Widget HTML Atas

Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik

Konten [Tampil]

 

Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik

Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik - Bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik bekerja dengan berdasarkan prinsip pemuaian panjang. Suhu di atur dengan cara memutus atau menyalurkan arus memanfaatkan lengkungan bimetal yang berfungsi seperti saklar otomatis.

Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik

Bimetal sebagai sensor suhu bekerja dengan prinsip pemuaian panjang. Ketika setrika di hubungkan dengan sumber listrik, maka bimetal yang sebelumnya dalam keadaan lurus mengalirkan arus listrik ke elemen pemanas.

Selama pemanas bekerja, suhu bimetal tersebut akan naik. Semakin lama suhunya akan semakin tinggi. Kenaikan suhu ini akan membuat bimetal mulai sedikit melengkung.

Pada suhu tertentu bimetal melengkung lumayan besar sehingga ujung bimetal akan menjauh dari kontak dengan konduktor elemen pemanas. Mengakibatkan arus listrik akan terputus.

Saat aliran listrik putus, suhu setrika mulai turun dan bimetal pelan-pelan kembali lurus. Saat bimetal sudah lurus, ujungnya akan bersentuhan dengan konduktor yang menuju ke elemen pemanas sehingga nanti arus listrik akan kembali mengalir.

Baca jugaJelaskan klasifikasi hukum berdasarkan kepustakaan ilmu hukum

Demikian artikel di atas mengenai Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik. Jadi Jawabnya dari pertanyaan tersebut yaitu Bimetal sebagai sensor suhu bekerja dengan prinsip pemuaian panjang. Jika ada kesalahan pada jawaban yang tertulis di atas, Anda bisa mencari referensi jawaban lainnya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar untuk "Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik"