Widget HTML Atas

Jelaskan tiga Teknik Penerapan Ragam Hias diatas Bahan Tekstil

Konten [Tampil]
Jelaskan tiga Teknik Penerapan Ragam Hias diatas Bahan Tekstil

Jelaskan tiga Teknik Penerapan Ragam Hias diatas Bahan Tekstil - Teknik penerapan ragam hias juga dapat di terapkan pada bahan buatan. Salah satu contoh yaitu bahan tekstil. Penerapan ragam hias pada bahan tekstil juga sangat mudah kita temukan. Salah satu contohnya dari penerapan tersebut adalah pakaian bermotif batik.

Beda bahan dasarnya, pastinya teknik yang di gunakan juga berbeda. Jika penerapan pada bahan kayu, penerapan ragam hias bisa kita lakukan dengan cara mengukir, tetapi tidak dengan bahan tekstil.

Baca jugaJelaskan Tiga Manfaat Penerapan Ragam Hias diatas Bahan Tekstil

Apa saja teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil?

Ada empat teknik penerapan ragam hias yang bisa di terapkan pada bahan tekstil, yaitu:

1. Teknik sulam

Teknik sulam di terapkan dengan memakai jarum serta benang. Untuk warna dan juga motifnya bisa flora, fauna, geometris maupun figuratif.

Biasanya teknik sulam ini langsung di aplikasikan pada kain yang akan di gunakan. Sedangkan untuk teknik sulam bergantung pada apa yang kita inginkan.

2. Teknik tenun

Teknik ini di terapkan dengan cara menggabungkan benang dalam posisi melintang dan juga memanjang. Sebelum memulai tenun, sebelumnya benang ini sudah di beri warna.

Menenun bisa di lakukan dengan manual maupun dengan menggunakan mesin. Untuk motif, pastinya juga akan berpengaruh pada cara menenunnya.

3. Teknik bordir

Secara garis besar, teknik border sebenarnya tidak beda jauh dengan teknik sulam. Tetapi, perbedaannya terletak pada peralatan yang akan di gunakan.

Biasanya teknik sulam di lakukan secara manual, yaitu menggunakan jarum serta benang. Sedangkan teknik bordir di lakukan dengan memakai sebuah mesin.

4. Teknik batik

Membatik adalah salah satu teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil. Untuk bisa melakukannya, teknik membatik membutuhkan lilin malam yang sudah di cairkan dan canting.

Baca juga : Contoh Kerajinan Fungsi Hias dan Fungsi Pakai

Tiga teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil 

  1. Membantik yaitu menggambar di atas kain dengan memakai malam serta corak-corak tertentu.
  2. Menyulam yaitu teknik menggambar dekoratif memakai benang sulam, jarum serta motif tertentu.
  3. Menyablon yaitu menggambar di atas kain dengan bentuk yang kita inginkan.


Penjelasan :

Tekstil merupakan bahan yang terbuat dari serat alami ataupun serat buatan. Contoh serat yang berasal dari alam yaitu serat nanas, serat pisang maupun serat sutera. Dari jenis serat tersebut, maka akan menghasilkan beberapa jenis tekstil misalnya katun, wol, sutera serta brokat.


Penutup
Demikian artikel di atas mengenai Jelaskan tiga Teknik Penerapan Ragam Hias diatas Bahan Tekstil. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, sekian terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Jelaskan tiga Teknik Penerapan Ragam Hias diatas Bahan Tekstil"