Widget HTML Atas

10+ Cara Sukses Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal

 

10+ Cara Sukses Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal

10+ Cara Sukses Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal - Sudah cukup banyak masyarakat yang meraup keuntungan dari praktek budidaya udang vaname ini. Anda juga bisa ikut memiliki banyak penghasilan dari budidaya udang vaname. 

Budidaya udang vaname di kolam terpal ini merupakan usaha yang sangat baik di pilih sebagai usaha budidaya yang keuntungannya fantastis selain budidaya ikan lele. 

Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal

Berikut ini aldianweb.com membahas beberapa cara budidaya udang vaname di kolam terpal yang bisa Anda lakukan dengan maksimal. 

Anda harus memperhatikan proses budidaya pembesaran udang secara benar dan sesuai aturan. Hal ini agar nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Berikut langkah - langkah sukses yang bisa di lakukan saat Budidaya Udang Vaname Air Tawar, yaitu sebagai berikut :

1. Persiapan Lokasi Budidaya Udang Vaname

Anda bisa memilih lokasi budidaya udang air tawar yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki lahan kosong di belakang ataupun samping rumah. 

Anda bisa menggunakan lahan tersebut sebagai lokasi budidaya udang vaname. Anda harus memilih lokasi terbaik untuk proses membuat pembesaran budidaya udang yang di inginkan.

2. Pengaturan Budidaya Udang Vaname

Anda bisa memulai budidaya udang vaname air tawar di dalam kolam terpal secara tepat dan baik. Budidaya udang air tawar biasanya banyak di lakukan untuk tambak. 

Sebenarnya Anda juga bisa melakukan budidaya udang maupun pembesarannya di lakukan di air payau. Namun, saat ini budidaya udang vaname juga cukup banyak yang di lakukan di kolam terpal.

3. Pemberantasan Hama

Anda harus memperhatikan langkah yang terpenting ini saat memulai budidaya udang vaname air tawar. Hama bisa saja memangsa bibit udang vaname kapan saja.

Oleh karena itu Anda harus sering melakukan pemberantasan hama. Hama biasanya memangsa udang vaname yang berukuran kecil. 

Cukup banyak kegagalan yang terjadi saat melakukan proses panen udang vaname. Sehingga hal-hal yang seperti ini harus menjadi perhatian yang cukup. 

4. Pengisian Air di Kolam Budidaya Udang Vaname

Anda harus memperhatikan pengisian pada air kolam budidaya udang vaname. Anda harus mengganti dan mengisi air kolam baru pada kolam budidaya secara bertahap. 

Anda bisa melakukan pergantian pengisian air ke dalam kolam kembali dengan jangka wakt 1 sampai 2 minggu. Untuk langkah awal mengisi air pada kolam terpal budidaya udang.

Anda bisa membiarkan selama beberapa hari agar bau karet dari terpal hilang. Sekiranya bau karet pada kolam terpal sudah hilang, Anda bisa membuang dan menggantinya dengan air tawar yang baru.

5. Fermentasi Kolam Budidaya Udang Vaname

Cara selanjutnya ini juga harus di perhatikan sebelum memulai budidaya udang vaname air tawar. Sebelum memasukkan bibit udang ke dalam kolam terpal, lakukan dulu proses fermentasi. 

Untuk cara fermentasi pada kolam budidaya yaitu dengan menggunakan probiotik dan di tambahkan garam agar air kolam menjadi payau.

6. Pemilihan Bibit Unggul Budidaya Udang Vaname

Sebelum Anda memulai pembesaran udang vaname, yaitu dengan cara memilih bibit udang yang kualitasnya sangat baik dan juga kualitas unggul. Bibit unggul biasanya bisa di lihat dari ukuran udang vaname yang seragam. 

Proses pembibitan udang vaname tidak di lakukan dengan cara udang sengaja di biarkan melawan arus. Hal ini nantinya bisa menyebabkan terdapat cacat atau luka di bagian tubuh udang.

7. Penebaran Bibit Budidaya Udang Vaname

Benur merupakan anak udang vaname yang nantinya akan di sebar ke dalam kolam terpal. Sebelum bibit udang di sebar, Anda harus memeriksa suhu air dalam kolam.

Suhu normal untuk kolam budidaya udang vaname adalah 10-15 derajat celcius. Sebaiknya Anda memperhatikan waktu yang tepat untuk penebaran bibit udang vaname, jangan lakukan penebaran bibit di siang hari. 

Proses penebaran bibit udang vaname lebih baik di lakukan pada sore hari. Karena di waktu tersebut temperatur cuaca tidak terlalu panas. 

Untuk proses penebaran bibit, yaitu menggunakan cara aklimatisasi. Caranya dengan mengapungkan kantong yang berisi bibit udang vaname ke dalam kolam terpal.  Hal ini agar bibit udang merasa nyaman dengan suhu air. 

8. Proses Pemeliharaan Budidaya Udang Vaname

Anda harus melakukan pemeliharaan dengan baik pada udang vaname sampai waktunya udang bisa di panen. Anda wajib terus memantau dan memelihara suhu pada kolam tambak.

Kolam tambak yang mengandung PH di dalamnya. Hal ini agar suhu pada kolam tetap stabil dan udang bisa tetap aman dan tidak stress atau mati.

9. Pemberian Pakan Budidaya Udang Vaname

Ketika sudah melakukan penebaran bibit udang vaname, selanjutnya Anda perlu memperhatikan waktu pemberian pakan agar pembesaran udang bisa berjalan lancar.

Saat udang sudah memasuki usia 7 hari, Anda bisa memberikan pakan dengan protein tinggi banyaknya 30% dari takaran pakan yang ada. 

Pemberian pakan bisa Anda sesuaikan dengan perkembangan pada budidaya udang vaname.

Berikan pakan pada bibit udang sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Semakin besar udang vaname, Anda juga harus menambah waktu pemberian pakan.

10. Pengurasan Air Kolam Budidaya Udang Vaname

Agar udang memiliki ketahanan fisik yang kuat, Anda harus memperhatikan dalam mengganti air kolam secara baik. Pengurasan kolam budidaya udang di lakukan setelah kolam udang sudah mencapai 60 hari. 

Setelah melakukan pengurasan, isi air kolam sebanyak 10% dari volume air kolam. Selanjutnya Anda bisa meningkatkan volume air menjadi 15 sampai 20 %.

11. Proses Panen Budidaya Udang Vaname

Setelah proses budidaya sudah mencapai waktu 4 atau 5 bulan. Anda bisa melakukan proses panen pada udang vaname. Berat udang vaname yang cocok untuk jual biasanya 15 sampai 25 gram per ekor.

Proses panen di lakukan pada malam hari untuk menjaga kualitas udang vaname. Untuk cara panen udang vaname sebagai berikut :

  • Cuci udang dari lumpur dan sisa makanan yang menempel di tubuh udang.
  • Sortir udang berdasarkan besar ukuran tubuh.
  • Timbang dulu berat udang vaname, semakin besar dan berat akan semakin mahal.
  • Masukkan udang ke dalam box container yang sudah di isi dengan es, hal ini agar udang selalu segar.

Tidak ada komentar untuk "10+ Cara Sukses Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal "