Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Tidak Terdaftar di Jaringan Samsung J2 Prime (Not Registered on Network)

 

Mengatasi Tidak Terdaftar di Jaringan Samsung J2 Prime

Cara Mengatasi Tidak Terdaftar di Jaringan Samsung J2 Prime (Not Registered on Network) - Salah satu masalah yang sering di alami oleh para pengguna android adalah masalah pada jaringan atau sinyal. 

Masalah yang terjadi yaitu munculnya notifikasi not registered on network atau tidak terdaftar di jaringan. Hal ini biasanya terjadi ketika akan melakukan aktifitas panggilan telepon maupun sms.

Hal lain yang juga paling sering mengalami tidak terdaftar di jaringan adalah ponsel dengan merk samsung j2 prime dan tipe samsung lainya. Masalah biasanya ini terjadi ketika menggunakan kartu indosat, smartfren dan axis bahkan operator telkomsel pun juga bisa saja mengalaminya.

Sebenarnya salah satu yang menyebabkan tidak terdaftar di jaringan Samsung J2 Prime adalah sinyal pada kartu SIM yang lemah dan kurang stabil. Sehingga perlu melakukan penguatan pada sinyal, selain itu trouble pada jaringan juga menjadi penyebab utamanya.

Baca juga : Cara Mengatasi Hp Samsung Mati Hidup Sendiri 

Mengatasi Tidak Terdaftar di Jaringan Samsung J2 Prime

Kemungkinan masalah tidak terdaftar di jaringan bisa di sebabkan oleh firmware atau rom yang tidak di lakukan upgrade. Sehingga perlu melakukan pembaharuan pada perangkat, yang biasanya tersedia pada menu pengaturan atau setting.

Untuk mengatasi tidak terdaftar di jaringan di perlukan beberapa tahapan yang berbeda. Karena adanya beberapa faktor, sehingga perlu solusi yang juga beragam. Berikut ini aldianweb.com memberikan cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan samsung j2 prime :

1. Restart HP

Cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan pertama adalah dengan merestart ponsel android Anda. Karena bisa saja dengan cara simpel seperti ini akan mengatasi masalah tidak terdaftar di jaringan Samsung j2 Prime. meskipun sepele namun cara ini wajib untuk di coba dan di praktekkan.

2. Lepas Kartu SIM

Bisa jadi permasalahan tidak terdaftar di jaringan di sebabkan oleh kartu SIM yang kotor atau mungkin saja rusak. Maka dari itu coba Anda lepas kartu SIM kemudian bersihkan dan pasang kembali. Selanjutnya hidupkan ponsel samsung j2 prime seperti biasanya, jika masih terjadi eror kemungkinan kartu sim tersebut rusak.

Coba kartu sim di Hp android lainnya dan jika memang masih error berarti Anda harus mengganti dengan kartu SIM baru. Namun jika kartu sim normal pada hp lain, maka Anda harus mengikuti cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan selanjutnya ini.

3. Mengatur Settingan Jaringan

Cara selanjutnya ini ada kaitanya dengan jaringan seluler. Jadi ada baiknya Anda melakukan pengaturan jaringan dengan cara yang berbeda sehingga jaringan bisa kembali normal. Berikut ini cara mengatur kembali setelan jaringan :

  • Masuk pengaturan atau setelan.
  • Kemudian pilihlah "jaringan dan nirkabel" atau "wireles and network atau network connections".
  • Setelah itu pilih menu "more atau lainnya".
  • Pilih opsi "network operator".
  • Tap otomatis jika tersedia.

Jika dengan cara ini ternyata masih terjadi eror tidak terdaftar di jaringan, maka coba lakukan cara yang selanjutnya ini.

4. Ganti Kartu SIM

Biasanya masalah eror tidak terdaftar di jaringan ini berhubungan dengan sinyal dan jaringan. Jadi alangkah baiknya jika Anda mengganti kartu operator lama dengan kartu operator lain yang baru.

Masalah ini bisa di sebabkan karena sinyal atau jaringan kartu operator yang Anda pakai tidak bagus, sehingga menyebabkan tidak terdaftar di jaringan. Cobalah untuk mengganti kartu operator A ke B atau bisa sebaliknya.

Baca juga : Cara Mengatasi Kamera Gagal Semua HP Samsung

5. Jaringan Memang Sedang Error

Jika ke 4 cara di atas sudah Anda lakukan namun masih tetap tidak terdaftar di jaringan. Mungkin saja jaringan di daerah Anda sedang mengalami masalah gangguan maupun error.

Sebaiknya Anda tunggu terlebih dahulu hingga beberapa waktu. Namun jika masih mengalami tidak terdaftar di jaringan terus-menerus, cara yang selanjutnya ini wajib Anda coba.

6. Upgrade Android

Seperti yang sudah di jelaskan pada paragraf di atas, bahwa mungkin saja hp android terutama samsung j2 prime Anda tidak bekerja maksimal. Hal ini di sebabkan karena system operasi android yang lama dan harus di upgrade. 

Selain mengatasi tidak terdaftar di jaringan, ternyata upgrade pada perangkat android juga mempunyai banyak manfaat. Berikut ini cara upgrade system operasi android :

  • Pastikan Anda terhubung dengan WIFI yang memiliki sinyal speed yang bagus.
  • Masuk ke aplikasi pengaturan.
  • Pilih menu "pembaruan perangkat".
  • Jika tidak ada pilihlah menu "about" kemudian cari "pembaruan perangkat".

Proses upgrade atau pembaruan system andorid biasanya memakan banyak data internet. Sehingga di sarankan untuk menggunakan WIFI dengan kecepatan sinyal speed yang bagus.

7. Flash Android

Cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan samsung j2 prime terakhir adalah Flash Android. Selain melakukan upgrade android ke versi yang lebih baik, ada baiknya jika Anda melakukan flashing ulang pada Hp. 

Sehingga cara ini akan memperbaiki masalah tidak terdaftar di jaringan. Akan tetapi untuk melakukan flash pada android android tentu membutuhkan tahap yang cukup ribet. Sehingga cara ini layak untuk Anda pertimbangkan.

Baca juga : 5 Cara Memperbaiki Hp Kembali Sendiri Samsung J2 Prime

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Cara Mengatasi Tidak Terdaftar di Jaringan Samsung J2 Prime (Not Registered on Network). Semoga cara di atas menjadi solusi permasalahan yang sedang Anda alami pada Hp android.



Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Tidak Terdaftar di Jaringan Samsung J2 Prime (Not Registered on Network)"