Widget HTML Atas

Strategi Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan Bagi Pemula

Strategi Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan Bagi Pemula

Strategi Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan Bagi Pemula - Strategi memasarkan produk bisnis sangat penting bagi para pengusaha, apalagi untuk seorang pemula. Untuk pemula yang memulai bisnis rumahan dengan modal kecil, tentu butuh strategi pemasaran yang praktis dan menguntungkan agar bisa menekan anggaran.

Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk memasarkan produk makanan rumahan baik secara online maupun offline. Seorang pengusaha harus bisa menentukan media yang efektif di gunakan untuk pemasaran produk bisnis.

Untuk cara memasarkan produk memang harus di lakukan secara matang dan harus di perhatikan dengan sangat teliti. Agar usaha rumahan yang di jalankan mampu mengidentifikasi dengan target pasar. Jika sudah bisa identifikasi pasar, maka cara memasarkan yang di lakukan harus tepat dan juga sesuai.

Bisnis produk rumahan memang menjadi pilihan yang tepat bagi seorang pemula yang ingin terjun membuka usaha dengan modal kecil. Selain keuntungannya bisa di jalankan dari rumah dan tanpa meninggalkan kewajiban utama bersama keluarga, bisnis produk makanan rumahan juga bisa di jadikan bisnis sampingan untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Mulai dari proses perencanaan produk, proses produksi sampai dengan cara pemasaran, bisnis produk rumahan tentunya jauh berbeda dengan bisnis besar pada umumnya. Lalu bagaimana cara bisnis produk makanan rumahan yang menghasilkan pendapatan yang besar?

Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan 

Tentu saja tidak lepas dari cara pemasaran produk yang baik dan tepat. Untuk Anda yang ingin atau bahkan sudah mempunyai bisnis produk rumahan, tapi ingin lebih mengoptimalkan cara pemasaran. 

Berikut ini aldianweb.com akan memberikan beberapa cara memasarkan produk makanan rumahan untuk pemula yang bisa Anda lakukan dalam bisnis yang sedang di jalankan :

1. Brosur

Menyebarkan brosur merupakan salah satu strategi pemasaran untuk usaha produk rumahan yang cukup efektif. Selain menyebarkan brosur, Anda juga bisa memasang pamflet berukuran cukup besar dengan promo yang menarik. Pasang pamflet itu di tempat-tempat yang banyak di kunjungi orang seperti taman. Semakin banyak orang yang membaca brosur atau pamflet produk rumahan Anda, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan.

2. Media Online

Memasarkan produk rumahan melalui media online merupakan cara yang bukan hal yang baru lagi. Anda bisa memulainya dengan membuat akun facebook, instagram, iwhatsapp dan lain sebagainya untuk mulai mendapatkan banyak pelanggan atau konsumen.

Cara yang satu ini cukup efektif untuk mendapatkan respons dari pelanggan dengan cepat. Bahkan dengan memasarkan produk rumahan ke media sosial, kita bisa menjangkau target pelanggan dengan lebih luas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara dengan bergabung ke grup atau forum online yang sesuai dengan target pasar. Menggapai jaringan dengan pelanggan yang lebih luas akan memberikan kesempatan lebih baik bagi produk makanan rumahan.

3. Dari Mulut ke Mulut

Sebagai langkah awal memasarkan produk usaha rumahan memang bukanlah hal yang mudah. Biasanya para pemula bisnis produk rumahan memasarkan atau promosi menggunakan cara dari mulut ke mulut. Yang bisa Anda jadikan target pasar pertama adalah, teman, tetangga, keluarga maupun rekan. Mulailah dari orang terdekat, Anda bisa mendapatkan kritik maupun masukan untuk mengembangkan bisnis produk makanan rumahan yang sedang di jalankan.

4. Mengikuti Berbagai Bazar

Cara memasarkan produk makanan rumahan ini sering di lakukan oleh pelaku bisnis makanan. Bisnis produk rumahan tidak akan bisa berkembang dengan baik ketika Anda hanya diam tanpa melakukan sesuatu usaha apa-apa. Salah satu cara memasarkan prodok untuk mengenalkan produk Anda adalah dengan mengikuti pameran atau bazaar.

Dengan begitu Anda memiliki kesempatan untuk memasarkan produk makanan rumahan di bazar. Dengan mengikuti acara bazar, pemula bisnis tidak hanya bisa meningkatkan penjualan produk tetapi juga bisa menjaring relasi bisnis lebih banyak.

5. Pasarkan ke Toko-Toko

Jika hal ini di rasa perlu dan wajib untuk Anda coba, Anda dapat memasarkan produk makanan rumahan ke toko-toko yang berada jauh dari tempat tinggalmu. Namun sebelum Anda menggunakan cara pemasaran produk rumahan ini, coba amati dahulu untuk memahami bagaimana minat para pembeli di toko tersebut. Apa yang mereka pikirkan dan bagaimana pengaruhnya bagi bisnis rumahan milik Anda ke depannya.

