Widget HTML Atas

5 Cara Membuat Pohon Alpukat Cepat Berbuah Tanpa Musim

 

Cara agar pohon alpukat cepat berbuah

5 Cara Membuat Pohon Alpukat Cepat Berbuah Tanpa Musim dan Sepanjang Tahun - Pada kesempatan kali ini aldianweb.com akan membahas informasi dan juga kita akan belajar bersama bagaimana cara menggemburkan alpukat dan bisa berbuah tanpa musim. Sehingga nantinya kita akan memenuhi kebutuhan produktifitas dalam berkebun.

Cara Membuat Pohon Alpukat Berbuah Sepanjang Tahun

Berikut ini adalah beberapa cara agar pohon alpukat cepat berbuah :


1. Pemangkasan

Cara yang pertama adalah proses pemangkasan pada pohon alpukat agar cepat berbuah. Caranya adalah dengan memangkas ujung dari setiap cabang ranting di pohon alpukat. 

Tujuannya adalah  untuk memangkas pertumbuhan tunas primernya. Jadi pertumbuhan pada pohon alpukat akan di arahkan ke tunas sekunder dan tersier. 

Karena buah alpukat nanti munculnya dari tunas sekunder dan tersier. Jadi proses pemangkasan di lakukan pada pucuknya atau tunas-tunas baru pohon alpukat.  

Cara Pemangkasan agar alpukat cepat berbuah yang baik dan ideal :

  • Kita harus lihat terlebih dahulu percabangan awal dari pohon alpukat. 
  • Kita buat cabang utama terlebih dahulu. 
  • Setelah membuat cabang utamanya, selanjutnya perhatikan rantingnya. Ranting ini terdiri dari 3 yaitu primer,sekunder,tersier. 
  • Ranting pohon yang paling besar sekunder, ranting cabang yang tumbuh dari sekunder adalah tersier. Ranting kecil paling ujung atau pucuk adalah primer.
  • Pertumbuhan buah alpukat akan maksimal pada ranting sekunder dan tersier saja.
  • Jadi lakukan pemangkasan beberapa ranting pohon primer.

2. Proses pemupukan

Cara membuat alpukat berbuah tanpa musim dan sepanjang tahun yang kedua adalah proses pemupukan pada pohon alpukat. Anda harus pintar dalam memilih jenis pupuk yang bagus untuk tanaman alpukat unggulan

Pilihlah pupuk yang menganduk banyak bahan potasium dan juga kalium. Jadi proses melakukan cara pemupukan ini, agar pohon alpukat berbuah tanpa musim atau sepanjang musim.  

3. Melihat dan Memperbaiki Kondisi Tanahnya

Untuk cara yang ini adalah memperhatikan kondisi tanah pada pohon alpukat. Gunakan pupuk pada tanah agar nantinya tanah bisa tetap subur. Anda bisa memperbaiki kondisi tanah dengan cara memberikan pupuk kandang ternak yang di fermentasi. 

Gunakan kotoran kambing sebagai pupuk kandang. Hal ini karena kotoran kambing tidak terlalu banyak mengandung bakteri dan jamur yang nanti malah merusak tanah. 

Anda bisa memberikan pupuk di sekitar pohon alpukat, lalu siram dengan air agar pupuk meresap pada tanah. 

4. Kapur dan tembaga sulfat

Cara ini cukup efektif juga agar pohon alpukat cepat berbuah sepanjang tahun. Caranya adalah dengan mencampur kapur dan tembaga sulfat dengan air. 

Setelah itu aduk sampai benar - benar tercampur rata. Selanjutnya adalah mengoleskan air campuran tsdi pada batang pohon alpukat yang paling bawah. Hal ini agar pohon alpukat bisa terhindar dari penyakit dan juga serangan hama. 

5. Gunakan mulsa

Walaupun kita menanam pohon alpukat di lahan atau area perkebunan dan tidak di planter bag. Kita juga harus tetap mengendalikan nya dengan cara memberikan mulsa pada sekitar pohon alpukat. 

Tujuan penggunaan mulsa yaitu untuk mengurangi intensitas air hujan yang turun ke tanah. Hal ini agar pohon alpukat juara tidak menerima air terus menerus. Sehingga air hujan yang banyak tadi bisa terhalang dengan mulsa. 

Manfaat mulsa lainnya adalah Mengurangi atau mencegah erosi pada permukaan tanah apabila tergerus air hujan maupun kita saat menyiram pohon. 

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai 5 Cara Membuat Pohon Alpukat Berbuah Tanpa Musim dan Sepanjang Tahun. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.




Tidak ada komentar untuk "5 Cara Membuat Pohon Alpukat Cepat Berbuah Tanpa Musim "