Widget HTML Atas

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Modal 1 Juta

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Modal 1 Juta

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Modal 1 Juta - Ayam Kampung merupakan jenis unggas yang paling banyak di jadikan hewan ternak dan juga untuk di konsumsi daging maupun telurnya.

Usaha ternak ayam kampung biasanya tidak di pelihara secara intensif karena sering di jadikan sebagai usaha sampingan saja.

Padahal usaha ternak ayam kampung memiliki prospek bisnis yang cukup menguntungkan. Peluang usaha ternak ayam ini juga masih menjanjikan, hal ini karena permintaan pasar yang masih stabil.

Cara memulai usaha ternak ayam kampung ini bisa di lakukan dengan berbagai sistem, dari sistem yang minim biaya maupun yang memakai biaya tinggi.

Pada artikel aldianweb.com ini akan membahas mengenai cara usaha ternak ayam modal 1 juta, atau bisa saja kurang.

Baca Juga : Berikut 6 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Modal 1 juta

Kebanyakan orang biasanya memulai usaha ternak ayam kampung menggunakan sistem umbaran. Hal ini di karenakan daya tahan ayam kampung biasanya lebih kuat daripada ayam lainnya. Jadi untuk merintis usaha ternak ayam, saya sarankan untuk ternak jenis ayam kampung saja. 

Tidak hanya mudah dalam hal perawatan, tetapi juga harga ayam kampung lebih mahal daripada jenis ayam potong. Inilah yang membuat usaha ternak ayam kampung banyak di gemari oleh masyarakat.

Pada pembahasan di bawah ini aldianweb.com akan memberikan beberapa cara memulai usaha ternak ayam modal 1 juta atau bisa saja kurang dari itu. Berikut inibadalah cara usaha ternak ayam modal 1 juta yang bisa Anda coba :

1. Pemilihan Bibit Usaha Ternak Ayam Kampung

Meskipun memulai usaha ternak ayam kampung, namun pemilihan kualitas bibit ayam juga harus selalu di perhatikan agar hasilnya tidak mengecewakan.

Bibit untuk memulai usaha ternak ayam bisa dengan cara menetaskan telur sendiri dari indukan yang sudah kita beli. Untuk ternak indukan ayam kampung, pilihlah ayam dengan kualitas yang baik.

Indukan ayam kampung di beli dari pedagang ayam yang terpercaya, memiliki reputasi baik dan berpengalaman di dunia usaha ternak ayam kampung.

Bibit memiliki kontribusi yang besar dalam kesuksesan usaha ternak ayam. Jadi pemilihan bibit harus benar-benar yang berkualitas.

2. Pemeliharaan dan Pakan Usaha Ternak Anak Ayam Kampung

Meskipun memulai usaha ternak ayam modal 1 juta, namun pemeliharaan anak ayam kampung ini harus di lakukan dengan baik dan benar.

Bibit ayam yang baru menetas harus di pisahkan dari induknya dan di tempatkan di kandang khusus. Agar tingkat kematian anak ayam kampung bisa di minimalisir.

Untuk Pakan usaha ternak anak ayam kampung umur 0-30 hari yaitu pelet yang ber tekstur halus agar nantinya mudah di cerna.

Anak ayam di pelihara mulai umur 0-30 hari atau ketika anak ayam sudah mampu bertahan hidup di alam bebas. 

Baca Juga : 7 Cara Budidaya Ikan Mujair yang Menguntungkan bisa dengan Modal Kecil

3. Kandang Usaha Ternak Ayam Sederhana

Untuk kandang usaha ternak ayam kampung  tidak harus mewah atau khusus. Terpenting  bisa untuk tidur dan berlindung ayam dari hujan dan hama di malam hari.

Sementara di siang hari usaha ternak ayam dewasa di biarkan lepas di alam bebas agar mencari makan sendiri.

Namun jika tempat usaha ternak ayam tidak memungkinkan, di beri pagar berupa bambu anyaman bisa juga jaring. Agar usaha ternak ayam lebih aman dari gangguan hewan seperti musang, ular maupun biawak.

Kandang untuk usaha ternak ayam modal 1 juta bisa di buat menggunakan kayu atau bambu. Ukuran kandang sendiri di sesuaikan dengan jumlah usaha ternak ayam yang di pelihara.

4. Pakan Usaha Ternak Ayam Kampung

Salah satu kelebihan usaha ternak ayam modal 1 juta ini adalah peternak tidak terlalu repot memberi pakan terlalu sering. Karena ayam sudah mencari makan di alam bebas.

Walaupun begitu, pada pagi hari usaha ternak ayam sebaiknya di beri pakan seperti dedak yang di campur sisa makanan contohnya nasi sisa. Di dalam kandang ternak ayam sebaiknya di sediakan air minum.

Untuk meningkatkan kesehatan usaha ternak ayam, peternak juga perlu memberi vitamin bisa setiap 1 minggu sekali.

Baca Juga : 5 Cara Budidaya Ikan Nila agar Menguntungkan dan Mudah di lakukan bagi Pemula

5. Pemeliharaan Kandang Usaha Ternak Ayam Kampung

Untuk Kandang usaha ternak ayam modal 1 juta ini hanya di manfaatkan pada malam hari saja, yaitu sebagai tempat tidur maupun berlindung ayam.

Walaupun begitu kebersihan kandang usaha ternak ayama juga harus di perhatikan. Hal ini agar ternak ayam yang di pelihara terhindar dari penyakit.

Kandang untuk usaha ternak ayam bisa di bersihkan setiap 3 hari atau 1 minggu sekali. Kotoran ayam yang menumpuk di buang dari kandang dan bekasnya di siram dengan air.

6. Pengendalian Penyakit Usaha Ternak Ayam Kampung

Masalah yang sering di alami saat memulai usaha ternak ayam modal 1 juta adalah penyakit pada ayam. Jenis penyakit yang sering menyerang usaha ternak ayam kampung yaitu penyakit tetelo (ND), gumboro, cacing ayam, berak kapur dan darah. 

Ayam kampung di kenal bandel karena memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik dari ayam lainnya, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ayam kampung juga bisa terserang penyakit.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit pada usaha ternak ayam kampung :

  1. Menjaga kebersihan kandang dan lingkungan 
  2. Sanitasi kandang yang bagus
  3. Membuat kandang pada lokasi yang mendapatkan sinar matahari pagi
  4. Memberikm vitamin dan antibiotik pada masa awal pertumbuhan anak ayam agar memiliki daya tahan tubuh yang baik
  5. Tidak memberikan sisa makanan yang sudah membusuk
  6. Memberikan pakan yang kaya gizi
  7. Segera menjauhkan ternak yang terserang penyakit

Demikian artikel mengenai Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Modal 1 Juta. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha ternak ayam modal kecil.



Tidak ada komentar untuk "Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Modal 1 Juta"