Widget HTML Atas

4 Tips dan Cara Membeli Barang dari Luar Negeri

Cara membeli barang dari luar negeri


4 Tips dan Cara Membeli Barang dari Luar Negeri – Belanja online sekarang memang sudah menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan barang dengan harga murah namun dengan kualitas baik. Negara Indonesia saat ini sudah banyak e-commerce yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pembelian secara online. Tetapi, terkadang masih ada beberapa kendala seperti barang yang tidak tersedia dan tidak di jual di Indonesia.

Anda bisa beralih ke situs jual beli online internasional untuk membeli barang luar negeri yang tidak ada di Indonesia. Tersedianya berbagai macam produk yang tidak ada di Indonesia, meningkatkan hasrat belanja lebih tinggi di situs marketplace internasional. 

Terlebih lagi barang yang di tawarkan terkadang memiliki harga yang lebih murah. Bisa di bandingkan dengan situs lokal yang ada di Indonesia. 

Tetapi sangat di sayangkan bahwa membeli barang online melalui situs internasional juga lebih berisiko. Hal ini di karenakan Anda tidak bisa dengan mudah melakukan tindakan jika terjadi sebuah permasalahan.

Misalnya masalah dalam proes pengiriman ataupun kegagalan pembayaran. Hal tersebut sebenarnya bisa di minimalisir dengan beberapa cara. Di antaranya adalah dengan membeli barang di situs marketplace internasional yang terpercaya atau bisa dengan langkah lainnya.


Cara Membeli Barang Online dari Luar Negeri

Untuk Anda yang masih sangat awam dengan belanja online dan ingin membeli barang di situs marketplace internasional. Oleh karena itu berikut tips dan cara membeli barang online di luar negeri dengan mudah dan juga cepat.

1. Riset Terhadap Situs Marketplace Internasional

Tidak bisa di pungkiri, membeli barang online melalui situs marketplace internasional yang terpercaya adalah sesuatu yang wajib untuk di lakukan. Biasanya, situs marketplace yang terpercaya ini memiliki reputasi yang cukup baik karena memudahkan proses belanja penggunanya.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa barang yang di tawarkan di situs tersebut lebih murah di bandingkan dengan marketplace lainnya. Cara untuk mengetahui bahwa marketplace tersebut terpercaya atau tidak, Anda dapat mencari kritik atau komen dari para pelanggan sebelumnya. 

Jika Anda mengalami kesulitan, coba untuk mencari ulasan yang berbahasa Indonesia melalui blog lokal atau forum di internet. Biasanya Anda bisa langsung mengetahui apakah situs marketplace tersebut terpercaya atau memiliki ulasan yang jelek.

Perhatikan juga apakah seluruh proses pembayaran pelanggan sudah aman atau tidak, dan apa barang yang di kirim adalah barang original atau palsu. Biasanya, forum seperti itu akan membahas hal tersebut secara lebih detail.

2. Cek Ongkos Kirim

Jarak merupakan salah satu hambatan bagi seseorang untuk membeli barang luar negeru melalui marketplace internasional. Jarak yang jauh memang tentu saja membuat ongkos kirim menjadi lebih mahal.

Jadi walaupun harga barang luar negeri murah sekalipun, akan percuma jika ongkir yang di bebankan terlalu mahal. Oleh karena itu sebelum melakukan pembelian, perhatikan juga ongkos kirimnya. 

Umunya setiap marketplace tidak hanya menyediakan satu pilihan jasa pengiriman saja. Jadi pilih jasa pengiriman yang memiliki harga yang lebih terjangkau.

3. Pahami Metode Pembayaran yang Tersedia

Ketika membeli barang online, entah itu marketplace dalam negeri maupun luar negeri, tentu mempunya pilihan sistem pembayaran online. Salah satunya adalah pembayaran dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit.

Tentu saja untuk melakukan proses pembayaran, data kartu kredit Anda akan di minta. Juga perlu di ketahui, bahwa semua proses transaksi memiliki resiko masing-masing.

4. Jangan Lupa Bea Cukai

Apakah membeli barang dari luar negeri kena pajak? Melakukan pembelian barang dari luar negeri wajib di kenai pajak bea cukai yang juga tidak sedikit.

Ketika membeli barang online dari luar negeri, tentu saja Anda perlu memperhatikan juga soal bea cukai. Biasanya akan ada pemeriksaan pajak yang di kenakan sesuai dengan jenis dan kuantitas barang tersebut. Salah satu cara termudah menghitung pajak yaitu dengan melihat harga total dari barang yang di kirimkan.

Sebagai contoh, total belanja barang Anda yaitu kurang dari USD 50. Maka barang tersebut tidak akan terkena biaya bea cukai karena hanya akan di anggap sebagai oleh-oleh saja. 

