Widget HTML Atas

Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Konten [Tampil]
Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang - 5 contoh kerajinan bangun ruang?. Kerajinan bangun ruang adalah kerajinan yang dibuat dengan manfaatkan limbah yang mempunyai panjang, lebar, tinggi dan memiliki volume (3 Dimensi). Adapun contoh limbah itu seperti kardus, ember, bak, botol, kaleng, sedotan atau bahan sisa yang lain.

Barang berkas itu bisa dibersihkan hingga bersih, di keringkan dan di cat sedemikian rupa sebagai bahan utama pembuatan ide kerajinan. Untuk mempercantiknya, umumnya akan digabungkan dengan limbah yang lain lebih kecil sehingga jadi barang yang lebih bermanfaat bagus untuk hiasan, miniature atau tempat tertentu.

Maka dari itu jika Anda menemui barang berkas memiliki volume sebaiknya di kreasikan menjadi kreasi seni seperti beberapa contoh rekomendasi berikut ini.

Baca juga : Contoh Kerajinan Fungsi Hias dan Fungsi Pakai

Kerajinan Bangun Ruang Dari Kardus

Kardus adalah bahan yang banyak kita jumpai dan sebenarnya dapat kita gunakan sebagai bahan kerajinan bangun ruang. Ada beragam jenis bentuk dan ukuran kardus hasil dari pembelian perlengkapan rumah tangga atau elektronik.

Nach, jika anda banyak memiliki kardus di dalam rumah coba seharusnya di kreasikan seperti sejumlah contoh ini.

1. Kerajinan Celengan Kardus

Celengan itu sebagai kerajinan yang dibuat dari kardus sisa yang di jahit dan diberi lubang di bagian atasnya untuk masukkan uang.

Untuk model kardus yang dipakai bisa dari apa saja, Anda perlu membuat pola kubus pada kardus dan menyusunnya dengan di jahit sehingga jadi kotak celengan yang unik dan menarik.

2. Kerajinan Tempat Alat Tulis

Limbah kardus memiliki ukuran sedang bisa kita gunakan jadi tempat alat catat yang dibikin bersekat-sekat seperti contoh di atas.

Caranya cukup mudah :

  • Guntinglah kardus persegi jadi setengah
  • Buatlah beberapa model potongan kardus untuk penyekat
  • rekatkan penyekat kardus memakai lem
  • Supaya tempat alat tulisnya lebih cantik, sisi luarnya dapat di cover dengan kertas hadiah atau juga bisa di warnai.

3. Kerajinan Tempat Tisu Kardus

Buat bikin tempat tisu dari kardus sangat gampang karena kebanyakan bentuk kardus telah seperti kubus atau persegi panjang.

Jadi Anda perlu mempercantiknya dengan membungkus kardus itu dengan kertas hadiah atau memberi warna di atas luarnya.

Bila ingin hasil kerajinan bangun ruang makin menarik, juga bisa dengan menambah aksesoris seperti bentuk kupu-kupu atau yang lain.

4. Kerajinan Limbah bangun ruangTopi Kardus

Karya topi dari kardus di atas benar-benar sangat unik dan bagus. Jika kita perhatikan ada 3 bagian dalam pembuatan topi itu.

  • Pertama membuat pola lingkaran kardus sebagai dasaran
  • Ke-2 membuat pola memanjang untuk selanjutnya dilingkarkan
  • Ke-3 membuat pola lingkaran kardus untuk penutup atas
  • Dan untuk percantik kerajinan topi itu cukup diberi aksen daun pada bagian depannya.

5. Kerajinan Tempat Sampah Kardus

Bila Anda mempunyai kardus bekas memiliki ukuran besar persegi panjang, coba untuk membuat kerajinan tempat sampah kardus untuk sampah kering di rumah.

Jadi kardus persegi panjang itu sisi atasnya di potong segitiga untuk tempat masuk sampah dengan sistem jungkit.

