Widget HTML Atas

8 Tips Membuat Bisnis Makanan Ringan dan Contohnya

 

8 Tips Membuat Bisnis Makanan Ringan dan Contohnya

8 Tips Membuat Bisnis Makanan Ringan dan Contohnya - Jika terpikirkan ingin memulai usaha, tips membuat bisnis makanan ringan mempunyai peluang yang cukup menjanjikan. Hal ini karena permintaan makanan ringan selalu meningkat dari hari ke hari. Tidak hanya menargetkan pasar anak-anak saja, bisnis makanan ringan ini juga banyak di minati oleh remaja maupun orang dewasa.

Memang saat ini jenis bisnis makanan ringan semakin beragam. Mulai dari aneka keripik, siomay, batagor dan banyak lagi lainnya. Anda pun bisa membuat ide bisnis makanan ringan baru karena peluangnya yang terbuka lebar.

Apabila Anda tertarik, ada beberapa tips membuat bisnis makanan ringan yang perlu di perhatikan. Mulai dari membuat persiapan, perencanaan yang matang, riset dan analisis target pasar dan lainnya. Anda harus mencari tau jenis makanan ringan yang memiliki permintaan pasar tinggi tetapi produsen terbatas. Untuk memulai bisnis makanan ringan di perlukan ketekunan dan manajemen yang tepat. Agar bisnis Anda bisa sukses, silakan simak tips membuat bisnis makanan ringan.

Baca Juga : 5 Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula

8 Tips Membuat Bisnis Makanan Ringan

Berikut ini aldianweb.com akan memberikan beberapa tips yang harus Anda perhatikan untuk memulai bisnis makanan ringan.

1. Memperhatikan Kualitas Bahan

Agar bisnis makanan ringan yang Anda produksi laris di pasaran, tentu saja Anda harus memperhatikan kualitas makanan tersebut. Kualitas produk tergantung dari  proses pengolahan, bahan makanan ringan yang di pakai dan cara pengemasan.

Bahan yang di gunakan harus berkualitas baik serta higienis. Tak hanya itu, pastikan juga bahan bisnis makanan ringan tersebut aman untuk di konsumsi. Cara pengolahannya juga harus sesuai dengan aturan. Jika Anda memproduksi makanan ringan yang di goreng, pastikan mengganti minyak secara berkala.

Tips membuat makanan ringan selanjutnya buat lah kemasan yang cukup menarik. Karena hal yang pertama kali di perhatikan oleh pembeli adalah kemasan dari suatu produk makanan.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

2. Selalu Melakukan Inovasi

Orang yang selalu memenangkan bisnis makanan ringan adalah yang selalu melakukan inovasi agar tercipta jenis makanan yang baru. Dengan adanya inovasi pada makanan ringan, maka produk yang Anda jual menjadi berbeda dengan produk orang lain. Tips yang satu ini juga akan memudahkan konsumen untuk melihat ciri khas produk Anda.

3. Menciptakan Relationship dengan Pelanggan

Bagi seorang yang memiliki bisnis makanan ringan harus selalu menjaga hubungan dengan pelanggannya. Sehingga, tidak hanya melakukan pembelian produk bisnis Anda satu kali saja. Melainkan akan menjadi loyal dan melakukan pembelian makanan ringan sampai berulang kali.

Anda bisa menjaga reputasi bisnis dengan melayani para konsumen makanan ringan secara baik. Serta menciptakan kesan pembelian yang lebih mendalam. Perbanyak senyum agar pelanggan merasa nyaman saat membeli produk Anda.

Manfaatkan juga media sosial agar tercipta branding dari bisnis makanan ringan Anda. Ciptakan hubungan yang dekat dengan para pelanggan. Nantinya pelanggan akan menjadi iklan gratis untuk pelanggan bisnis Anda selanjutnya. Penyebaran informasi mengenai suatu produk dari mulut ke mulut juga terbukti efektif menjaring para pelanggan.

Baca Juga : 5 Cara Memulai Usaha Jastip agar Menguntungkan untuk Pemula

4. Menerapkan Strategi yang Sesuai dengan Kebutuhan Pasar

Tips selanjutnya adalah srategi yang tepat wajib di terapkan agar perkembangan bisnis makanan ringan akan lebih maju. Rancang strategi penjualan yang lebih tepat seperti menarget atau membaca pasar yang terdapat peluang. Sehingga, peningkatan penjualan produk bisa terjadi. Beberapa strategi yang bisa di lakukan saat membuat bisnis makanan ringan adalah menambah berat makanan, terapkan diskon, terapkan harga promo dan memberi sampel produk secara gratis.

5. Harus Lebih Visioner

Seorang pemilik bisnis makanan ringan juga harus memiliki pemikiran untuk ke depannya. Tidak hanya itu, pengusaha juga harus selalu berpikir positif. Perjalanan seorang pebisnis menuntut orang tersebut untuk melayani customer dengan sebaik-baiknya.

Pikiran yang positif akan membuat Anda lebih tenang. Untuk itu, Anda harus menjauhi pikiran yang sempit dan negatif. Anda harus berpikir positif, jika suatu saat bisnis makanan ringan yang Anda di kelola pasti akan sukses. Hal ini juga akan membuat semangat Anda meningkat, dan bisa memikirkan ide-ide baru untuk bisnis Anda.