Namun, jika total barang yang di belanjakan lebih dari USD 50, maka barang tersebut biasanya di tahan oleh bea cukai. Pajak tersebut perlu di bayarkan dahulu sebelum barang dapat di tebus dan juga di bawa pulang.


7 Daftar Situs Jual Beli Barang Luar Negeri

Lalu, membeli barang luar negeri dimana? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini ini adalah situs jual beli barang luar negeri :

1. AliExpress

AliExpress adalah salah saty situs jual beli barang online yang berasal dari China, yang melayani pengiriman ke seluruh dunia. AliExpress ini bisa menjadi salah satu situs yang cocok untuk membeli berbagai macam barang luar negeri namun dengan harga yang terjangkau. 

Di AliExpress sendiri banyak penjual yang menyediakan atau memberikan gratis ongkos kirim ke Indonesia. Hal ini yang membuat AliExpress sering di jadikan sebagai situs dropship terbesar bagi penjual di indonesia.

2. Amazon

Amazon adalah salah satu situs jual beli online internasional yang juga sangat besar. Amazon ini merupakan marketplace terbesar di dunia saat ini. Anda bisa mendapatkan berbagai barang luar negeri apa saja baik di situs ini.

Selain sebagai toko online luar negeri terbesar di dunia, Amazon juga biasa di kenal sebagai ladang untuk mencari uang baik blogger maupun YouTuber dengan program afiliasi nya. 

Anda bisa mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang di arahkan dari link yang sudah Anda bagikan melalui blog maupun youtube.

3. eBay

Mungkin situs jual beli internasional yang satu ini sudah banyak di kenal dan juga ketahui. Situs marketplace eBay menyediakan banyak pilihan pengiriman dan juga pembayaran yang bisa di gunakan penggunanya. Untuk masalah kepercayaan maupun kredibilitasnya, situs eBay sendiri sudah tidak perlu kita ragukan lagi. 

eBay saat ini terkenal menjadi situs membeli barang online internasional terpercaya yang sering di gunakan oleh orang di seluruh dunia. Tentu saja salah satunya adalah masyarakat di Indonesia. 

Hal yang juga cukup menarik dari situs eBay adalah adanya fitur lelang, dimana Anda bisa bersaing mendapatkan barang langka dengan fitur lelang tersebut. Cukup banyak artis terkenal yang melelang barang miliknya melalui situs marketplace eBay ini.

4. Gearbest

Lalu yang selanjutnya ada aplikasi Gearbest yang mungkin Anda sudah pernah mendengar nama aplikasi ini melalui iklan di YouTube maupun di Facebook.

Apabila Anda belum memiliki kartu kredit, Gearbest menyediakan sistem pembayaran melalui Doku atau bisa juga melalui sistem COD.

Jika barang yang di kirim tidak sesuai dengan pesanan, Anda bisa langsung mengajukan pengembalian barang atau return sesuai instruksi yang tertulis di aplikasi.

Barang luar negeri yang di tawarkan di aplikasi ini cukup lengkap dan beragam mulai dari gadget, fashion, aksesoris dan masih banyak lagi.

5. Banggood 

Tak kalah menarik dengan aplikasi sebelumnya, Banggood juga bisa dj andalkan untuk membeli barang dari luar negeri.

Hampir sama dengan Tokopedia dan Blibli, pengguna akan langsung mendapatkan gratis ongkir jika total barang yang di belinya sudah mencapai jumlah tertentu.

Aplikasi belanja online yang berasal dari China ini menawarkan koleksi hp Android yang terbilang cukup murah seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Gionee, ZTE dan Huawei.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih sistem pembayaran sesuai kebutuhan mulai dari kartu kredit, transfer bank, Doku, sampai bayar di tempat.

6. Alibaba

Alibaba merupakan aplikasi grosir terkenal untuk perdagangan global yang bisa di akses oleh pengguna dari 200 negara di dunia. Aplikasi ini di kenal dengan harga barang luar negeri yang terbilang cukup murah. Selain itu disini juga telah di sediakan sistem pembayaran COD.

Raksasa e-commerce asal China saat ini memang sudah cukup populer di Negara Indonesia. Sama seperti aplikasi sebelumnya, disini pengguna juga bisa membeli barang kebutuhan elektronik, gadget, otomotif, fashion sampai perlengkapan rumah tangga.

7. GeekBuying

Kini jauh lebih mudah dengan marketplace GeekBuying. Barang impor yang Anda beli dari aplikasi ini akan langsung di proses dan selanjutnya di kirimkan hingga ke depan rumah Anda.

Aplikasi GeekBuying bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store. Ketika aplikasi ini di buka, maka akan langsung di suguhkan berbagai macam barang dari berbagai kategori termasuk Smartphone, fashion, perangkat elektronik, aksesoris dan masih banyak lainnya.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai 4 Tips dan Cara Membeli Barang di Luar Negeri. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.


Tidak ada komentar untuk "4 Tips dan Cara Membeli Barang dari Luar Negeri"