Sementara untuk mempercantik kerajinan itu bisa memberi warna dan menambahkan akses seperti mata dan kumis pada kerajinan dari bahan limbah agar terkesan berkarakter.

6. Kerajinan dari limbah bangun ruang Lampu Hias Kardus

Masih dengan jenis kerajinan kardus persegi panjang bekas, Anda bisa juga membuat kerajinan limbah sebagai tempat lampu hias dengan melubangi setiap bagiannya seperti contoh di atas.

Kerajinan dari limbah Lampu hias kardus itu sangat estetik tetapi pada proses pembuatannya diperlukan tingkat kecermatan yang tinggi.

7. Kerajinan Minaitur Rumah Kardus

Kerajinan bangun ruang unik yang lain yang dapat dibikin dari tersisa kardus sisa adalah miniature rumah. Maka miniature rumah dari kardus ini mempunyai nilai seni yang tinggi.

Anda dapat membuat miniature rumah mulai dari yang wujud sederhana dan simpel, atau miniatur rumah kardus dengan detail yang sangat bagus dan rapi.

Baca juga : Kerajinan Fungsi hias dan Fungsi Pakai dari Bahan Limbah

Kerajinan Bangun Ruang Dari Botol Bekas

Sama seperti yang kita ketahui limbah botol bekas itu ada beberapa jenisnya, mulai dari botol bekas minuman aqua, botol cairan pembersih, sabun, botol bekas tempat sesuatu baik itu yang dengan bahan kaca atau plastik seharusnya jangan langsung di buang ke tong sampah.

Anda dapat memilah botol bekas itu mana kiranya yang dapat di daur ulang untuk jadi kerajinan bangun ruang yang baik dan bernilai seni kerajinan tinggi. Adapun beberapa contoh kerajinan dari botol bekas sebagai berikut.

1. Kerajinan Vas Bunga Dari Botol

Tiga buah kerajinan vas bunga berbentuk karakter unik dan lucu di atas dibuat dari botol plastik sisa yang di kreasikan sedemikian rupa.

Adapun karakter kerajinan dari limbah itu seperti panda, tikus dan kucing. Masing-masing vas itu dibedakan berdasar cara memotong botol plastik untuk membuat telinga dan memberi warna yang berbeda berdasar karakter masing-masing

2. Kerajinan Tempat Pensil Dari Botol

Kreasi selanjutnya yaitu jadikan botol plastik sisa jadi tempat pensil dengan wujud dan watak yang berbeda.

Pada intinya botol sudah mempunyai bentuk dasar seperti tabung sehingga yang penting dilakukan adalah menggunting bagian atasnya saja. Dan karakter itu dapat ditambahkan melalui pewarnaan atau cara pemotongan bagian botol sehingga memiliki bentuk berbeda untuk di buat kerajinan limbah bangun ruang.

3. Kerajinan Mainan Anak Dari Botol

Botol sisa plastic dapat dibuat jadi prakarya anak sekolah yang gampang dan menyenangkan. Salah satunya contoh kerajinan itu yaitu membuat kerajinan pesawat-pesawatan dari botol.

Adapun caranya :

  • Membersihkan botol bekas itu sampai bersih lalu di keringkan
  • Selanjutnya bungkus bagian tubuh botol dengan kertas putih
  • Buatlah aksen bulatan yang di tempelkan ke tubuh botol
  • Untuk membuat sayap dapat memakai kertas warna biru di samping kiri dan kanan
  • Dan untuk baling-baling pesawat dapat memakai kertas yang diselipkan pada bagian tutup botol

Bagaimana? Benar-benar gampang bukan.

4. Kerajinan Boneka Lucu Dari Botol

Botol yang sama bentuknya lonjong panjang, kelihatannya bisa Anda potong di sisi bagian tengah untuk menyatukan hanya sisi atas dan bawahnya saja.

Sementara pembuatan kerajinan dari limbah boneka prajurit sumo seperti contoh di atas, Anda perlu membubuhkan cat dengan menggambarkan watak sumo setiap botol untuk hiasan meja rumah.

5. Kerajinan Wadah Permen Dari Botol

Tempat permen yang terlihat unik dan bagus di atas ternyata dapat dibuat dengan manfaatkan botol bekas. Metodenya perlu mengumpulkan beberapa botol lalu di potong dan diambil hanya bagian bawah botol untuk kerajinan.

Selanjutnya bagian itu dapat digabungkan memakai jahit tali dan untuk mempercantiknya dapat ditambahkan resleting untuk buka dan menutupnya.

6. Kerajinan Tempat Sikat Gigi Dari Botol

Kerajinan unik terakhir dari botol bekas yaitu dengan menyihirnya jadi tempat sikat gigi kamar mandi. Jadi botol bekas dapat di potong jadi dua untuk di ambil bagian setengah keatas.

Lalu potong kembali bagian leher dari masing-masing botol untuk di satukan pada tubuh botol sebelumnya. Lubangi botol kesetiap leher botol yang di tempel sebagai wadah beberapa sikat dalam satu botol

Kerajinan Bangun Ruang Dari Stik Es Cream

Stik es krim adalah bahan tersisa yang banyak di buang. Walau sebenarnya stik es cream ini mempunyai bentuk dan ukuran yang serupa sehingga akan gampang bila di kreasikan jadi sebuah kerajinan yang bagus, unik dan menarik.

Biasanya seorang akan memanfaatkan stik es krim untuk membuat kerajinan bangun ruang miniature-miniatur. Tetapi sebetulnya ada yang lebih unik lagi, berikut ada banyak ide kerajinan bangun ruang yang bisa dibuat dari stik es krim.

1. Kerajinan Miniatur Rumah

Miniatur rumah sebagai kerajinan yang seringkali dibuat memakai stik es krim karena wujud dan warnanya yang seperti kayu secara umum. Adapun hasil kerajinan dari limbah miniature rumah dengan stik es krim ini lebih baik bila dibanding dengan bahan yang lain terkesan lebih kaku.

Anda perlu kumpulkan sebanyak-banyaknya sisa stik es krim, semakin banyak stik es krim yang ada karena itu miniature rumah yang dapat dibikin bisa juga makin detil dan bagus.

2. Kerajinan Tas dari Stik Es Krim

Proses pembuatan tas dari stik es krim ini termasuk gampang . Maka Anda bisa membuat stik es cream sejajar dengan panjang kurang lebih 40 cm untuk selanjutnya di tekuk jadi 2 bagian.

Adapun di bagian sisi tekukan yang terbuka dapat dikasih stik es krim dengan posisi berdiri dan di rekatkan memakai lem kayu.

Untuk tahap akhir, Anda dapat menambah kancing dan tali supaya kerajinan yang dibuat dapat kelihatan seperti aslinya.

3. Kerajinan Celengan dari Stik Es Cream

Jika awalnya kita berisi celengan dari kardus, ini kali juga bisa membuat celengan dengan manfaatkan kelompok stik es krim bekas seperti gambar di atas.

Proses pembuatannya dapat dengan membuat stik es krim dalam posisi miring dan melingkar sehingga membuat seperti tabung. Sesudah proses pembuatan kerajinan ini selesai, selanjutnya tinggal tutup bagian bawah dan atas dan tersisa lubang untuk tempat masuknya uang coin atau kertas.

4. Kerajinan Vas Bunga dari Stik Es Cream

Vas bunga yang dibuat dari stik es cream di atas kelihatan lebih baik dan estetik. Berlainan dengan vas bunga yang biasanya berbentuk tabung dan kotak, tetapi dengan stik es krim vas bunga yang dibuat dapat di kreasikan sedemikian rupa sehingga kerajinan dari limbah bangun ruang lebih mempunyai nilai seni tinggi.

Kerajinan Bangun Ruang Dari Kaleng Bekas

Kaleng bekas baik yang berbentuk kotak, tabung, atau bulat seharusnya di olah kembali menjadi kerajinan daur ulang sebagai tempat penyimpanan.

Selain di warna, Anda bisa juga menambah pernak-pernik lucu untuk membuat hasilnya kelihatan lebih menarik dan bagus sebagai berikut ini.

1. Kerajinan Miniatur Kendaraan

Untuk jenis kaleng kecil seperti kaleng minuman, dapat dibuat kerajinan seperti miniature kendaraan seperti contoh di atas.

Caranya cukup hanya membuat semua bentuk sisi miniature dengan kaleng bekas yang dipotong-potong sedemikian rupa dan di lekatkan memakai lem.

2. Dekorasi Lampu Kamar

Untuk kaleng memiliki ukuran sedang, dapat dibuat sebagai dekor lampu kamar dengan memberi desain beberapa lubang kecil sehingga saat lampu dinyalakan akan kelihatan bagus pada detail yang dibuat.

3. Kontainer Penyimpanan

Untuk Anda yang tidak suka repot, metode mendaur ulang kaleng sisa jadi sebuah kerajinan dari limbah yang bermanfaat yaitu dengan menyulapnya jadi kontainer penyimpanan beragam macam barang.

Seperti contoh di atas, kerajinan itu dibuat dari kaleng sisa dengan berbagai jenis bentuk dan perlu di warnai sesuai kreativitas. Pastikan semua cat telah kering saat sebelum digunakan sebagai tempat penyimpanan.

4. Kerajinan Karakter Lucu

Dan untuk jenis kaleng susu, maka bisa dibuat menarik dengan membuat karakter-karakter lucu yang nanti dipakai untuk kerajinan hiasan meja atau hiasan dinding.

Baca jugaContoh Kerajinan Limbah Berbentuk Bangun Datar dan Cara Membuatnya

Kerajinan Bangun Ruang Dari Sedotan

Barang bekas yang ini jika disusun dan dirangkai dengan benar maka menjadi sebuah kerajinan yang bernilai jual tinggi. Karena sifat dari sedotan ini dapat di tekuk dan tidak mudah rusak pasti membuatnya bisa di kreasikan jadi banyak kerajinan bangun ruang yang unik dan menarik sebagai berikut ini.

1. Kerajinan Miniatur Perahu

Bila Anda perhatikan miniature perahu ini di buat dengan benar-benar kompleks cukup dengan memanfaatkan sedotan bekas. Adapun detail seperti badan perahu, monitor, kerajinan bendera atau tali perahu dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Bisa dibuktikan jika dengan sedikit kreatiivitas, karena itu jadilah miniature perahu yang bisa dijadikan hiasan atau pajangan rumah yang bagus sekali

2. Kerajinan Tas dari Sedotan

Dengan memakai teknik mengayam, kumpulan sedotan bekas berbagai warna bisa juga kita sulap jadi barang bermanfaat seperti tas di atas . Maka Anda perlu menyambungkan setiap sedotan dan memulai mengayam sampai membentuk tas yang cantik.

3. Kerajinan Vas dari Sedotan

Ini lebih sederhana lagi, Anda dapat membuat sedotan secara vertikal dan saling di rekatkan dengan lem plastik sehingga membuat vas bunga beragam warna.

Kerajinan Bangun Ruang Dari Bambu

Bambu ialah bahan dari alam yang mempunyai panjang, lebar dan volume yang berbeda . Maka tidak heran jika bambu ini sangat gampang untuk jadi kerajinan yang mempunyai nilai fungsi atau estetika.