6. Cerdas dalam Melihat Peluang

Pada saat ingin membuat bisnis makanan ringan, pebisnis harus melihat peluang jenis produk apa yang banyak di minati orang. Kemudian lihat pesaing yang menjual produk yang sama dengan yang akan kita buat. Jika masih belum banyak pesaingnya, maka bisnis makanan ringan Anda berpeluang akan laris.

Baca Juga : 7 Contoh Bisnis Dropship beserta Keuntungannya

7. Pastikan Produk Makanan Mudah di Produksi

Memastikan bahwa produk mudah di buat adalah tips pertimbangan ketika ingin membuat bisnis makanan ringan. Anda harus mengetahui apakah dari segi tenaga produk bisnis akan menguntungkan. Bisa di artikan apakah proses produksinya tidak memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu cari jenis makanan ringan yang memiliki bahan mudah di cari dan waktu produksi yang tidak terlalu lama.

Baca Juga : 5 Contoh Ide Bisnis Digital yang Menjajinkan Wajib Anda Coba 

8. Catat Pengeluaran dan Pemasukan dengan Rinci

Untuk mengetahui keuntungan dan kerugian dari bisnis makanan ringan, Anda harus melakukan pencatatan pada setiap pengeluaran dan pemasukan dari bisnis tersebut.

Anda bisa menggunakan pembukuan manual jika baru memulai bisnis makanan ringan. Namun jika sudah mempunyai bisnis skala menengah ke atas, penggunaan software akuntansi adalah solusi untuk optimalisasi pembukuan bisnis secara menyeluruh.

Hal ini penting karena semakin besar sebuah bisnis, Anda membutuhkan waktu lebih banyak untuk merencanakan strategi bisnis yang lebih terarah. Sangat membuang waktu jika pembukuan di lakukan secara manual. Oleh karena itu Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi untuk bisnis makanan ringan.

5 Contoh Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menguntungkan

Saat ini, ada banyak jenis makanan ringan yang di jual. Mulai dari makanan tradisional sampai modern. Penjualnya pun juga berada di berbagai tempat mulai dari pinggir jalan, pasar, taman, restoran dan juga supermarket.

Baca Juga : Berikut 6 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Bisnis makanan ringan juga dapat di lakukan dengan modal kecil. Bahkan, dengan modal ratusan ribu Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Berikut beberapa contoh ide bisnis makanan ringan yang menguntungkan :

1. Bakpau Buah

Bisnis makanan ringan memang selalu menuntut ide - ide yang baru. Meskipun bakpau merupakan salah satu jenis makanan tradisional. Akan tetapu, dengan sedikit perubahan bentuk akan membuatnya menjadi makanan ringan yang unik.

Makanan ringan asli China yang satu ini bisa di bentuk layaknya buah beraneka warna. Untuk isi dari bakpau ini bisa di sesuaikan dengan selera pelanggan.

2. Brownies Beku Stick

Brownies adalah jenis makanan ringan yang sudah sangat biasa di temukan. Namun, brownies beku layaknya es krim tentu akan menarik perhatian. Makanan ringan yang memiliki tekstur lembut ini akan menjadi unik jika di tambahkan stik es krim di ujungnya.

Setelah itu, Anda bisa menaruh makanan ringan ini dalam freezer. Hasilnya adalah kue yang dingin, padat dan kenyal ketika di gigit. 

Sebelum brownis di bekukan, Anda bisa menambahkan berbagai topping di atasnya. Jika di daerah Anda belum ada jenis makanan ini, brownies beku stick layak untuk di jadikan bisnis makanan ringan. 

Baca Juga : Usaha Toko Kelontong Modal Kecil 

3. Roti Cane

Bisnis makanan ringan selanjutnya adalah roti cane. Meskipun merupakan salah satu makanan tradisional dari Timur Tengah, tetapi roti cane cukup populer di Indonesia. Makanan ini memang cocok di lidah masyarakat lokal. Varian rasanya yang beragam juga bisa sesuai seleran para pembeli.

4. Kue Basah

Bisnis makanan ringan satu ini adalah kue basah. Camilan berupa kue basah memang banyak di minati oleh masyarakat. Tak ada salahnya jika mencoba membuat bisnis makanan ringan yang satu ini. Jenis kue basah yang tidak pernah kehabisan pelanggan adalah bolu kukus,  kue lapis, karamel, kelpon, dadar gulung, ongol-ongol dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Inspirasi Jualan Makanan Online

5. Mie Lidi

Mie Lidi adalah jajanan anak pada zaman dahulu. Namun, akhir ini makanan ringan mie lidi kembali booming. Terdapat banyak online shop yang menawarkan makanan jadul ini. Namun, saat ini mie lidi menyediakan varian rasa yang semakin beragam. Mulai dari sapi panggang, keju, bbq dan sebagainya. Kemasannya pun di buat sebaik mungkin agar lebih menarik. 

6. Ragam Kerupuk

Bisnis makanan ringan berupa kerupuk banyak di minati oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari kerupuk ikan, kerupuk jengkol, kerupuk udang, dan lainya. Meskipun terdengar sepele, namun pengusaha makanan ringan kerupuk di berbagai daerah di Indonesia sudah banyak yang meraih kesuksesan.

Demikian 8 Tips Membuat Bisnis Makanan Ringan dan Contohnya. Pastikan Anda telaten untuk melakukan setiap tahapan sampai benar-benar sukses. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.



Tidak ada komentar untuk "8 Tips Membuat Bisnis Makanan Ringan dan Contohnya"