Widget HTML Atas

5 Cara Memulai Usaha Jastip agar Menguntungkan untuk Pemula

5 Cara Memulai Usaha Jastip agar Menguntungkan untuk Pemula

5 Cara Memulai Usaha Jastip agar Menguntungkan untuk Pemula - Pada kesempatan kali ini aldianweb akan membahas informasi seputar jastip atau biasa di sebut jasa titip. Jasa titip adalah jasa yang bertujuan membantu seseorang untuk membeli produk di luar jangkauan. Bisa di katakan jastip lebih tampak seperti jasa impor. Tetapi cara kerja jastip ini lebih cukup sederhana, karena penyedia jasa tidak perlu melewatkan barang ke pabean. Selain itu, memulai usaha jastip ini juga bisa di lakukan oleh siapa saja.

Baca Juga : 5 Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula

Pengertian Jastip ( Jasa Titip )

Apa itu jastip? Jastip adalah sebuah jasa yang menawarkan pembelian barang di suatu tempat, dan bisa memperoleh keuntungan dari setiap barang titipan. Bentuk bisnis jastip bisa di mulai dengan usaha modal kecil atau bisa juga tanpa modal. Sistemnya adalah Anda akan membeli barang titipan setelah mendapatkan pesanan, kemudian Anda bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi.

Biasanya seseorang menggunakan jastip karena bisa mendapatkan barang yang di inginkan dari tempat tanpa harus pergi ke sana atau membeli online dengan biaya ongkir.

Untuk cara memulai bisnis jastip ini, Anda perlu mempromosikan jasa titip di sosial media dan menunggu pesanan dari seseorang. Sistem jastip ini menggunakan pre-order yang artinya pemesan akan membayar di awal sebelum barang di terima.

Perkiraan Keuntungan dari Usaha Jastip

Sebenarnya jumlah omset jastip sendiri bersifat cukup fleksibel. Hal ini tergantung jumlah barang yang di pesan oleh seseorang. Semakin banyak barang pesanan yang di dapat , maka semakin tinggi juga omset yang bisa di dapatkan. Akan tetapi, khusus jastip dari luar negeri akan di kenakan biaya potongan pajak.

Misalnya Anda memiliki barang pesanan dengan jumlah 50 barang. Barang pesenan itu memiliki harga beli sebesar $500. Akan tetapi karena barang berasal dari luar negeri, jadi saat masuk Indonesia akan di kenakan biaya pajak.

Baca Juga : Berikut 6 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Cara Kerja Usaha Jastip

Sebelum Anda memulai usaha jastip ini, Anda harus pahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja jasa titip ini sebenarnya. Jastip adalah bisnis yang menggunakan sistem pre-order, jadi Anda hanya membeli produk apabila ada pesanan saja.

Pertama Anda harus menginformasikan dengan orang di sekitar bahwa Anda membuka usaha jastip dari kota maupun negara tertentu. Setelah itu, perlihatkan contoh foto barang yang nantinya bisa Anda beli di sana. Kemudian buat daftar pemesan beserat barang yang di pesannya.

Setelah membeli barang dari kota atau negara asalnya, jangan lupa menghitung tarif jastip dan margin keuntungan ke dalam harga barang. Disini Anda bebas menentukan berapa banyak profitnya, asal pemesan sepakat membayar dengan harga yang sudah di tentukan.

5 Cara Memulai Usaha Jastip agar Menguntungkan

Setelah ini aldianweb.com akan memberikan beberapa langkah - langkah untuk memulai usaha jastip ini. Berikut adalah Cara Memulai Usaha Jastip :

1. Memiliki Akses Komunikasi ke Penyedia Produk

Cara Memulai Usaha Jastip pertama adalah memiliki kemampuan atau akses komunikasi dengan penyedia barang di kota maupun negara tujuan. Akses komunikasi yang di maksud adalah bisa berupa koneksi atau kemampuan bahasa sesuai negara tujuan penyedia barang.

Misalnkan Anda ingin memulai usaha jastip produk atau barang dari negara Korea Selatan. Selain memiliki koneksi produsen asli dari negara tersebut, Anda juga perlu menguasai Bahasa Inggris/Korea agar bisa berkomunikasi dengan lancar.

Baca Juga : 6 Cara Agar Usaha Lancar dan Sukses

2. Melakukan Riset Target Pasar di Indonesia

Cara memulai usaha jastip yang kedua adalah melakukan riset untuk target pasar di Indonesia. Tidak semua orang tertarik untuk melakukan pembelian barang melalui jastip ini. Hanya seseorang dengan minat tertentu saja yang tertarik titip produk barang dari kota maupun negara lain. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha jasa titip, pastikan terlebih dahulu apakah barang jastip Anda benar-benar di butuhkan. Caranya dengan melakukan riset dengan menarget calon pembeli yang berminat menggunakan jasa titip ini.

3. Siapkan Foto Produk / Barang yang Menarik

Cara memulai usaha jastip selanjutnya adalah menyiapkan foto produk. Karena barang jastip di promosikan melalui media online. Maka Anda harus menggunakan foto produk yang menarik orang - orang, namun tetap tampak original. Apabila kesulitan membuat foto produk sendiri, Anda bisa meminta foto produk dari produsen produknya langsung. Biasanya, produk jastip dari luar negeri akan lebih laris jika yang di gunakan foto asli dari negara tersebut.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

4. Tetapkan Tarif Jastip yang Masuk Akal

Selanjutnya cara memulai usaha jastip adalah menentukan tarif untuk jastip yang masuk akal. Terutama jika produk atau barang jastip berasal dari negara lain. Umumnya, pengguna jastip adalah seseorang dari kalangan ekonomi menengah atas. Akan tetapi, mereka biasanya juga sudah mengetahui harga asli dari produk yang akan di belinya. Jika Anda terlalu tinggi dalam memberikan tarif jastip, bisa-bisa pelanggan Anda lari ke jasa titip lain dengan harga yang lebih murah.

5. Pastikan Produk / Barang Sesuai Ekspektasi

Cara memulai usaha jastip yang terakhir adalah memastikan barang sesuai ekspektasi. Agar pemesan tidak kecewa, jadi Anda harus memberikan barang sesuai yang mereka bayangkan. Selain itu, pastikan juga kualitas dari produk tersebut terjaga saat dalam perjalanan. Apabila pengiriman produk dari luar negeri, minta pengirim mengemas barang sebaik mungkin agar tidak terjadi kerusakan saat proses pengiriman.

Baca Juga : 5 Contoh Ide Bisnis Digital yang Menjajinkan Wajib Anda Coba 

Demikian artikel di atas mengenai 5 Cara Memulai Usaha Jastip agar Menguntungkan untuk Pemula. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha jastip ini.



Tidak ada komentar untuk "5 Cara Memulai Usaha Jastip agar Menguntungkan untuk Pemula"