Ada beragam jenis kerajinan bangun ruang yang dapat dibuat dari bambu seperti salah satunya :

1. Kerajinan Lampu Dinding

Lampu dinding di atas dibuat dari bamboo yang di anyam dan diberikan dudukan untuk selanjutnya di paku pada dinding rumah. Jika lampu itu dihidupkan maka kesan estetik dari pancaran sinar lampu itu bisa didapat.

Proses pembuatan kerajinan bangun ruang ini  lumayan gampang, Anda perlu mengambil serutan bambu untuk selanjutnya di anyam seperti wadah tabung, selanjutnya dilekatkan pada kayu sebagai dudukan.

2. Kerajinan Hiasan Meja Unik

Dengan memiliki bentuk yang seperti tabung, karena itu bamboo itu dapat dibuat jadi kerajinan hiasan meja yang unik seperti contoh di atas yakni miniature sumur jepang.

Anda dapat membuat seperti contoh itu dengan memahat bagian atas bambu bagian atas dan diberi aksen tulisan jepang untuk menambah kesan-kesan aslinya.

Kerajinan Bangun Ruang Dari Pipa

Jika Anda banyak memiliki sisa pipa paralon bekas di dalam rumah, coba untuk menjadikannya sebuah kreasi kerajinan yang kemungkinan bisa lebih bermanfaat untuk dipakai kembali. Adapun contohnya sebagai berikut.

1. Kerajinan Tempat Aksesoris

Dengan manfaatkan pipa paralon bekas dan tersisa ikatan pipa, karena itu bisa dijadikan tempat atau tempat aksesoris kecil seperti bando, gunting dan lain-lain.

2. Kerajinan Tempat Payung

Jika pipa yang Anda miliki bentuknya besar dan panjang, dapat di coba untuk di kreasikan jadi tempat paying supaya lebih terorganisir.

Untuk mempercantik tempat tersebut, Anda dapat membuat seperti ukiran yang nanti di lubangi dengan gergaji pipa sehingga didapat aksen hiasan atau ukiran langsung di tubuh pipa.

Kerajinan Bangun Ruang Dari Kayu

Kayu sebagai salah satu bahan yang terbanyak digunakan sebagai pembuat hiasan atau kerajinan. Adapun kerajinan bangun ruang yang dapat dibuat dengan sisa-sisa bahan kayu adalah :

1. Kerajinan Box Tisu Kayu

Box tisu di atas dibuat dari beberapa sisa papan kayu yang di rekatkan jadi satu dan diberikan lubang kecil memanjang pada bagian atas untuk ambil tisu. Tetapi box tersebut bisa juga di buka dari atas, untuk isi tisu jika sudah habis.

2. Kerajinan Pot Mini Kayu

Pot mini dari kayu itu terlihat benar-benar unik dan sangat cocok untuk di pajang pada café atau restoran-restoran berbau vintage. Langkah pembuatan kerajinan bangun ruang ini benar-benar gampang, Anda perlu membuat kayu yang ada berbentuk persegi dengan sisi atasnya terbuka

Kerajinan Bangun Ruang dari Koran Bekas

1. Tempat Tisu Koran

Yang terakir adalah kerajinan yang dibuat dari koran sisa yang di potong sama panjang selanjutnya di gulung-gulung dan diatur sedemikian rupa sehingga jadi tempat tisu yang unik dan menarik.

Jadi jika di rumah Anda ada beberapa koran bekas yang tidak digunakan, coba untuk mengkreasikannya menjadi beberapa barang yang bermanfaat lainnya.

Jadi itu beberapa contoh kerajinan bangun ruang yang dibuat dari beragam jenis limbah atau sisa barang rumah tangga yang tidak terpakai kembali.

Pada intinya kerajinan bangun ruang adalah kerajinan yang hasil dari prakaryanya baik itu benda, tempat atau hiasan membentuk sebuah ruang. Berbeda dengan hasil kerajinan bangun datar yang karyanya cukup 2 dimensi saja.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca, sekian terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang"