas baik.

Baca Juga : Cara Usaha Ternak Jangkrik dengan Mudah dan Benar, Bisa dengan Modal Kecil

5. Perhatikan Kedalaman Kolam dan Kualitas Air

Cara budidaya ikan lele selanjutnya yaitu Anda perlu memperhatikan kolam dan juga kualitas air dengan baik. Meskipun mampu hidup pada kondisi air yang berlumut. Anda tetap harus memperhatikan sumber udara yang di gunakan untuk mengisi kolam tetap jernih. Warna air yang baik untuk budidaya yaitu jernih dan bukan berasal dari sumber air yang terkena limbah.

Kedalaman kolam untuk budidaya ikan lele sebaiknya di buat berukuran 20 cm. Selanjutnya, pada bulan kedua di tambah menjadi 40 cm dan bulan ketiga menjadi 80 cm. Anda juga bisa memberikan tanaman air di dalam kolam agar lebih teduh dan ikan tidak kepanasan.

Selain itu, memberikan tanaman air di dalam kolam budidaya ikan lele juga berguna untuk menyerap racun. Sehingga nantinya air kolam tetap sehat untuk di pakai ikan lele.

6. Memilih Pakan Budidaya Ikan Lele yang Baik

Cara budidaya ikan lele selanjutnya adalah dengan memilih pakan ikan lele yang baik. Pilihlah pakan yang mengandung nutrisi baik, misalnya Anda bisa memakai pakan jenis sentrat 781-1.

Pakan ini dapat di berikan pada waktu pagi, sore dan malam hari. Di samping itu, Anda juga bisa memberi jam makan tambahan bagi ikan lele.

Baca Juga : Cara Usaha Ternak Burung Puyuh yang Menguntungkan bagi Pemula

7. Panen Ikan Lele Setelah 3 Bulan

Cara budidaya ikan lele yang terakhir adalah panen. Panen ikan lele dapat di lakukan setelah 3 bulan perawatan. Setelah 3 bulan dari peletakan bibit, ikan lele sudah semakin besar dan siap untuk di panen. Setelah waktu panen, Anda bisa menggunakan bekas kolam untuk penyebaran bibit ikan lele kembali.

Namun sebelum di gunakan, bersihkan terlebih dahulu sebelum melakukan penyebaran bibit ikan lele kembali. Selain itu, pastikan juga tidak ada ikan lele yang tersisa sebelum bibit ikan baru di sebar ke dalam kolam bekas budidaya ikan lele.

Demikian artikel di atas mengenai Cara Budidaya Perikanan Ikan Lele dengan Mudah dan Benar. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang memulai usaha budidaya ikan lele.

Tidak ada komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Lele dengan Mudah dan Benar"