Widget HTML Atas

10 Cara Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise yang Menguntungkan

 

10 Cara Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise

10 Cara Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise yang Menguntungkan - Banyak yang tertarik untuk membuka usaha salah satunya yaitu memulai bisnis waralaba atau di sebut dengan franchise. Bisnis waralaba sekarang cukup populer dan banyak di minati. Waralaba atau franchise memiliki gambaran modal yang pasti dan reputasi bisnis yang cukup baik untuk ke depannya. Jadi Anda tidak perlu pusing untuk merintis usaha dari nol. Jika merintis bisnis dari nol, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mulai dari konsep usaha, kebutuhan modal, menentukan target pasar konsumen hingga melakukan promosi produk.

Baca juga : 5 Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula

10 Cara Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise 

Walaupun begitu dengan memulai waralaba bukan berarti bisnis ini aman dari resiko kerugian. Untuk itu, sebelum memulai bisnis waralaba ada baiknya bila Anda mengetahui apa saja yang perlu di perhatikan saat memulai waralaba. Berikut 10 cara memulai bisnis waralaba atau franchise :

1. Pilih Bidang Waralaba sesuai Minat

Sebelum memilih bidang pada bisnis waralaba, sebaiknya kenali dulu minat diri agar tau apa yang Anda sukai. Selain itu, Anda juga bisa memilih bidang waralaba sesuai keahlian. Misalnya, Anda suka membuat ataupun menyukai jenis kue. Nah, Anda bisa memulai waralaba toko kue favorit yang belum ada di daerah Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan dan juga senang untuk mengembangkan bisnis waralaba. Hal ini karena bisnis yang sedang di jalankan sesuai dengan hobi atau minat diri Anda sendiri.

2. Pilih Produk atau Jasa yang Dibutuhkan Banyak Konsumen

Memulai waralaba tidak cukup hanya di bekali dengan modal uang. Anda juga harus memiliki bekal pengetahuan tentang riset kebutuhan pasar agar mudah menentukan bisnis waralaba yang akan di pilih. Ada banyak sekali bidang bisnis di waralaba yang cukup menjanjikan. Anda bisa mengambil franchise yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat seperti swalayan atau minimarket atau apotek. Anda juga bisa memulai waralaba yang bidang usahanya memiliki peluang untuk di pertimbangkan seperti toko baju, makanan dan minuman.

Baca juga : 5 Cara Memulai Usaha Jastip agar Menguntungkan untuk Pemula

3. Pilih Franchise yang Diminati Banyak Orang

Anda pastinya pernah antri panjang demi segelas milk tea maupun boba yang sedang populer di banyak daerah. Ada juga jenis waralaba makanan yang banyak peminatnya di indonesia. Produk-produk seperti ini yang sedang populer di banyak daerah, jenis waralaba inilah yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis waralaba. Tetapi, jangan asal memilih jenis produk franchise. Anda harus tau seberapa banyaknya konsumen peminat produk dan apakah produk tersebut memiliki peluang yang besar dalam jangka panjang.

4. Jangan Mudah Percaya Cerita Sukses Orang

Pada situs web resmi dan berbagai materi promosi pada bisnis waralaba maupun cerita sukses pasti di kedepankan. Tapi, jangan percaya mentah-mentah cerita sukses yang di berikan oleh pemilik franchise. Karena di balik kesuksesan itu, pasti ada perjuangan mereka yang penuh tantangan. Pertimbangkan matang-matang segala macam aspek sebelum memulai waralaba dan jangan terburu-buru membuka banyak cabang untuk mengantisipasi perubahan trend pasar.

Baca juga : 7 Contoh Bisnis Dropship beserta Keuntungannya

5. Sesuaikan dengan Modal yang Anda Miliki

Sebelum memulai bisnis waralaba, hitunglah semua modal yang sudah Anda punya, setelah itu baru tentukan franchise yang sesuai modal. Jika langsung memilih jenis franchise tanpa menyesuaikan budget, Anda akan kesulitan saat kebutuhan tak terduga muncul. Sebenarnya ada banyak penawaran kredit khusus franchise, tapi Anda juga harus membayar bunga yang juga tidak sedikit. Tidak mau kan terbebani dengan banyaknya hutang? dan pastinya uang tersebut juga haram. Maka pilihlah franchise yang sesuai dengan modal bisnis Anda. Jika modal belum cukup, coba tentukan target pencapaian Anda terlebih dahulu. 

6. Cek Latar Belakang Franchise Pilihanmu

Sebelum memulai waralaba, Anda perlu memastikan perusahaan franchise memiliki reputasi yang baik. Walaupun Anda menyukai produknya, jangan memaksakan diri dengan memilih bisnis waralaba dengan reputasi jelek. Ada baiknya Anda melakukan riset ke para pemegang franchise atau pemilik usaha yang menawarkan bisnis franchise. Adanya peluang usaha serta hubungan jangka panjang, Anda akan terus terikat minimal selama 5 tahun dengan pihak waralaba. Jadi usahakan memilih memulai bisnis waralaba dengan baik-baik ya.

Baca juga : 8 Tips Membuat Bisnis Makanan Ringan dan Contohnya

7. Pahami Proyeksi Keuangan yang Diberikan

Ada banyak dokumen yang bisa Anda analisa saat mempertimbangkan membuka franchise. Salah satu dokumennya yang berisi data proyeksi keuangan. Ujilah semua asumsi dalam proyeksi keuangan yang di siapkan pemilik bisnis waralaba. Anda bisa menguji mulai dari margin keuntungan, harga jual dan volume penjualan. Jika perlu, Anda dapat menyiapkan waktu dengan memantau gerai franchise terdekat untuk mengetahui kondisi di pasar.

8. Baca Kontrak Kerja Sama dengan Teliti

Sebelum memulai waralaba, Ada baiknya jika Anda membaca semua perjanjian yang tercantum dalam kontrak. Jangan sampai ada hal-hal kecil yang terlewatkan, takutnya nanti bisa merugikan Anda. Pastikan juga masalah apa yang mengakibatkan berakhirnya perjanjian dan pemutusan kerja sama franchise. Setelah itu, mengetahui aspek-aspek terkait pengalihan kepemilikan franchise atau semacamnya. Jika Anda kurang paham dengan isi kontrak, jangan ragu untuk meminta penjelasan ahli seperti pengacara.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

9. Pastikan Jaminan Ada dalam Perjanjian

Jika di berikan jaminan ataupun garansi, Anda harus memastikan bahwa semuanya tercantum detail di dalam kontrak. Baik itu hal yang bersangkutan dengan Anda atau pengelola franchise. Biasanya dalam setiap kerja sama selalu ada jaminan / garansi yang menyangkut kedua belah pihak. Misalnya, jaminan izin menggunakan merek bisnis waralaba dan jaminan pemilik cabang mendapatkan hak eksklusif.

10. Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi yang Anda pilih sangat berpengaruh pada return bisnis waralaba. Tak sedikit pemilik usaha baru yang pelanggannya sedikit karena lokasi yang sulit di jangkau. Pilih lokasi yang menjadi pusat keramaian sehingga akan mudah di temukan oleh pelanggan. Lakukan survei terhadap tempat yang akan menjadi pilihan lokasi franchise Anda. Setelah melihat kondisi tempat, Anda bisa juga memanfaatkan media sosial untuk membantu menentukan lokasi mana yang cukup strategis. Sebelum memulai waralaba, perhatikan juga saingan di sekitar tempat tersebut. Pastikan peluang perkembangan usaha franchise cukup besar di daerah tersebut.

Baca juga : Usaha Franchise Makanan Terlaris

Demikian artikel di atas mengenai 10 Cara Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise yang Menguntungkan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca yang ingin membuka usaha waralaba atau franchise.



 


Tidak ada komentar untuk "10 Cara Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise yang Menguntungkan"