Widget HTML Atas

Jelaskan potensi energi alternatif di indonesia dan berikan contohnya

Konten [Tampil]

 

Jelaskan potensi energi alternatif di indonesia dan berikan contohnya

Jelaskan potensi energi alternatif di indonesia dan berikan contohnya - Energi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam kelangsungan hidup manusia. Dengan semakin besarnya kebutuhan terhadap energi, membuat manusia mencari sumber-sumber energi alternatif.

Sebab energi alternatif memiliki banyak keunggulan. Selain itu, pasokan dari energi tak terbarukan juga semakin menipis. Sumber energi alternatif merupakan sumber-sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti sumber energi yang berbahan bakar konvensial.

Baca jugaIon ion dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan antara lain

Jelaskan potensi energi alternatif di indonesia dan berikan contohnya

Berikut ini potensi energi alternatif yang ada di Indonesia beserta dengan contohnya :

1. Energi Matahari 

Letak Negara yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki potensi energi matahari yang sangat besar. Berdasarkan data Dewan Energi Nasional, potensi energi matahari di Indonesia mencapai rata-rata 4,8 kWh per meter persegi/hari.

Selain itu seluruh wilayah di Indonesia di sinari matahari kurang lebih 6-8 jam perhari. Waktu tersebut cukup untuk panel surya agar menghasilkan listrik. Contohnya panel surya agar menghasilkan listrik.

2. Energi Panas Bumi

Indonesia juga berada di daerah dengan potensi panas bumi yang begitu besar. Energi panas bumi dapat di manfaatkan untuk energi alternatif.

Diperkirakan jumlah potensi panas bumi di Indonesia yang bisa di jadikan sebagai pembangkit listrik. Meski begitu, Indonesia baru memanfaatkan energi panas bumi sebesar 1.948. Contohnya pembangkit listrik.

3. Energi Air

Indonesia termasuk ke dalam 10 negara dengan kekayaan air terbesar di dunia. Hal ini bisa di jadikan sebagai salah satu sumber energi alternatif. Contohnya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

4. Energi Gelombang Laut

Dengan luasnya lautan yang ada di Indonesia menjadikan potensi akan energi gelombang laut cukup tinggi. Bahkan menurut data dari Kementrian ESDM potensi gelombang laut Indonesia cukup besar, di perkirakan 10-20 kW per meter gelombang.

Demikian artikel di atas mengenai Jelaskan potensi energi alternatif di indonesia dan berikan contohnya. Jadi Jawabnya dari pertanyaan tersebut yaitu seperti penjelasan di atas. Jika ada kesalahan pada jawaban yang tertulis di atas, Anda bisa mencari referensi jawaban lainnya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Jelaskan potensi energi alternatif di indonesia dan berikan contohnya"