6. Kartu Nama

Membuat kartu nama untuk sebuah produk makanan rumahan menurut sebagian pemula bisnis terkadang di anggap sebagai hal sepele. Banyak dari mereka yang menganggap bahwa membuat kartu nama hanya sebagai sarana untuk memudahkan pelanggan menghubungi bisnis rumahan. Padahal perlu Anda ketahui bahwa kartu nama bisa di gunakan sebagai alat untuk cara pemasaran produk rumahan.

7. Radio

Salah satu media yang bisa Andw gunakan untuk cara memasarkan produk rumahan adalah radio. Media yang satu ini mungkin bisa di bilang jadul, karena sekarang ini banyak orang yang mulai beralih dan lebih tertarik pada media sosial. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba memasarkan makanan rumahan di radio. 

Cara pemasaran ini tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan target pasar. Karena pendengar radio saat ini masih bisa di katakan cukup banyak meskipun tidak sebanyak zaman dulu. Dengan memasarkan menggunakan strategi ini tentunya berpeluang juga menjangkau berbagai penjuru daerah.

8. Blog atau Website

Salah satu media yang bisa di gunakan untuk memasarkan produk rumahan adalah dengan cara memasang iklan di blog. Saat ini banyak orang yang bergantung pada google untuk mendapatkan berbagai informasi. 

Jadi kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan target pasar melalui media blog akan lebih besar. Jika Anda memiliki website untuk produk makanan rumahan, maka bisa langsung terhubung dengan website tersebut. Dengan begitu Anda bisa menjaring banyak target pasar.

9. Media cetak

Salah satu cara pemasaran produk makanan yang bisa Anda gunakan adalah media cetak. Anda bisa memasang produk rumahan pada media cetak seperti koran maupun majalah. Kemungkinan besar akan mendatangkan keuntungan yang cukup besar. 

Apalagi zaman sekarang banyak media cetak yang sudah di dukung dengan terdapatnya fitur online. Maka hal ini akan sangat memudahkan Anda, karena dapat menautkan link website atau akun media sosial produk makanan rumahan Anda.

10. Market Place Media Sosial

Kemudahan untuk memulai suatu bisnis di era modern sekarang ini, berbagai fasilitas untuk berjualan banyak di sediakan dengan mudah dan juga gratis. Seperti salah satu media yang satu ini yaitu market place.

 Media ini bisa di katakan sebuah pasar online yang menyediakan tempat secara gratis bagi para pebisnis untuk memasarkan produk usaha nya. Market place biasa di sediakan oleh media sosial seperti shopee, buka lapak, toko pedia dan lain masih banyak lagi.

Pastinya dengan adanya berbagai fasilitas tersebut, Anda bisa memasarkan produk makanan rumahan tanpa harus pusing memikirkan lapak yang akan di gunakan atau bingung karena tidak mempunyai situs web. Tinggal membuat akun dan mendaftarkan diri, maka Anda sudah bisa mulai menjual melalui market place.

11. Pemasaran email

Cara memasarkan produk makanan rumahan yang satu ini mungkin kurang menarik di gunakan untuk melakukan promosi di bandingkan dengan media lainnya. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. 

Karena email marketing ini memiliki keuntungan yang cukup bagus saat publikasikan secara online. Cara pemasaran dengan email merupakan sumber terbesar untuk menawarkan promosi bahkan penawaran produk pada konsumen.

12. Youtube

Cara pemasaran produk makanan rumahan yang selanjutnya dengan menggunakan youtube. Media ini menyediakan fasilitas berupa konten berbasis video untuk mengekspresikan diri. Youtube menjadi salah satu media yang cukup banyak peminat dari berbagai usia dan golongan.

Tentu dengan memanfatakan media pemasaran produk yang satu ini, target pasar akan lebih besar dan jangkauan juga lebih luas. Sangat di sarankan agar mempromosikan produk makanan rumahan yang satu ini sebagai media.

Jadi bagaimana setelah mempelajari media-media yang di gunakan untuk memaksimalkan cara pemasaran produk rumahan. Rumah memanglah tempat untuk memulai usaha yang cukup strategis bagi Anda yang hanya dengan modal kecil. Jika usaha rumahan sudah maju dan bisa berkembang dengan baik, baru Anda memikirkan strategi baru untuk menyewa tempat usaha yang lebih besar lagi.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Strategi Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan Bagi Pemula. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang merintis sebuah usaha.


Tidak ada komentar untuk "Strategi Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan Bagi Pemula"