Widget HTML Atas

Ketahui! Inilah Tips Sukses Investasi Reksadana dengan Gaji UMR!

Konten [Tampil]
Ketahui! Inilah Tips Sukses Investasi Reksadana dengan Gaji UMR!

Ketahui! Inilah Tips Sukses Investasi Reksadana dengan Gaji UMR! - Investasi merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan finansial di masa mendatang. Memulai investasi juga tidak harus berpatokan dengan gaji yang besar. Bahkan untuk ukuran gaji UMR ternyata bisa melakukan investasi dengan mudah. Banyak sekali instrumen investasi tanpa memerlukan modal besar, salah satunya investasi reksadana. Saat ini investasi reksadana semakin digemari oleh kaum millennial, apalagi kesadaran kaum milenial untuk memulai investasi terus meningkat dari tahun ke tahun. Reksadana menjadi pilihan instrumen investasi millennial karena dinilai relatif aman dan mudah. Lantas, bagaimana cara investasi reksadana  yang tepat untuk pemula dengan gaji UMR? . 

Mencatat Pendapatan dan Pengeluaran Rutin

Tips pertama dalam memulai investasi reksadana adalah mencatat semua pendapatan sekaligus pengeluaran setiap bulan. Tujuannya agar mengetahui kemana saja gaji yang digunakan dengan jelas. Dalam pengelolaan gaji, Anda dapat membaginya menjadi tiga bagian yaitu  living, saving, dan playing. Living adalah gaji yang nantinya akan digunakan untuk biaya hidup atau kebutuhan primer lainnya. Sementara saving adalah uang yang disimpan untuk menabung, investasi hingga menyiapkan dana darurat. Sedangkan playing adalah uang yang dapat digunakan untuk membiayai gaya hidup seperti jalan-jalan. Dengan mengkategorikan gaji menjadi tiga bagian tentu akan memudahkan Anda dalam memulai investasi.

Menentukan Anggaran

Tips selanjutnya adalah menentukan anggaran dan mengelola pengeluaran, sehingga keuangan tidak cepat merosot. Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan metode sederhana, misalnya menyisihkan 50% untuk kebutuhan tempat tinggal, makan, hingga transportasi. Lalu, sekitar 20% bisa disisihkan untuk gaya hidup dan 30% dipakai untuk menabung atau berinvestasi. Cara ini sangat penting agar keuangan tetap stabil, sehingga Anda bisa mengelola keuangan dengan baik. Dengan gaji UMR, tentu tidak menjadi penghalang untuk tetap berinvestasi, bukan?

Ketahui! Inilah Tips Sukses Investasi Reksadana dengan Gaji UMR!

Mengetahui Profil Risiko

Dalam berinvestasi yang namanya risiko tentu pasti ada. Memahami profil risiko merupakan salah satu cara agar dapat berinvestasi yang aman dan nyaman. Porfil risiko ini bertujuan untuk menentukan produk investasi yang cocok bagi Anda. Umumnya, terdapat tiga karakter dari seorang investor yaitu konservatif, moderat, dan agresif. Tipe konservatif adalah investor yang menginginkan investasi stabil, aman, dan berisiko rendah. Investor yang tergolong tipe ini biasanya adalah investor pemula yang baru saja memulai investasi. Tipe kedua adalah moderat, dimana tergolong kepada investor yang memiliki tujuan investasi jangka menengah dengan profil risiko sedang. Sementara tipe agresif adalah investor yang sudah memiliki pengalaman dalam investasi dengan profil risiko yang tinggi. Jadi sangat penting untuk mengetahui profil risiko sebelum menentukan produk yang cocok untuk Anda. 

Pilih Produk Reksadana yang Sesuai dengan Profil Risiko

Salah satu kunci sukses dalam berinvestasi adalah memastikan produk reksadana yang Anda pilih sesuai dengan profil risiko. Terdapat berbagai jenis produk reksadana yang dapat Anda temui. Reksadana pasar uang adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang baru memulai investasi. Reksadana pasar uang memiliki risiko yang sangat rendah dan cocok untuk investasi jangka pendek dengan kurun waktu dibawah satu tahun. Produk reksadana selanjutnya adalah reksadana obligasi. Reksadana tipe ini memiliki risiko moderat dan cocok untuk rencana investasi di bawah 3 tahun. Selanjutnya adalah investasi saham, cocok untuk investor yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia investasi. Jenis produk ini memiliki risiko yang tinggi dan cocok untuk investasi jangka panjang. 

Jadi, itulah tips sukses investasi reksa dana dengan gaji UMR. Selain itu dalam memilih aplikasi untuk investasi pastikan untuk memilih investasi yang sudah terdaftar OJK. Selamat mencoba!



 

Tidak ada komentar untuk "Ketahui! Inilah Tips Sukses Investasi Reksadana dengan Gaji UMR!"