Widget HTML Atas

Pengertian Bezier Tool : Fungsi dan Cara Menggunakan pada CorelDraw

Konten [Tampil]

 

Pengertian Bezier Tool : Fungsi dan Cara Menggunakan pada CorelDraw

Pengertian Bezier Tool : Fungsi dan Cara Menggunakan pada CorelDraw - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tool di corel draw. Sebelumnya saya sudah membahas mengenai Fungsi Freehand Tool pada CorelDRAW.

Berikut ini adalah artikel lanjutan tentang fungsi Bezier Tool di CorelDraw yaitu salah satu Tool yang terdapat di dalam CorelDraw. Mungkin saja dari kalian sering menggunakan untuk menghasilkan kurva.

Bezier tool ini hampir mirip dengan pen tool yang juga bisa kita gunakan untuk menghasilkan kurva. Dengan bezier tool ini kalian bisa membuat 2 jenis kurva yaitu kurva tertutup dan terbuka (tidak bisa di fill). Kurva terbuka ini tidak bisa kalian beri warna.

Pengertian Bezier Tool

Bezier tool adalah salah satu dari sekian banyak tools yang ada di CorelDraw yang termasuk ke dalam curve tool. Dengan bezier tool ini kalian bisa membentuk berbagai macam kurva dengan lekukan yang di inginkan.

Ketika kita menggunakan bezier tool ini hampir mirip dengan menggunakan pen tool, karena sama-sama curve tool yang dapat menghasilkan lekukan dari setiap node yang nantinya akan menghasilkan kurva. Pengguna bisa menggambar garis dengan beberapa segmen ketika menggunakan Bezier Tool ini.

Baca juga : Fungsi Tools pada CorelDraw untuk Membantu Aktivitas Desain Grafis

Fungsi Bezier Tool

Fungsi Bezier Tool berfungsi untuk mengedit bentuk dasar baik berupa nama atau objek lain, selain itu bezier tool bisa di gunakan untuk membuat suatu garis polygon. Untuk menggunakan bezier tool yaitu seperti Anda menggunakan Pen Tool ketika membuat lekukan.

Anda hanya perlu ketelitian serta kesabaran pada saat menggunakan bezier tool agar bisa menghasilkan karya yang bagus di lihat serta menarik.


Cara Menggunakan Bezier Tool

Terdapat beberapa metode untuk pembelajaran bezier tool tersebut. Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengasah kemampuan saat menggunakan bezier tool.

1. Membuat Garis Lurus dengan Bezier Tool

Pertama-tama kalian bisa membuat garis lurus, caranya hanya perlu mengklik-klik pada sudut (node) garis untuk membuat garis lurus.

2. Lengkungan dengan Bezier Tool

Anda hanya perlu memainkan shortcut pada keyboard yaitu tombol Ctrl. Anda bisa melengkungkan garis memakai tombol Ctrl ketika dalam posisi di tekan dan menggeser mouse untuk membuat sebuah kurva. Jangan melepas klik mouse jika garis kurva belum terbentuk.

3. Lengkungan dan Lancip dengan Bezier Tool

Anda juga bisa membuat garis lengkung dan lancip dengan bezier tool yaitu dengan cara menggeser mouse ketika ingin membuat lekukan, kemudian klik 2 kali pada node untuk menghentikan membuat garis lekukan, nantinya otomatis Anda akan membuat garis secara lurus.

4. Membuat Garis Kombinasi dengan Bezier Tool

Garis kombinasi adalah contoh garis yang kita satukan dari beberapa cara di atas, di atas hasil dari garis kombinasi yang memakai garis lurus serta lengkung untuk menghasilkan objek pada CorelDraw.

Adapun beberapa keterangan atau istilah yang bisa kalian pahami pada Bezier Tool ini, yaitu :

  • Node : titik sudut setiap segmen.
  • Kurva : garis lekukan.
  • Curve Tool : alat yang berfungsi untuk membuat garis kurva maupun lekukan.

 Baca jugaFungsi Pick Tool pada CorelDRAW dan Gambarnya

Kesimpulan

Bezier tool adalah salah satu tool dari sekian banyak tool yang bisa kita gunakan untuk membuat kurva. Selain menggunakan bezier tool kalian bisa juga menggunakan pen tool untuk membuat lekukan pada objek maupun gambar.

Fungsi bezier tool ini adalah mengedit bentuk dasar dari objek atau nama. Bezier tool juga bisa kalian gunakan untuk membuat garis polygon, hampir sama dengan menggunakan pen tool. Karena masih termasuk ke dalam kategori curve tool.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Pengertian Bezier Tool: Fungsi dan Cara Menggunakan pada CorelDraw. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca, sekian terima kasih.

 

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Bezier Tool : Fungsi dan Cara Menggunakan pada CorelDraw"